Monday, February 27, 2017

Nasi Ayam Bu Pini Semarang


Kemaren badan udah lumayan enteng..pas ada janji ke Erha...ya udah mumpung hari Minggu ke sana dech..akhirnya kena Ac dingin banget lagi..plus waktu perawatan wajah tuch di sembur kipas angin wajahnya kan biar nggak sakit waktu chemical peeling..alhasil jadi keringat dingin lagi..huhu. Akhirnya sore turun ke bawah sekalian muterin Yodha..niatnya cuma satu ke Sentra Kuliner di daerah Pecinan di Kampung Semawis untuk cari Jamu Jun. Jamu dengan berbagai macam rempah, tapi bentuknya bubur...aku paling cocok itu jika masuk angin, badan langsung enteng.

Pas turun ke Semarang bawah masih agak sorean jam 5, kita muter-muter aja di daerah Pecinan, di Gang Pinggir. Nggak pernah boisan sich menyusuri daerah Pecinan yang unik..dan kadang nemu toko jadul yang unik, dll. Nah, pas Lewat gang Pinggir, kebetulan lewat depat Nasi Ayam Bu Pini kok baru buka, belum ramai  pembeli...jadi suami langsung ngajak makan ke situ dulu. Okeh dech..karena kalau Nasi Ayam Bu Pini ini  belum pernah coba, aku mau aja. Kata suami ini juga terkenal Warungnya.

Berbagai Nasi Ayam terkenal di Semarang, sudah sering aku coba, namun memang belum dapat yang sreg di hati rasanya. Ada Nasi ayam Kemuning yang terkenal, Bu Wido, atau Nasi Ayam Belakang Ace Hardware , dll. Yang belum kelakon nyoba itu Bu Sami, karena buka malam hari banget. Kalau Bu Nyoto juga belum, nanti aku coba dulu kapan-kapan, banyak yang bilang enak juga. Sebenernya enak dan unik sich Nasi Ayam itu, cuma kadang-kadang yang agak mengganggu itu rasa sayur Labunya yang mblenger kemanisan menurutku..hihi. Jadi aku masih suka Nasi Ayam ala Bu Diah...! Sapa tuch...ya ala aku sendiri..hahah...aku udah pernah coba masak sendiri, resepnya sudah pernah aku share di SINI ya teman-teman. Jadi yang tinggal jauh dari Semarang, bisa di coba di rumah ya,

Nanti aku liput lagi Warung Nasi Ayam terkenal lain di Semarang, kali ini aku mau ulas dulu yang Bu Pini ini. Warung Nasi Ayam Bu Pini ini bersih dan lumayan luas warung, menempati sebuah Ruko di jl Gang Pinggir Pecinan Semarang. Warungnya bersih dan rapi, itu yang aku suka dagangannya juga di tata rapi...dan bersih. Kemaren makan jam 5 sore, baru buka, jadi masih fresh anget Nasi Ayamnya. Kebanyakan di warung lain Nasi Ayamnya sudah dingin. Nasi Ayam itu terdiri dari Nasi Gurih, Ayam dan Tahu Opor, Telur Pindang, dan sambel goreng Labu serta Krecek. Tapi waktu aku buat dulu tanpa krecek, nanti aku masak lagi dech yang pakai krecek. 

Rasa Nasi Ayam ini gurih Nasi dan Opornya, cuma yang sedikit aku kurang suka jika beli itu Sambel Goreng Labunya yang cenderung manis rasa kuah dan sayurnya..jadi agak mendominasi semua rasa. Aku suka manis, tapi yang wajar-wajar aja jika untuk sayuran..rasa masih ada rasa gurihnya. Tapi jika suka masakan manis yang nyethek ( manis banget ) mungkin cocok ya makan Nasi Ayam. Kalau kata suami yang memang begitu sambel goreng labu untuk Nasi Ayam, agak manis. Aku suka ngeyel aja...ah lebih enak kalau normal manisnya..hihi. Seperti Nasi Liwet Solo, itu hampir mirip Nasi Ayam Semarang, aku lebih suka sayur Labunya Nasi Liwet Solo, itu normal manisnya..jadi masih ada tercercap rasa gurih..jadi...cocok sesuai seleraku. Aku juga sudah pernah masak sendiri Nasi  Liwet ala Solo. Resepnya silahkan cek di SINI ya teman-teman.

Oke, masih ada dua Warung nasi Ayam legendaris lain yang belum aku coba, Nasi Ayam Bu nyoto dan Bu sami, jadi nanti aku ulas lagi jika ke udah coba ya. Secara umum Nasi Ayam Bu Pini yang terkenal ini enak, hanya Sayur Labunya yang agak kemanisan...hihi. Oke...selamat berwisata kuliner jika ada waktu ke Semarang ya teman-teman.

Jika makan Nasi Ayam, pasti ada aneka Sate Jerohan seperti ini yang menarik dan menggoda iman..hihi. Untung aku nggak tergoda kemaren, udah sering nyicip yang seperti ini soalnya di Semarang.




2 comments :

  1. Ini klo di solo kayak nasi liwet gitu ya mba DD

    ReplyDelete
  2. Ini klo di solo kayak nasi liwet gitu ya mba DD

    ReplyDelete