Sunday, June 11, 2017

Sop Manten


Menu #giveawaydiahdidi selanjutnya yang aku recook adalah menu khas Solo. Namanya Sop Manten. Sop ini unik, karena biasanya hanya di sajikan waktu ada acara mantenan atau pesta pernikahan...yang biasanya pestanya bukan Prasmanan model jaman sekarang, tapi ala Piring Terbang..hihi. jadi menu-menu di sajikan pada saat yang tepat..bukan model sekarang yang datang..salaman langsung makan dan pulang. Kalau pesta ala Piring Terbang itu kudu duduk manis dari awal hingga akhir acara..hihi. Jika cepat pulang ya nggak bakal dapat makanan..hihi.

Sistem seperti itu masih berlaku juga di tempatku di Yogya. Jadi jika datang ke pesta ya duduk manis. Nanti jika udah tengah acara, akan datang gadis-gadis dan mas-mas yang akan membagikan snack..dan minuman lalu menu utama..di akhiri menu penutup. Menunya juga nggak bisa pilih, harus terima apa adanya. Jadi apa yang di sajikan, yang di nikmati. Tapi biasanya menu pesta piring terbang itu menu pilihan kok, yang jarang di temui sehari-sehari..hihi.

Salah satu menu pembuka di pesta ala Piring Terbang adalah Sop manten ini. Sop bening yang unik, bening kaldunya. Kuah gurih ringan, dan seger rasanya. sayuran dan isinya di masak terpisah, lalu di guyur kuah panas. Isinya bisa aneka macam, bisa makaroni, sosis, Ayam suwir, Kentang goreng, kapri, dll. Sop ini berasa nostalgia jaman muda, jaman sering pesta ala Piring Terbang atau jaman laden manten..hihi. Suka membantu tetangga kiri kanan yang punya hajatan manten.

Okeh, siapa yang punya masa remaja seperti aku...yuk nostalgia jaman dulu..dengan masak Sop ini seger lho..berikut resepnya ya...aku sesuaikan seleraku bumbunya. Resep kiriman mba @novitamaharanisw
Sop Manten Khas Solo

Bahan :
1 ekor ayam kampung / pejantan, rebus api kecil hingga keluar kaldu beningnya, saring kaldunya
2 buah wortel, potong bentuk bunga
1 kuntum jamur putih kering
1 genggam kapri
1/2 kuntum kembang kol ( aku ngga punya tadi 😅😅)
1 buah kentang, iris tipis, goreng
4 buah Sosis, iris tipis
4,bawang merah, iris tipis
4 siung bawang putih, goreng, geprek
1/8 pala biarkan utuh
1 ruas jahe, iris tipis
1/2 sendok teh merica bubuk
Garam dan gula sesuai selera
Bawang goreng dan sledri untuk taburan

Cara membuat :
Rebus sayur dan sosis di air mendidih yang di beri sedikit garam, angkat sayuran dan sosis. terakhir rendam jamur di air bekas merebus sayur hingga mekar, potong2
Tumis bawang merah hingga harum, masukkan air kaldu ayam sekitar 1 liter, masukkan bumbu lain,
Didihkan dan masak hingga bumbu meresap
Koreksi rasa
Susun isian sup di piring, tuangi kuah kaldu panas
Taburi barang goreng dan sledri


3 comments :

  1. Wahh mbak makasih banyak resepnya ya, dulu sempet kondangan di daerah solo dapet piring terbang ginian juga hehe.. kok rasanya seger bgt ringan kaya ga pake bumbu, bertanya2 gimana sih cara bikinnya.. sekarang jd tau.. hihihi.. mks banyak mbak DD..

    ReplyDelete
  2. Sop ini disuguhkan pas pernikahanku Mbak Didi, tp sosisnya pakai gelantin, daging sapi giling dibumbui pake telor lalu dikukus kyk lontong,lalu diiris seperti sosis di foto Mbak Didi.

    ReplyDelete
  3. Makasih mba..
    Enak seger..anakku suka

    ReplyDelete