Monday, February 20, 2017

Es Dawet Telasih yang Seger di Pasar Gede


Hari ini sekalian posting icip-icip kuliner Solonya ya teman-teman. Nah salah satu yang menarik hatiku adalah es Dawet Telasih / Selasih di dalam Pasar Gede Solo. Ini enak banget es Dawetnya itu seger banget dan unik, karena ada tambahan Telasih / Selasih, atau biji dari tanaman Basil..sejenis kemangi ya. Jadinya itu yang bikin unik. Selain itu Dawetnya juga komplet isiannya, tidak hanya isi cendol saja, namun ada isi tape ketan hijau dan tape ketan hitam. Nah satu lagi yang unik, ada bubur sumsumnya. Wah pokoknya unik dan beda dari Dawet lain yang pernah aku coba.

Es Dawet Telasih ini ada di dalam pasar Gede ya teman-teman. Walau di dalam pasar,  bersih kok pasarnya. Dan ada tempat duduk sederhana juga berupa bangku panjang gitu, jadi bisa di minum di sana. kemaren aku datang masih pagi jam 8 an, jadi masih sepi pembeli..enak bisa ngobrol sama ibuknya yang jual. Selain es dawet ibunya juga jual Es Gempol yang enak dan seger banget. Wah pokoknya ini walau di jual di pasar tradisional, tapi juara rasanya dan juga bersih, itu yang aku suka.

Jika teman-teman mau coba, masuk aja ke tengah pasar Gede, dari pintu masuk utama tidak terlalu jauh kok. Letak penjual es dawetnya itu di area penjual jajanan, di belakangnya. Jadi sambil minum dawet bisa jajan aneka jajanan pasar khas Solo lainnya ya unik-unik seperti aneka pecel, dan jajan pasar basah lain dan makanan lain, nanati aku upload juga ya..ini lagi aku pindahin dari hape satu persatu. Kemaren memang lebih banyak motrte pakai hape saja. Lumayan lah buat dokumentasi jika lagi ngga bawa kamera.

Kemaren aku sempat beli bawa pulang Gempolnya, aku buat sendiri di rumah jadi es Gempol, tetap awet enak. Aku juga beli Telasih keringnya..jadi nanti aku akan coba juga buat sendiri Es Dawet Telasih komplit ala Ibu yang jual di pasar Gede ini. Nanti aku share resepnya ya agar teman-teman bisa mencobanya di rumah. Oke..jangan lupa di coba ya jika main ke Pasar Gede Solo ya teman-teman. Selamat mencoba....

Penampakan Es Dawetnya seperti ini nich teman-teman..unik dan beda ya. Yang hitam-hitam kecil itu biji Telasihnya yang sudah di rendam dulu hingga mekar. Untuk yang hijau itu Cendolnya. Sedang yang putih itu bubur sumsum. Ada juga tape ketan hitam dan hijau, komplet dech pokoknya. Tapi ternyata, bubur sumsum sangat cocok di sajikan bersama kuah Es Dawet...hihi. Yang unik dari Es Dawet Telasih ini juga bukan pakai gula merah kinca seperti Es Dawet lain, tapi pakai Sirup Gula putih biasa.


Telasih keringnya juga di jual di sini, yang plastik hitam ini lho teman-teman. Ada juga gempol yang terbuat dari Tepung beras baru tumbuk yang enak banget itu di buat Es. Cobain dech...!




4 comments :

  1. Mbak Di...mkch sdh liput kulineran di Solo..jd kangen rumah 😢
    Klw aku pas di Solo tak ajak mampir rmhku mbak..tak traktir sate kere yg jual keliling..😁 Di rmh kakakku di Solo Baru sering lewat tu penjual sate kere keliling..mpe ibunya yang jual hafal ma aku..karna klw aku pas dirmh kakakku pasti beli. Jadi tu ibu yang jual liat klw ada mblku parkir dia masuk nawarin.. 😀 maap jd panjang neh critanya..
    Oh iya mbak itu buat pleretnya dari apa ya mbak? Dari dulu sering makan penasaran ma pleretnya (pleretnya yg coklat kan ya mbak?)
    Aku tunggu share resep es gempolnya ya mbak Di..mkch.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh mbak msh ada lagi kuliner fenomenal di Solo...yaitu gudeg ceker di daerah Margoyudan. Itu warung buka dini hari jam 02.00 (klw g salah)..nanti lepas Shubuh gt dah tutup tu warung. Jd klw mw beli dibelain begadang.. 😅

      Delete
    2. iya pas kemaren mau coba juga mba..udah pas jam 1 an malam nginap di hotel dekat situ eh..Yodhanya KO, nggak mau di bangunin.....:)

      Delete
  2. hmmm,,,,,dawetnya seger bangeettttt,,,, suka banget sama dawet.... yummy

    ReplyDelete