Saturday, June 17, 2017

Lontong Balap Khas Surabaya


Mencoba resep baru dari sumber yang asli daerah dari makanan tersebut, tentu lebih menarik buatku..karena biasa resep adalah resep keluarga yang di masak sehari-hari. Kadang coba-coba lihat resep di internet atau majalah berbeda-beda resep..suka bingung ya teman-teman..apalagi jika belum pernah makan aslinya..hihi.

Makanya aku senang mengadakan event give away bertema masakan tradisional, karena serasa bisa mencicipi langsung menu otentik, walau kita masak sendiri di rumah. Salah satu menu #giveawaydiahdidi yang aku recook kemarena dalah Lontong Balap Khas Surabaya.

Aku dulu pernah buat sich, tapi beda resep, jadi karena kemaren aku coba enak rasanya, aku catet aja di sini, siapa tau nanti suatu saat bisa masak lagi, dan berguna juga untuk teman-teman lain yang mau mencoba di rumah ya.

Ciri khas Lontong Balap itu bumbu petisnya. Dan juga ada tambahan gorengan Lenthonya. Kalau rasa kuahnya mirip Mie Kopyok Semarang. Tapi kalau Mie Kopyok Semarang tanpa kaldu tapi. Rasanya seger sekali, lebih segar dari Tahu kupat, atau Lontong Kupat, karena ini berkuah bening, kalau Tahu Kupat kan kental kuahnya.

Untuk Lenthonya, aku kemaren lagi nggak punya singkong, akhirnya kemaren tanpa singkong saja..karena aku pernah baca Lontong Balap pak Gendut di Surabaya yang terkenal itu Lenthonya tanpa singkong juga..jadi langsung buat aja kemaren walau nggak punya singkong. Hasilnya seger banget dan enak teman-teman. Cobain yukkk..aku copikan resepnya ya kiriman mba Silfiani ya...untuk resep Lenthonya aku pakai yang tanpa Singkong, sudah pernah aku share resepnya di SINI ya. Maaf belum sempat mengganti tulisan resepnya, masih asli aku copikan dari ig mba Silfiani, jika kurang jelas silahkan tanyakan di komentar saja ya teman-teman.

LONTONG BALAP

-Bahan:
Lontong iris2
250 gr kecambah
4batang seledri n 4 bwngpre
Kaldu ayam
Tahu putih goreng potong2
Bawang merah goreng
-Bumbu kuah:
5Bawang merah iris tipis
3bawangputih iris tipis
Udang kecil buang kepala
Gula garam
-Bahan lentho:
1/2kilo singkong parut
2ons kacang Tolo/kacang beras rebus
Tepung sagu sdkit
-Bumbu halus lentho;
Bawang merah
Bawang putih
Kencur
Cabe kecil halus
Gula garam
-sambal petis:
Cabe kecil rebus
Bwngputih rebus
Petis udang matang
Gula
(Cabe gula bawang dihaluskan lalu tambahkan petis)
Cara:(kuah balap)
Tumis duo bawang n udang smpe harum lalu masukan kaldu ayam stlh mendidih msukan toge bwngpre n seledri,tmbhkn gulagram n kecap manis,tggu sbntr aj kuah balap udh siap.
Untuk lentho:
Campur semua bahan lalu bentuk bulat2 lonjong n goreng..
Cara penyajian :
Tata lontong yg sudah diiris ke piring lalu beri petisnya beri tahu goreng iris,lalu siram kuah n bawang goreng, Lentho Goreng dan Sate kerang jika ada.



1 comment :

  1. Halo, Neng Diah.

    Saya liat2 resep di internet ada yang pake daging sapi, ada yang pake daging ayam. Kira2 lontong balap yang dijual-jual itu pake kaldu ayam atau daging sapi yah? saya beli lontong balap dan saya rasa2, kok gak bisa menentukan itu kaldu apa.

    Terima kasih.

    ReplyDelete