Friday, June 23, 2017

Becek Kambing



Lanjut..posting menu khusus Lebaran ya teman-teman. Agar masih ada waktu buat belanja nich jika teman-teman mau menyiapkan menu buat Lebaran besok. Tapi jangan kaget ya..pasti harga-harga di pasar melambung tinggi jika udah mendekati Lebaran gini..hihi. Itulah mengapa, aku tidak ke pasar jika udah dekat Lebaran gini. Tinggal membongkar harta karun di freezer yang sudah aku penuhi dari minggu lalu..hihi.

Sebelumnya aku sudah posting satu menu Lebaran, yaitu Lontong Tuyuhan khas Rembang. Resep silahkan di lihat di SINI. Menu selanjutnya yang aku recook dari event #giveawaydiahdidi edisi Lebaran, adalah olahan Kambing ya..siapa tau pada bosan denga Rendang, dkk...menu olahan Kambing ini bisa jadi ide beda untuk menu Lebaran di rumah. Resepnya masih bersantan, tapi ini seger juga..mirip Tengkleng Solo  yang berkuah encer dan ringan. Rasanya enak..seger banget dan nggak prengus jika memakai daging kambingnya fresh.

Untuk membuat olahan Daging kambing jadi empuk, sebelum di masak...di presto dulu ya teman-teman. Selanjutnya, tinggal di masak dengan bumbu-bumbu hingga meresap. Jangan lupa..pakai api kecil ya. Menu ini khas dari daerah Cilacap..resep kiriman dari mas Irus wasman. Katanya menu ini biasa di buat di bulan puasa memang untuk acara sedekahan awal puasa. Tapi buat menu lebaran oke juga nich teman-teman..pasti di sukai keluarga..karena walau bersantan...rasanya ringan segar.

Oke, aku mau lanjut dulu masak menu lebaran lain ya..jadi sekian dulu ngocehnya..hihi...selamat mencoba jika suka. Ini resep aku sesuaikan seleraku ya..:D

RESEP BECEK KAMBING

Bahan :
*Balungan kambing 500 gram *santan kelapa 1500 ml l *daun salam 2 lembar
*sereh 1 batang, geprek
*laos 3 cm, digeprek
*gula pasir 1/2 sendok teh
*gula jawa 1/2 sendok makan
*garam secukupnya
*kayu manis 2 cm
kapulaga buka isinya 3 buah
*cengkeh 3 buah
Bumbu halus :
*ketumbar 1 sendok teh
*merica 1/2 sendok teh
*bawang putih 2 siung, bawang merah 6 siung
*jinten 1/4 sendok teh *kunyit 2 cm
*jahe 2 cm
*kemiri 4 butir

Cara membuat : *tumis bumbu halus dengan api kecil
*masukkan salam, sereh, dan laos
*beri sedikit gula pasir untuk pengganti msg lalu masak sampai bumbu matang. Tiriskan minyak lalu sisihkan
*rebus tulang sampai benar benar empuk lalu buang airnya
*masukkan bumbu dan santan kental
*beri gula pasir, garam dan gula merah
*masak kembali sampai mendidih sambil terus diaduk agar santan tidak mendo /pecah
*koreksi rasa jika sudah mantap angkat , taburi dengan brambang goreng

#tips agar kambing tidak bau prengus bukan pada saat memasaknya tetapi pada saat penyembelihan nya. Disembelih pas dileher bagian atas atau persis dibagian bawah tulang rahang kambing

No comments :

Post a Comment