Wednesday, June 14, 2017

Kue Lidah Kucing Coklat


Harus ngebut posting ini..hihi. Banyak stok foto, resep tapi stok waktu yang kurang....hihi. Kerjaan nggak habis-habis. Tapi nggak apa-apa lah..sudah komitmen semua kerjaan dengan pihak luar, orderan tepung, giveaway, jadi harus tetap semangat. Bikin kue kering juga harus dari sekarang..biar nanti ada waktu sebelum Lebaran leyeh-leyeh, nyalon dan belanja belanji...hihi.

Oke, kali ini share resep kue kering lagi ya..pasti teman-teman lagi semangat bikin kue kering kan..nich aku kasih satu lagi resep Kue Kering yang enak. Ini favorit Yodha. Kue Lidah Kucing coklat. Enak...krenyes-krenyes gurih dan nyoklat. Jangan takut ya..bikin Lidah kucing itu nggak susah kok, asal tahu triknya.

Pertama, untuk mengocok putih telurnya, peralatan harus bersih dan bebas lemak ya. Putih telur juga pakai yang fresh dan tidak tercampur dengan kuning telur, campur ke adonan tepung dan margarin. 
Jika wadah atau putih telur terkontaminasi lemak, tidak akan mau mengembang ketika di kocok.

Waktu mencampur perlahan agar adonan tercampur rata, tapi tidak turun putih telurnya. Jadi tercipta adonan yang ringan seperti adonan chiffon cake.  Semprot adonan di tengah cetakan, tidak perlu penuh, nanti akan melebar sendiri ketika di panggang. Panggang api sedang hingga matang. Agar tidak lengket, olesi dengan margarin ya loyangnya. Jika nggak punya loyang khusus kue Lidah Kucing, pakai loyang biasa juga bisa, tapi di alas kertas roti.

Oke, selamat mencoba ya teman-teman...jika suka..enak lho krenyes manis gurih nyoklat plus sensasi kriuk kacang mede cincang..
Lidah Kucing Coklat

Cara membuat :
Kocok 150 gram margarin, 80 gula halus, hingga lembut, masukan 50 gram coklat masak leleh dingin, kocok rata.
Masukkan 110 tepung terigu protein rendah plus 1 sendok makan coklat bubuk, 1 sendok makan susu bubuk, sambil di ayak, aduk rata dengan spatula. Sisihkan

Siapkan wadah bersih, pengocok bersih, 6 butir putih telur, kocok hingga setengah mengembang, tambahkan 50 gram gula halus, sedikit demi sedikit sambil terus di kocok hingga soft peak, jika mixer di angkat adonan putelnya berjambul dan sudah kaku runcing.

Campur kocokan putel ke adonan tepung dengan spatula, aduk rata perlahan. Masukkan ke kantong segitiga, beri lubang, semprot di loyang lidah kucing yang di oles margarin, tabur kacang mede cincang, panggang hingga kering.

2 comments :

  1. Mbak saya kemarin nyoba buat kok pas dioven si adonannya g mau melebar/mbeleber ya? Jadi bentuknya g cantik tp enak sih renyah

    ReplyDelete
  2. Aku udah bikin ini mbak. Enaak..rasanya nyoklat banget & krenyes-krenyes renyah.
    Makasih ya mbak resepnya. Next time mau nyoba resep mbak yang lain ah..hehe

    ReplyDelete