Tuesday, June 13, 2017

Sagu Keju Klasik


Sagu Keju..cookies klasik yang tak pernah absen di toples Lebaran di rumah kita ya teman-teman. Memang kue Lebaran klasik ini ngga pernah mbosenin ya....selalu di nanti waktu Lebaran.


Rasanya memang enak.. Krenyes gurih sekali kejunya terasa. Aku bukan penggemar  keju sejati..tapi jika di buat campuran kue manis gini kok ya jadi suka 😃😃
Rasanya lebih gurih saja jika keju berpadu sedikit manis. Enak menurutku.

Untuk membuat sagu keju....Sebaiknya pakai Tepung Sagu. Tapi jika tidak ada ya bisa pakai Tepung Tapioka. Tepung Sagu yang asli contoh merk Alini, Merapi.

Resep Sagu Kejunya masih sama dengan yang sering aku buat, tapi aku modifikasi sedikit, karena keponakan minta yang lebih ngeju rasanya. Jadi takaran Keju aku tambah. Karena keju nambah, otomatis takaran gula juga di tambah agar tidak terlalu asin.

Mebuat sagu Keju sebenernya mudah saja, hanya saja harus pas waktu mengocok mentega dan gula serta kuning telurnya. Jika kelamaan, adonan akan melebar, jika terlalu sebentar adonan akan keras dan susah di spuit. jadi adonan harus lembut dan mudah di semprotkan ya. Agar lebih kuat dan nggak mudah jebol, karena adonan ada parutan kejunya juga, aku biasa pakai piping bag dari silicon. 

Jika kepepet nggak bisa pakai Piping bag, pakai spuit besar aja..pakai jurus jempol..hihi. Masukkan sedikit adonan ke spuit langsung...dorong dengan jempol..hihi. Ini cara terakhir ya jika udah nyerah dengan piping bag. 

Oke, langsung saja ini dia resepnya ya teman-teman yang sudah aku modifikasi :

Sagu Keju Klasik

Bahan :
250 gram Tepung sagum sangrai dengan 2 lembar daun pandan hingga tepung ringan dan daun pandan kering
Timbang tepung jadi 210 gram, dinginkan, ayak
150 gram margarin
1 buah kuning telur
100 gram gula halus
65 ml santan kental instan
75 - 100 gram Keju cheddar, parut

Cara Membuat :
Kocok Margarin dan gula hingga rata selama 2  menit
Masukkan santan dan kuning telur, kocok rata
Masukkan Keju parut, aduk rata
Masukkan Tepung Sagu, aduk rata dengan spatula
Seprotkan ke loyang kue kering yang sudah di oles margarin
Panggang api sedang sampai matang
Kemas jika sudah dingin ya
 

8 comments :

  1. Mbk. Kalau sagu cap pak tani bisa kan yha . Itu asli yha mbk

    ReplyDelete
  2. kl pake tepung sagu yg untuk bikin papeda bisa ga yaa mb?
    dsini ga ada jual tepung sagu kemasan, krn dsini sagu homemade gt langsung dr petani biasa utk bikin papeda... cm ga kering gt mb, masih agak lembab jd agak gumpal

    ReplyDelete
  3. kl pake tepung sagu yg untuk bikin papeda bisa ga yaa mb?
    dsini ga ada jual tepung sagu kemasan, krn dsini sagu homemade gt langsung dr petani biasa utk bikin papeda... cm ga kering gt mb, masih agak lembab jd agak gumpal

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bantu jawab ya, mba. Kalau pakai sagu yang biasa dipakai buat papeda atau kapurung, setahu saya tidak bisa karena itu masih basah. Kalau tidak dapat tepung sagu tani, bisa kok diganti tepung kanji/tapioka. Semoga membantu.

      Delete
    2. bantu jawab bisa di sangrai lagi supaya kering seperti tutor di ig bunda didi yg kemasan pun di sangrai lagi supaya kering tp jangan sampai gosong

      Delete
  4. Mbak kalau santan kental diganti susu bubuk jafi berapa gram ya dan terigunya dikurangi kalau begitu ?

    ReplyDelete
  5. makasiii mb sitti taslimah...
    tp kl ga salah kl diganti tepung kanji/tapioka hasilnya kurang bagus mb, agak keras...

    makasiii mb a nuryanto, sy akan cb kl bgtu...

    ReplyDelete
  6. Hi mbak diah, direseep atas ada bahan margarin, kalo campuran mix antara margarin dan butter bisa kan ya? Mempengaruhi tekstur dan rasa ga?makasih

    ReplyDelete