Thursday, June 8, 2017

Sambal Bajak Daging


Minggu ini aku recook menu aneka sambal ya teman-teman.
Jadi buat teman2 yang punya resep Sambal andalan, silahkan jika mau di ikutkan #giveawaydiahdidi ya. Di tunggu..silahkan cek ketentuannya di SINI. Ada juga menu edisi Lebaran, hadiahnya khusus lho 2 buah Rice Cooker Digital dari MITO. Kalau hadiah mingguan, 3 Crepes maker tiap minggu.


Udah banyak sich menu Sambal kiriman teman-teman yang aku recook, aku posting satu persatu ya nanti. Kali ini aku posting yang paling mudah dan enak, tapi unik. Sambal Bajak...unik karena memakai Daging cincang. Jadi sekalian bisa buat lauk nich. Di makan pakai Nasi anget tanpa lauk lagi..udah enak..karena udah ada Daging cincangnya..hihi.

Resep ini kiriman dari Bunda Niek_lp, makasih bunda..enak Sambalnya. Buat teman-teman yang mau coba, pilih Daging yang fresh ya..jadi lebih manis dan nggak amis. Cincang sendiri aja lebih steril. Pilih daging bagian lulur tuch empuk dan mudah di cincang. Kalau masak Daging aku pilih beli di tukang daging di pasar yang udah langganan, jadi lebih fresh dan terjamin kualitasnya. Di supermarket juga bisa, asal baru datang itu lho teman-teman..stok dagingnya. Kalau udah nginap di freezer atau pendingin itu kurang sip rasanya. Apalagi jika udah di cincang, suka agak amis menurutku.

Kunci lain agar sambal sedep, tumis bumbu hingga benar-benar matang ya, lalu masak hingga tanak ( bener matang ). Jika di masak dengan baik, Sambal ini akan lebih awet dan bisa jadi stok Sambal untuk Sahur nich..bisa bikin sekalian banyak. Oh ya..pakai Terasi yang enak juga ya..agar Sambalnya makin sip. Kalau aku selalu pakai Terasi Juwana..hihi. Lha di rumah selalu nyetok  itu..wong buat di jual juga. Terasi terenak sich menurutku dari Juwana ini. Yang mau coba, silahkan sms atau wa ke 089654712500.

Sambal Bajak Daging

Bahan :
Daging giling 1 ons
3 buah cabe merah besar
10 buah cabe rawit merah
1 buat tomat matang
1 batang serai
1 lembar daun salam
1 ruas lengkuas
gula merah, garam, terasi.

Cara :
Haluskan cabe, bawang merah, bawang putih, garam, terasi dan tomat.
Panaskan waja, beri minyak sedikit. Tumis sambal sampai berubah warna. Lalu masukkan daging giling. Aduk- aduk. Masukkan bumbu yg lain dan sedikit air. Biarkan sampai daging matang dan bumbu meresap. 





2 comments :

  1. Mba itu di haluskan nya pake ulekan ya? Kalo pake blender ato food processor bisa ga? Terima kasih

    ReplyDelete
  2. bawang merah bawang putihnya brp mbak? belum ditulia ya

    ReplyDelete