Thursday, February 2, 2017

Korean Dumpling ( Mandu )


Minggu kemaren akhirnya bisa nonton Drama Korea yang penuh greget ceritanya, jadi nonton sampai selesai dari episode awal hingga akhir tamat..hihi. Biasanya..kalau kurang sreg ceritanya...langsung di aku cepetin ke endingnya..hihi. Seperti waktu nonton Lee Min Ho di The legend of blue Sea..yang ceritanya tentang putri duyung yang terdampar di dunia manusia...hemm...kurang bagus menurutku..ceritanya kok kurang greget dan datar-datar aja, sedikit kurang masuk akalnya kebangetan..ini drama Lee Min Ho terakhir nich kurang nendang ceritanya dan jadi kurang berkarakter nich Opa satu ini..hihi. Yang bagus dan paling aku suka tuch waktu dia main di City Hunter. Jadinya..habis nonton episode tiga langsung ke episode terakhir...hahah.

Nonton beberapa judul lain ya gitu kurang oke..ada Taecyeon di Touching You..kurang greget juga ceritanya...ada Entourage yang tentang artis-artis..juga biasa aja. Terus nonton Seven First Kiss yang bertabur bintang top dan keren...ada Lee Min Ho, Lee Choe Hee, Choi Ji Woo, Lee Joon Ki, Park Hae Jin, Ji Chang Wook,Taecyeon ...yang ini lumayan..tapi sedikit konyol dan nggak masuk akal juga sich..tapi lumayan juga jika cuma buat hiburan sepintas hihi. Di drama ini bisa lihat cowok-cowok keren dan cowok impian setiap wanita..ganteng , tampan, kaya atau terkenal...hahah. Tapi kelihatan banget kalau drama ini tujuan utamanya untuk ngiklanin salah satu Shopping mall ternama di Korea..mungkin sponsornya kali ya..hahah. Jadi ceritanya seorang pegawai mall yang di usia 25 belum pernah pacaran atau merasakan first kiss, terus ada ibu peri yang belanja ke maal..( aneh kan !..hahah )..yang memberi dia kesempatan berkencan dengan cowok-cowok keren, ada pengusaha..artis..dll, nggak tanggung-tanggung 7 cowok keren sekaligus....pokoke yang aku sebut di atas...hahah. Jadi ceritanya seperti rangkuman berbagai adegan drama Korea..tapi ini versi lucunya..lumayan lah..walau kurang greget aja..lha wong tujuannya cuma promo Mall bertabur bintang top sepertinya...Lol..! 

Ada satu lagi yang bagus nich tapi baru tayang di One..baru 4 episode...Ji Sung di drama terbarunya Innocent Defendant..kalau ini sudah pasti jaminan bagus karena acting Ji Sung yang okeh banget di setiap dramanya...ceritanya mengharu biru tentang seorang jaksa yang baik, tapi berusaha menangkap seorang pembunuh yang kebetulan anak pengusaha, tapi Ji Sung ini malah di jebak dan di fitnah membunuh istri dan anaknya hingga di penjara dan di ancam hukuman mati...nanti aku ulas lagi ya...soalnya masih proses tayang. Yodha ikut nonton kalau ini..suka..dan dia gemes banget sama karakter jahatnya yang beneran jahat..hahah.

Nah..ada satu drama yang berhasil menyentuh hatiku..hihi...Sweet Stranger..yang main Kim Young Kwang sama Soo - Ae. Awal nonton nggak berharap banyak..eh ternyata menarik ceritanya. Jadinya dari awal hingga akhir aku selesai juga nonton..ada alur yang menarik..dan kharakternya aku suka. Ada cerita back ground Gangsters nya juga..dan ada makanannya..hahah. Aku suka juga cerita yang bertema Gangsters kalau drama Korea..soale pas banget gambaran Gangsters ala Go Nam Gil..yang ganteng..tinggi besar, coll tapi baik hati dan perhatian..hihi. Gangters yang baik hati...lol..tapi akhirnya berubah jadi orang biasa yang jualan Pangsit Korea ( Mandu ). Ceritanya nich awalnya bikin syok..dia jadi ayah tiri dari seorang gadis yang di tinggal meninggal ibunya. Tapi ternyata bukan Ayah tiri beneran, tapi cuma cara agar dia bisa melindungi tanah dan properti dari Ibu gadis itu. Jadi cerita seputar perebutan tanah dan juga cinta keduanya. Yang pasti banyak adegan dia bikin Pangsit Korea..jadilah aku pengen coba lagi bikin Mandu ini..hihi.

Kemaren beberapa waktu lalu mencoba bikin, tapi belum berhasil..karena aku salah pakai tepung terigu protein tinggi..jadi adonan malah elastis nggak bisa di tipiskan. Nah..setelah liat drama Sweet stranger, jadi termotivasi bikin lagi..dan akhirnya kemaren berhasil bikin kulitnya. Horee...mudah saja sich sebenernya. Cuma aku nggak sabar jika menggiling satu persatu seperti Go Nam Gil kulitnya..jadi kemaren aku pakai cara cepat...aku giling pakai gilingan mie, terus aku cetak pakai cookie cutter..hihi. Hasilnya malah bisa sama tipis dan bentuknya juga, Yang jelas lebih cepat..hahah. 

Oke..aku share ya resepnya teman-teman..ini aku belajar takarannya dari berbagai blogger Korea...dan aku tulis aja resepnya ya..ini aslinya dalam takaran cup. Jika mau ganti gram, silahkan di lihat koversi cup ke gram di SINI. Adonan hasilnya lentur, mudah di tipiskan dan enak sekali di lipat-lipat. Aku jadi ketagihan melipat Mandu nich..hihi. Cuma kemaren lihat di drama tuch penasaran yang isi Kimchi..tapi aku ragu, nanti pada doyan nggak ya. Akhirnya aku isi udang cincang aja..yang ini sudah pasti langsung ludes, karena aku pakai isian udang seger yang manis dan fresh. Aku dan suami suka yang di kukus, Yodha sukanya yang di goreng. Enak banget...gurih udang berpadu adonan yang lembut.

Agar adonan dumpling lembut, tutup adonan dengan serbet ya jika selesai membuatnya agar tidak kering. waktu  mengukus juga sebelumnya di semprot dengan sedikit air permukaannya agar tetap lembab. Dan yang pasti harus di sajikan hangat sesaat setelah di kukus ya..biar makin nikmat. Wah..aku masih punya stok kulitnya, jadi pengen buat lagi  nich, tapi pakai ayam...hihi. Jadinya kok bukan isian Mandu ala Korea,...malah ala Chinese dumpling isiannya...hahah. Biasa tho..walau suka masak menu Korea, tapi tetap suka di utak atik sendiri biar lebih *emplokable* buat lidah lokal kita...lol..!

Oke dech ini resep Kulit Mandunya ya :


Bahan :
1 1/2 cup Tepung terigu serbaguna
1 sendok makan Maizena ( aku ganti potato starch..lagi nggak punya Maizena kemaren )
1/4 sendok teh garam
1/4 cup air panas

Cara Mmebuat :
Campur tepung trigu, tepung maizena dan garam dalam mangkuk
Buat lubang di tengah, tuang air panas
Aduk perlahan dengan spatula
Jika sudah tercampur tepung dan air jadi gumpalan, uleni dengan tangan hingga kalis lembut sekitar 3 menit
Tutup plastik  adonan, diamkan 20 - 30 menit
Bagi adonan menjadi bulatan kecil-kecil
Tipiskan higga berbentuk lembaran tipis bentuk bulat

Note :
Kalau aku pakai cara cepat, aku tipiskan semua adona di gilingan mie, lalu aku cetak pakai cookie cutter..hihi. 
Jika mau di simpan, lapisi dengan tepung terigu setiap lembaran agar tidak lengket satu sama lain, bungkus plastik, simpan di kulkas ya

Untuk Isian, kalau ala Korea bisa macam-macam, ada yang isi sayuran..tahu, taoge, daging cincang, kimchi dll. Kalau aku isi udang aja yang gurih dan cepat buatnya.

Cara membuat isian Udang :
250 gram udang cincang halus
1/2 sendok teh jahe parut
1 sendok makan tepung sagu
1 sendok teh saus tiram
1/4 sendok teh minyak wijen
Sedikit garam dan merica 
1 batang daun bawang, iris halus

Cara membuat :
Campur semua bahan, aduk rata
Cicipi rasa dengan cara menggoreng atau merebus sedikit adonan hingga pas gurihnya

Penyelesaian :
Ambil selembar kulit Mandu, ber isi 1 1/2 sendok teh isian
Lipat hingga berbentuk setengah lingkaran, rekatkan, lipat bagian ujungnya dengan jari tangan hingga berbentuk lipatan-lipatan.
Kukus 15 menit hingga matang
Sajikan hangat
*atau bisa di goreng di minyak banyak hingga renyah atau pan fried dengan sedikit minyak





3 comments :

  1. sama mbak, aku sedang nonton sweet stranger jadi pengen mandunya juga ^^ Ceritanya menyenangkan (baru beberapa episode awal aku nontonnya), terima kasih ya mbak share resep mandunya

    ReplyDelete
  2. Ada jga bunda yg bagus, The K2.. Yg main Ji Chang Wook ttg bodyguard gitu..coba deh bund ditonton.. Keren bgt, manly.. Happy ending jg..:) malah komentar drakor nya..;p

    ReplyDelete
  3. Goblin bagus lho Mba.. Gemremet nonton drakor yang satu itu. Weightlifting fairy Kim book too jg bagus. Hehehe. Malah jadi komen ttg drama Korea bukan komen ttg mandu. btw, mandu isi kucai sama udang jg enak lho Mba.

    ReplyDelete