Friday, June 2, 2017

Bubur Madura


Aduch, ketinggalan posting beberapa menu #giveawaydiahdidi nich aku teman-teman...kerjaan buanyak banget bulan puasa ini. Alhamdulillah...di syukuri aja..malah ringan dan cepat menjalankan Ibadah puasa. Aku posting satu persatu dech..nanti teman-teman aneka resepnya. Yang mau ikutan #giveawaydiahdidi, masih bisa lho..sampai minggu ketiga sebelum Lebaran. Di tunggu ya...:)


Minggu ini menunya campur-campur nich teman-teman, biar nggak bosan ya. Cemilan boleh, menu Tahu, tempe, telur boleh, yang unik-unik dech pokoknya. Hari ini aku recook resep dari mba @dewi_yahyah...Bubur Madura, camuran beberapa macam bubur manis.

Bubur manis tuch kalau di Jawa nama lainya Jenang..jadi kalau aku nyebut Bubur manis itu ya jenang..hihi. Dari kecil udah terbiasa makan Jenang. Jenang Sum sum, Jenang Grendul, dll..semua enak...dan klasik jadul, tapi kadang ngangenin ya teman-teman. Masih ada sich yang jual, tapi aku lebih suka bikin sendiri.

Kalau beli itu kok kurang sreg aja rasanya. Kadang terlalu manis, kadang ampyang atau hambar gitu rasanya. Kalau bikin sendiri, bisa sesuai selera dech. Bubur Madura ini cantik penampilanya penuh warna. terdiri dari Bubur Gendul  / Grendul, Bubur Mutiara dan Bubur Ketan Hitam. Ketika di jadikan satu dalam Pincuk, rasanya kok ya enak sekali. Cocok nich untuk menu takjil berbuka puasa teman-teman. Selamat mencoba ya jika suka..ini aku copikan dari mba Dewi ya. 

Untuk takaran gula silahkan sesuaikan selera masing-masing ya.

Bubur Madura

Jenang gendul

Bahan gendul
- 3 sdm tepung ketan putih
- 1 sdm tepung tapioka
- 1 sdm gula pasir
- air secukupnya untuk adonan
- 200 ml air
- 50 gr gula merah
- 1 lembar dain pandan
Campur tepung ketan, tapioka, dan gula pasir. Tuang air sedikit sedikit sambil adonan diuleni hingga kalis dan bisa dipulung. Bentuk bulat bulat. Sisihkan.
Rebus air , gula merah, dan daun pandan hingga mendidih. Masukkan bulatan2 tadi kedalam air gula. Masak hingga air menyusut dan mengental. Sisihkan

Bahan jenang
- 100 gr tepung beras
- 400 ml santan - 3 sdm gula pasir
- 1/4 sdt garam
- 1 lembar daun pandan.
Dalam panci, masukkan semua bahan. Aduk aduk hingga licin. Masukkan gendul yg sudah direbus bersama air gula tadi. Aduk aduk hingga tercampur rata.
Nyalakan api kecil saja.
Masak adonan diatas api sambil terus diaduk agar tidak gosong dan mengendap.
Masak hingga adonan mengental dan meletup letup. Angkat.

Bahan ketan hitam
- 50 gr beras ketan hitam, rendam semalaman
- 500 ml air
- 1 lembar daun pandan
- 3 sdm gula pasir
Rebus beras ketan , air, dan daun pandan hingga ketan empuk dan mekar. Setelah ketan empuk, masukkan gula pasir. Masak hingga air menyusut. Angkat sisihkan

Bahan bubur mutiara
- 50 gr sagu mutiara
- 500 ml air
- 1 lembar daun pandan
- 3 sdm gula pasir.
Rebus sagu mutiara, air dan daun pandan hingga air tinggal seperempat. Masukkan gula pasir. Masak hingga gula larut dan air menyusut. Matikan api. Tutup panci. Diamkan 15 menit. Sagu mutiara akan mekar dan mengembang
Saus santan
- 200 ml santan - 1/4 sdt garam
- 1 lembar daun pandan
Rebus semua bahan hingga mendidih. Dinginkan






2 comments :

  1. Kelihatannya enak banget ini, Mbak :)

    ReplyDelete
  2. Mb Diah.... Itu ketan hitam nya cuma 50 gram? Atau 500 gram?

    ReplyDelete