Monday, June 19, 2017

Kaasspritjes


Walau sibuk, semangat baking kok tetap tinggi..baiklah..mari lanjut lagi ya teman-teman..sebelum mengendur semangatnya..hihi. Pengen coba satu kue kering baru tiap hari, jadi satu atau dua toples, lama-lama jadi banyak juga dan akhirnya udah terkumpul satu Kardus..bisa buat oleh-oleh Lebaran...hihi.

Hari ini juga, aku buat satu Kue kering baru lagi. Idenya dapat dari bonus buku resep Jadul dari Blue band...resepnya jadul banget..udah kusam pula bukunya..dulu juga beli nya di loakan..hahah. Tapi kadang-kadang dari buku jadul seperti itu kita nemu resep-resep unik lho teman-teman.

Seperti Kue ini, namanya Kaasspritjes. Kue ini mirip Kastengel, tapi cara membuatnya di semprotkan ke loyang. Aslinya sich bentuk huruf S, tapi aku modifikasi jadi bentuk Kastengel aja...terus aku tabur Keju, jadi lebih menarik pastinya ya. Setelah aku coba, rasanya enak lho. Lebih kres renyah, di banding Kastengel. Mungkin karena nggak banyak kena tangan ya...hihi. Adonan kue kering jika kita bentuk pakai tangan..kan kena panas tangan kita..jika kelamaan di bentuk-bentuk, kue bisa jadi keras atau bantat.

Cara menyemprotnya pakai piping bag segitiga saja..mudah. Tinggal di lubangi aja sesuai selera besarnya. Jadi lebih praktis dan mudah, dan lebih cepat juga. Ayuk..yang maju mundur cantik mau bikin Kue Kering sendiri, segera gih belanja ke tbk..sebelum tutup...hihi. Bikin yang mudah-mudah gini aja..tapi rasanya udah enak sekali kok..nggak kalah sama yang setoples 70 ribu..hihi.


Kaasspritjes

Bahan :
160 gram blue band
200 gram terigu, 75 gram keju cheddar parut, aduk rata
1/2 sendok teh baking powder
1/8 sendok teh garam
1 kuning telur
50 gram gula halus ( ini tambahan ku sendiri ya..aslinya gak pakai...karena aku suka kue keju ada sedikit manis2 nya 😅😅 )

Cara membuat :
Kocok Blue band, gula dan garam hingga putih. Masukkan kuning telur, kocok hingga rata.
Masukkan campuran terigu dan keju, aduk rata dengan spatula.

Hasil akhir kalis seperti adonan Kastengel, tapi lebih lembut sedikit ya agar bisa di semprotkan

Masukkan adonan ke kantong plastik segitiga, lubangi ujungnya...ukuran lubangnya sesuaikan selera. Semprotkan memanjang di loyang yang di oles sedikit margarin. Potong2, susun dalam loyang..poles dengan kuning telur, taburi keju parut jika suka. Panggang hingga matang. Aslinya sich di semprotkan bentuk huruf S...tanpa keju atasnya..cuma di oles kuning telur...😃😃 Selamat mencoba..enak lho....kres gurih renyah..ngeju juga 😋😋


4 comments :