Friday, February 10, 2017

Kaki Naga Tuna


Lagi suka beli Tuna di pasar, soalnya gemes jika beli Tuna kalengan kadang asem rasanya. Biasanya aku kukus, terus aku buat abon Tuna semi basah untuk isian Kimbap..Sosis Solo, dll. Ini lagi pengen membiasakan Yodha untuk makan Ikan. Biar nggak bosan Ayam atau daging terus. Mumpung lagi Semego ( doyan makan dia )..tiap hari kelaparan terus..hihi. Di tunjang hawa yang dingin ya teman-teman..jadi makin lahap makan anak-anak. Tapi alhamdulillah jadi kuat daya tahan tubuhnya ya jika makan banyak.


Kalau olahan Tenggiri Yodha udah terbiasa dan suka sekali, tapi kalau Tuna kok belum begitu suka. Jadi harus putar otak agar jadi olahan ikan yang menarik dan lebih gurih. Akhirnya aku coba bikin Kaki Naga Tuna untuk Yodha. Alhamdulillah dia suka. Tuna ini tekture ikannya lebih padat, jadi resepnya aku kurangi takaran tepungnya agar tidak keras Kaki Naganya. Tapi jika mau buat usaha dan lebih ehmat ya boleh di tambah kok teman-teman hingga 100 gram ya tepung Sagunya.

Agar lebih gurih aku tambah udang seperti biasa. Udang ini bisa jadi bumbu alami untuk campuran nugget atau Kaki Naga Ikan seperti ini, namun bisa jugaa tidak pakai, tinggal tambah aja takaran ikan Tunanya. Agar rasanya pas, biasakan mencicip adonan dengan cara menggoreng atau merebus sedikit adonannya ya teman-teman..biar kita bisa mengkoreksi rasanya, misal kurang gurih, bisa di tambah. Jika sudah terlalu di kukus, kurang gurih kan nggak bisa di benerin lagi..hihi.

Biar cantik, pakai Panko yang agak kasar ya, yang warna orange, agar Kaki Naga cantik dan lebih menarik. Panko seperti ini juga lebih kriuk ketika di goreng. Anak-anak pasti suka. Bisa di beli di toko bahan kue atau jika teman-teman kesulitan mecanri Panko warna orange, aku ada banyak stok nich..bisa wa atau sms aja ke 089654712500 ya..untuk order.

Jika mau ikan lain, mungkin bisa di ganti Ikan Tenggriri atau Kakap laut ya gurih ya teman-teman. Oke..langsung saja ini dia resepnya ya. Selamat mencoba ya...:)

Resep Kaki Naga Tuna

Bahan :
300 gram fillet ikan Tuna
50 gram udang kupas , haluskan
50 gram tepung sagu ( atau Tepung Bakso )
50 gram tepung panir halus
2 butir putih telur
2 siung bawang putih, haluskan
2 sendok teh gula pasir
1 1/2 sendok teh garam / secukupnya

Bahan Pelapis :
Putih telur 1- 2 butir, kocok lepas
Tepung terigu 50 gram, Panko orange khusus nugget secukupnya

Cara Membuat :
Aduk rata fillet ikan dan udang serta bawang putih halus, garam , gula, dan putih telur, aduk dan uleni hingga lembut. Atau bisa di proses dengan food processor. Masukkan tepung sagu dan tepung panir, aduk rata perlahan dan jangan di uleni lagi. Koreksi rasa, dengan menggoreng sedikit adonan. Jika sudah pas rasanya, ambil sedikit adonan , lalu lilitkan di stick bambu dan bentuk seperti pentul. Kukus 30 menit hingga matang.
Lumuri Kaki Naga dengan tepung terigu, celup ke kocokan telur dan gulingkan ke tepung panir.  Siap di kemas dan di simpan di freezer..atau bisa langsung di goreng dan di konsumsi.
Note : Jika susah membentuk adonan nya jadi pentul..olesi dulu tangan kita dengan minyak ya teman2..supaya lengket. Jadi lebih mudah membentuknya.

3 comments :

  1. Wahhh kebetulan banget ini, lagi ada tuna di kulkas.. cobain duluu ahhh.. makasih infonyaa hihihi

    ReplyDelete
  2. Pengen nyoba juga. Tuna suwir sdh sering.oh ya nyari stik utk kaki naga dmana ya?
    Klo pake stik es krim bagus gak?

    ReplyDelete
  3. Mbak Diah Didi mau tanya nih..
    Biasanya mbak kl beli ikan segar gitu di pasar mana mbak?
    Kebetulan saya juga tinggal di Semarang atas,,tp tiap ke pasar sering nya liat ikan air tawar..
    Ujung-ujungnya beli di Superindo deh...tapi pasti rasanya kan beda ya mbak yg udah di es sama yang masih segar
    Makasih mbak

    ReplyDelete