Tuesday, February 21, 2017

Timlo Solo Ala Timlo Sastro


Setelah kulineran mencoba aneka menu unik dan enak dari Solo, aku tawarkan ke Yodha kemaren mau coba yang apa di rumah. Yodha pilih minta di buatin Sup Timlo Solo. Yang lebih enak dari beli kemaren ya Mi...gitu dech pesan Pak Boss kecil..hihi. Baiklah Kak...memang Mami kebetulan mau coba yang versi ala Timlo Satro yang isinya minimalis. Dulu pernah coba sich bikin Timlo, tapi yang versi komplet, ada sayuran wortel, jamur, dan sounnya. Nah..sekarang mau yang lebih istimewa bikinnya, yang ala Timlo Sastro dekat Pasar Gede.

Jadi Timlo ala Timlo Sastro itu isiannya minimalis aja...yaitu Ati Ampela rebus yang gurih ringan,  ada telur pindang yang sampai menghitam..hihi. Ada juga potongan Sosis Solo Goreng yang tipis-tipis nyaris tanpa isi. Kalau aku mau bikin yang tanpa isi kok  nggak tega, jadi tetap aku isi Ayam cincang. Jadi untuk bikin Timlo Solo ini modal Ayam kampung / pejantan separo aja cukup, di buat kaldu dulu, lalu dagingnya buat isian Sosis Solonya.  Udah gitu aja isi Sup nya, di makan anget-anget bersama Nasi putih, seger. Apalagi jika buat sendiri, pakai kaldu bening, lebih enak dan nggak amis. Kata Yodha..lebih enak kuahnya punya Mami..yeayyy....!

Sosis Solonya juga lebih enak jika bikin sendiri, karena lebih puas ada isinya. Cuma bentuknya sedikit beda, kalau di Timlo Sastro agak gepeng-gepeng karena ngga ada isinya, punyaku tetap bentuk gulung karena ada isinya. Itu kuahnya agak kecoklatan warnanya, karena itu porsi Yodha, pasti minta di tambah sedikit kecap, jadi makin sip rasanya. Untuk Telur pindangnya, kemaren nggak terlalu hitam seperti di Timlo Sastro, jadi aku akali aku goreng sebentar di minyak panas agar dapat tekture sedikit kenyal luarnya. Kalau di Timlo Satro itu luarnya kenyal banget karena warnanya sudah kehitaman pindangnya...hihi.

Seperti ini pelengkap Timlo Solo ala aku...


Oke, langsung aja ya teman-teman, aku share resep yang versi ala Timlo Satro ini yaa...selamat mencoba jika suka. Tunggu resep-resep lain yang akan aku adaptasi di dapurku ya, dari hasil kulineran kemaren. 


Bahan Kulit Sosis Solo Goreng :
1 butir telur, kocok lepas
150 ml santan / air biasa
50 gram tepung terigu
1/4 sendok teh garam
minyak untuk menggoreng

Bahan Isi:
150 gram daging ayam giling
1 lembar daun salam
1/2 sendok teh garam
1/4 sendok teh merica bubuk
1 sendok teh gula pasir
100 ml santan dari 1/4 butir kelapa
1 sendok makan minyak goreng untuk menumis

Bumbu Halus:
3 butir bawang merah
2 siung bawang putih
1/2 sendok teh ketumbar bubuk
2 butir kemiri sangrai
1/4 sendok teh pala bubuk

Cara Pengolahan :
Isi: tumis bumbu halus dan daun salam sampai harum. Masukkan daging ayam giling. Aduk sampai berubah warna.
Masukkan garam, merica bubuk, gula pasir, dan santan. Masak sampai meresap. Angkat dan dinginkan
Kulit: Aduk rata bahan kulit.
Buat dadar tipis di wajan datar kecil sampai adonan habis.
Ambil selembar kulit. Beri isi. Lipat kiri kanan dan gulung.
Goreng di dalam minyak yang dipanaskan di atas api sedang hingga kecokelatan.

Bahan Ati Ampela Rebus :
5 pasang hati ampela ayam
500 ml air
2 siung bawang putih, dihaluskan
4 siung bawang merah, di haluskan
1/2 sendok teh garam
1/2 sendok teh ketumbar bubuk
2 cm jahe, dimemarkan
2 lembar daun salam, 2 cm lengkuas, memarkan
1 sendok makan gula merah dan garam secukupnya

Bahan telur pindang:
4 butir telur ayam rebus, kupas
7 lembar daun jambu biji
2 lembar daun salam
2 lembar daun jati
1/2 sendok makan garam
1.000 ml air

Bahan kuah:
1000 ml air  kaldu ayam bening, silahkan lihat di SINI tips membuatnya
4 siung bawang putih, diiris tipis
6 butir bawang merah, diiris tipis
1 cm jahe, 1/8 buah pala, biarkan utuh
1 sendok teh kaldu bubuk rasa ayam jika suka dan garam sesuai selera
1/2 sendok teh merica bubuk
2 sendok teh gula pasir
1 sendok makan minyak untuk menumis
4 sendok makan bawang merah goreng untuk taburan

Cara membuat :
Rebus Ati ampela ayam dan semua bumbu sampai matang. Angkat. Tiriskan. Potong-potong.
( Jika ingin lebih kering boelh di goreng sebentar saja )
Telur pindang: Masukkan telur rebus, daun salam, daun jati, garam, dan air ke dalam panci hingga terendam.  Rebus lagi sampai kecokelatan
Untuk kuah Timlo, panaskan minyak. Tumis bawang putih dan bawang merah sampai harum. Masukkan jahe dan pala, serta air kaldu ayam bening.
Masukkan kaldu, garam, merica bubuk, dan gula pasir. Masak sampai bumbu meresap.
Koreksi rasa hingga pas rasanya.

Penyajian:
Tata hati ampela, sosis solo, dan potongan telur pindang.
Siram dengan kuah. Tabur bawang merah goreng.
Sajikan dengan sambal dan kecap bersama Nasi Putih hangat...yummy !



No comments :

Post a Comment