Wednesday, February 8, 2017

Jadah Ala Kaliurang Yogya




Jadah Tempe Bacem adalah jajanan khas kaliurang. Kalau ke Kaliurang di Yogya, salah satu hal yang menarik itu ya jajanannya. Kalau pemandangan sich biasa aja sekarang, tidak ada sesuatu yang spesial. Atau mungkin karena udah terlalu sering ke sana...jadi bosan dengan viewnya yang begitu saja. Namun kalau Jadah Tempenya aku nggak pernah bosan...seneng aja melihat dan memotret jajanan khas Kaliurang di sana. Walau kadang harus pinter milih..agar dapat Tempe Bacem yang tidak terlalu manis. Kalau Jadahnya sich enak semua...gurih dan lembut khas Kaliurang, beda dengan Jadah biasa yang di iris, itu biasanya agak padat dan masih ada rasa bulir-bulir ketannya. Kalau Jadah ala Kaliurang Yogya ini sangat lembut, numbuknya lebih lama dan di beri campuran kelapa parut yang banyak, jadi lebih gurih juga.

Aku suka Jadah, atau Ketan kukus tumbuk itu yang gurih. Kadang kalau beli di Semarang sini, suka terasa agak hambar. Jadinya lebih suka bikin sendiri. Jangan bayangkan susah bikin Jadah ya teman-teman..mudah kok. Yang penting mau numbuknya..hihi. Tapi numbuk Jadah juga nggak susah kok asal jangan terlalu banyak ya...hahah. Aku kalau buat Jadah ya paling 250 gram. Kemaren kebetulan punya Tempe Bacem, jadi pas banget di makan dengan Jadah ini. Bikin sedikit aja, numbuknya juga cepat, nggak nyampai 5 menit udah halus. Kau punya lumpang batu kecil, jadi lebih cepat. Jika tidak ada pakai panci yang misal dari stainless, tumbuk pakai ulekan yang di lapisi plastik juga bisa.

Pokoknya, jangan kita terhalang sama alat ya teman-teman..jika mau membuat sesuatu, gunakan saja alat yang ada..hihi. Daripada misal kepengen makan Jadah, tapi musti nunggu ke Yogya dulu kan repot. Bikin aja..sedikit...beres, puasa makannya..dan lebih enak malah. Kemaren aku buat 250 gram ketan, cuma jadi beberapa biji sich..kebetulan ada tukang juga yang kerja di rumah..jadi bisa buat cemilan mereka. Kalau Yodha sich..belum suka Jadah gini...hihi. Jadah ala kaliurang ini di bentuk pipih lonjong, di sajikan dengan tempe bacem, di letakkan di tengah..jadi dech Burger...tapi Burger ala Jawa...hahah. Percayalah..ini enak teman-teman...!

Untuk tempe Bacemnya, aku buat sehari sebelumnya..jadi lebih meresep bumbu-bumbunya dan bisa cantik warnanya. Tips lain membuat Bacem Tempe, gunakan air kelapa, gula merah yang berwarna tua, dan masak denga api kecil hingga bumbu meresap. Sisakan kuah baceman, lalu rendam bacem dalam kuah di kulkas minimal semalaman. Baru esok harinya di goreng sebentar saja agar baceman moist.


Oke..langsung aja iini resep Jadahnya ya, untuk resep Baceman nya, sudah pernah aku ulas lengkap resep dan tipsnya di postingan lamaku di SINI  :
Jadah ala Kaliurang

Bahan :
250 gram beras ketan putih, rendam dalam air minimal 1 jam
300 ml air
2 lembar daun pandan
½ sendok teh garam
¼ butir kelapa parut
Cara Membuat :
Tiriskan beras ketan, masukkan ke panci kecil bersama air, garam dan daun pandan
Masak di api sedang hingga air habis
Campur kelapa parut
Kukus hingga matang
Panas-panas, segera tumbuk hingga lembut
Bentuk bulat pipih
Sajikan dengan tempe Bacem
Tips :
Karena jadah lembut, jadi agak lengket, gunakan daun pisang atau plastik yang di oles sedikit minyak untuk membentuk Jadahnya ya. Waktu di sajikan, alasi dengan daun agar tidak lengket
Selamat mencoba...:)
DD


3 comments :

  1. ininih makanan tradisional rasa internasional .. jadah kalirung :D

    ReplyDelete
  2. ini makanan istimewa, yang selalu bikin kangen sama kaliurang

    ReplyDelete
  3. tempe kata orang desa saya bikin bodoh,,, padahal kandungan yang terdapat pada tempe sangat bermanfaat bagi kecerdasan anak, sukses selalu buat kaliurang, rame selalu

    ReplyDelete