Friday, June 9, 2017

Perkedel Bunga Kol


Hari ini di selingi menu lain ya teman-teman..beberapa hari masak ya pedas-pedas coba menu kiriman teman-teman di #giveawaydiahdidi...yang di rumah pada protes. Jadi tadi aku selingi masak sup dan perkedel. Semua khas Solo.

Baiklah aku posting dulu Perkedelnya ya. Ini bukan perkedel kentang ya, tapi Perkedel dari bunga kol. bahanya murni dari bunga kol. Bunga kol ?..Beneran...?..Iya teman-teman..nggak boong..hihi. Resep ini kiriman dari Mama Ukail Zain. Setelah aku recook..enak juga..gurih rasanya...dan unik.

Kembang kolnya di kukus dulu hingga empuk, lalu di haluskan dan di beri bumbu-bumbu. Jadi bisa untuk ngakalin anak-anak  nich yang nggak mau makan sayur teman-teman. Jika bentuk Perkedel gurih dan lembut seperti ini, pasti dech jadi suka..dan nggak tau kalau bahannya dari Kembang Kol...hihi.

Setelah di haluskan di campur terigu dan bumbu-bumbu, di bentuk seperti Perkedel, goreng dengan di celup kocokan telur, lalu goreng. Mudah sekali dan bisa jadi menu anak-anak yang sehat. Oke..langsung aja ya ini resepnya. Selamat mencoba ya teman-teman..jika suka.

Tips menggorengnya, jika adonan agak lembek, bentuk bulat pipih, masukkan dulu sebentar ke kulkas agar lebih set ya teman-teman, lalu di goreng jangan sering di bolak balik, jika bawah udah matang, balik sekali, lalu goreng hingga kering. Lebih baik jika terendam minyak waktu menggorengnya. Jadi lebih rata matangnya.
Resep Perkedel Bunga Kol

Bahan :
1/2 kg Bunga Kol / Kembang Kol.
5 sendok makan Tepung Terigu
1 sendok teh kaldu ayam / jamur / garam secukupnya
1/4 sendok teh gulapasir
18 sendok teh merica bubuk
1 batang daun bawang, iris tipis
1/4 buah bawang bombay, iris halus

Cara membuat :
Kukus bunga kol, haluskan
Campur dengan semua bahan dan bumbu, aduk rata, koreksi rasa
Bentuk bulat pipih, celup ke kocokan telur, goreng hingga matang
Sajikan hangat


3 comments :

  1. bu, aku request dong. bikin kue buat lebaran tapi yang versi no oven

    ReplyDelete
  2. saya baru tau kalau bunga kol bisa dijadiin perkedel. Kapan-kapan coba, ah :)

    ReplyDelete
  3. Baru tahu ada resep kayak gini, makasih bunda Diah.

    ReplyDelete