Friday, June 23, 2017

Lontong Tuyuhan



Maaf kemaren sibuk banget..jadi postingnya tersendat teman-teman..nanti dech habis Lebaran aku lengkapi postingan aneka kue kering baru yang aku buat kemaren...hihi. Lagian udah mepet mau Lebaran, jadi mesti teman-teman lagi mikir menu buat Lebaran kan.

Oke, aku kasih ide nich satu menu Lebaran pilihan aku. Lontong Tuyuhan...sepintas mirip Opor biasa ya..tapi ini lebih seger lho..nggak mblengeri. Di makan pakai Lontong, di kasih taburan bawah goreng yang banyak..sambil di gerusin pakai Cabe rawit di kuahnya..oh..enaknya..seger banget..hihi.

Bumbunya juga mirip Opor, tapi minus ketumbar..jadi tetep berasa beda aja sama Opor...lebih ringan gurihnya. Menu ini kiriman mba @Bela_ive untuk #giveawaydiahdidi edisi Lebaran. Wah sebenernya banyak resep-resep unik untuk edisi Lebaran, tapi kok ya waktunya yang nggak cukup jika aku recook semua. Jadilah aku pilih beberapa aja ya teman-teman.
Jika mau coba menu-menu lain untuk Lebaran, banyak ide juga di #giveawaydiahdidi, search aja di instagram ya..pakai hashtag itu.

Lontong Tuyuhan ini menu khas Rembang, dan banyak di jual di sana. Biasa di sajikan dengan Lontong. Rasanya memang seger banget. Untuk resep mba Bela pakai santan kental, kalau aku pakai santan sedang saja agar lebih segar. Dari satu butir kelapa aku ambil 1500 ml santannya. Tapi ya, sesuaikan selera saja ya teman-teman..mana yang di suka. Tips untuk memasak menu berkuah santan seperti ini agar sedep, tumis bumbu hingga benar-benar matang ya. Waktu memasaknya juga pakai api kecil, agar bumbu meresap sempurna ke bahan yang di masak. Oke..selamat mencoba ya..ini dia resepnya ya......
Resep Lontong Tuyuhan khas Rembang
Bahan :

1 jeruk nipis
1 ekor ayam kampung
2 papan tempe potong segitiga
1 btr kelapa ambil santan kentalnya
1 btg serai digeprek
2 lbr daun salam
3 lbr daun jeruk
2 ruas jari laos
2 ruas jari jahe
12 cabe rawit utuh
Asam sedikit
Gula merah sesuai selera
Gula pasir sedikit sesuai selera
Garam sesuai selera

Bumbu Halus :
8 bawang merah
5 bawang putih
1 ruas jari kunyit
4 kemiri sangrai
1/4 jinten
1/4 sdt merica

Cara Memasak :

1. Lumuri ayam dengan jeruk nipis diamkan sebentar -/+ 10 menit.
2. Panaskan minyak tumis bumbu halus,laos,jahe,serai,daun jeruk (sobek daun jeruknya spy waktu menumis baunya harum ).
3. Setelah bumbu harum masukan ayam aduk sampai berubah warna. Setelah ayam berubah warna masukan santan kental sambil diaduk spy santan tidak pecah dan masukan irisan tempe. Masukan gula pasir,gula merah,garam,asam, cabe rawit dan jangan lupa koreksi rasa.
4. Setelah mendidih dan ayam empuk lontong tuyuhan siap disajikan.
Biasanya lontong tuyuhan ini disantap dengan tempe bacem.


1 comment :