Friday, February 10, 2017

Tips Tempura Udang Keriting


Hari ini masih sibuk banget, jadi masak ya simple-simple aja buat Yodha. kalau aku apa aja masuk lah..yang penting makan Nasi merah, ada tumis sayurpun cukup..hihi. Yang penting itu buat Yodha. Kalau Papinya katanya lagi mau diet juga ..jadi lagi nggak semangat makan. Yo wis lah..yang penting Yodha malah lagi semangat-semangatnya makan ini..laperan terus..hihi.

Sebentar lagi Yodha pulang, jadi aku upload sekalian hasil Tempura gorengan ku hari ini..karena cantik sekali hasilnya..bisa keriting cantik..hihi. Biasanya cuma gendut-gendut mulus aja...walau tekturenya udah sip renyah. Jadi mumpung internet di rumah lagi  bersahabat. Ini lho..aku kemaren baru dapat tips menarik menggoreng tempura Udang teman-teman. Nggak sengaja nonton acara kuliner di Afc lagi mengulas tentang Tempura..hostnya itu lagi jalan-jalan ke Jepang dan mencoba berbagai macam Tempura. Ternyata di sana aslinya, ada yang versi mulus seperti yang sering aku buat kulit luarnya..ada juga yang versi keriting. Yang versi keriting ini yang menarik perhatianku, karena jadi makin cantik bentuk Tempuranya.

Kuncinya ternyata, adonan harus selalu dalam kondisi dingin, dan suhu minyak harus sudah pas. Caranya mengetes minyak sudah panas atau belum, seperti yang aku liat di acara Afc itu, kita perciki sedikit adonan Tempura, jika langsung menyebar seperti kremesan, itu tandanya suhu minyak sudah pas, lalu adonan Tempura tinggal di masukkan. Waktu memasukkan Udang yang di celup tepung juga, jangan langsung di tenggelamkan ya..hihi. Emangnya Kapal di tenggelamkan...lol. Jadi pegangin dulu ekornya hingga menyentuh minyak..biarkan balutan adonan mengembang dulu terkena minyak panas sambil sedikit di goyang goyangkan..hihi..agar keriting, baru lepaskan. Terdengar rumit..ah tidak kok..hihi..cobain dech. Kalau adonan langsung di tenggelamkan..otomatis menyentuh dasar wajan...jadinya pasti tempuranya jadi gepeng dulu, baru mengapung..hihi.

Agar Udang lurus dan panjang, kerat  bagian bawah udang sebelum di celup ke adonan Tepung Tempura basah ya. Sebelumnya juga baluri Tepung Tempura kering, baru dech masuk ke adonan basah. Jangan sekaligus memasukkan udang ke adonan Pencelup basah ya, tapi satu persatu ketika akan di masukkan ke penggorengan, agar suhu dingin adonan tetap terjaga. Waktu mencelup udang ke adonan juga jangan seluruh badan ya, sisakan bgian ekornya agar nampak cantik kemerahan ekor udangnya ketika di sajikan. Jika nggak bisa gerak cepat waktu menggoreng Tempura, masukkan aja bongkahan kecil es batu untuk menjaga adonan tetap dingin.

Oke, selamat  mencoba...mudah kok membuat Tempura sendiri di rumah, daripada beli di restoran..mahal kan teman-teman. Apalagi sekarang sudah ada Tepung Tempura praktis ya..jadi lebih mudah lagi untuk membaut Tempura sendiri di rumah. Tepung Tempura siap pakai ini produksi pabrik tepung terkemuka di Semarang. Cocok banget untuk menggoreng Udang, Cumi, Jamur, Ubi, dll..bahkan Jagung juga enak..aku pernah coba. Jika di daerah teman-teman belum ada, aku juga jual Tepungnya. Silahkan sms atau wa ke 089654712500 ya.


No comments :

Post a Comment