Thursday, February 16, 2017

Bola-Bola Daging Isi Telur


Alhamdulillah bisa posting lagi di web, beberapa hari lalu masih agak sibuk persiapan peringatan 7 hari Bapak di rumah Yogya. Aku masih sibuk nyiapin beberapa macam snack, walau sebagian pesan aja sich..jadi dari kemaren masak yang praktis saja untuk Yodha.

Lauk Yodha kemaren Bola-Bola Daging isi Telur. Resep aku adaptasi dari resep Steak Daging Cincang Praktis yang dulu pernah aku share. Cuma bentuknya saja yang aku buat beda, jadi bola-bola isi telur. Kalau Steak daging cincang aku panggang di teflon, kalau ini aku goreng *deep frying, jadi tentu tekturenya agak berbeda, walau rasa hampir sama. Yang di goreng ini gurih renyah di luar, lembut dan juicy di dalam.

Jika membuat olahan daging cincang seperti ini, gunakan daging cincang yang fresh ya teman-teman, agar tidak amis dan rasanya itu masih juicy. Aku suka pesan di tukang daging langgananku jika akan membuat olahan daging cincang ini, jadi lebih praktis, daripada mencincang sendiri. Harus di cincang ya..jika di haluskan pakai food processor, kurang enak tekturenya nggak ada..karena terlalu halus.

Untuk melengkapi menu ini, bisa di tambah aneka sayuran rebus, kentang goreng dan saus. Saus favorit Yodha sudah pasti saus praktis andalanku, bukan saus steak yang ribet, namun cukup campuran berbagai macam saus, jadi lebih cepat dan mudah cara membuatnya. Jika mau, bisa juga di sajikan dengan aneka jenis Saus Steak lain favorit teman-teman sendiri ya. Aneka resep Saus Steak sudah pernah aku posting juga di webku ini. Aneka resep saus steak yang enak dan praktis, bisa di lihat di SINI.

Tips agar Bola-Bola Daging nya matang sempurna, goreng dengan cara deep frying atau dengan minyak  banyak ya teman-teman. Jadi akan matang sempurna hingga bagian dalam. Jika mau hemat minyak, aku biasa goreng dengan panci kecil yang agak dalam jika hanya memasak sedikit, jadi hemat minyak, tapi tetap bisa di goreng deep frying. Atau jika mau, bisa pakai telur puyuh isinya, jadi ukuran bisa lebih kecil dan mudah matang waktu menggorengnya.

Oke, langsung saja ini dia resepnya ya teman-teman, jika mau coba....
Bola Bola Daging isi Telur
 
Bahan :
150 daging cincang
50 gram tepung panir
1/4 buah bawang bombay, cincang halus
1 butir telur ukuran kecil
1/2 sendok teh kaldu sapi bubuk atau garam secukupnya
1/4 sendok teh merica bubuk
1/4 sendok teh pala bubuk
1/2 sendok teh gula pasir

Bahan isi :
3 butir telur rebus

Bahan saus :
1 sendok margarin untuk menumis
1/2 buah bawang bombay, iris panjang
200 ml air
1/2 sendok makan tepung tapioka, cairkan dengan 1 sendok air
2 sendok makan saus tomat
1 sendok makan saus tiram
1 sendok makan kecap manis
1/4 sendok teh merica bubuk

Cara membuat :
Saus : tumis bawang bombay hingga harum, masukkan semua bahan lain. Koreksi rasa. Kentalkan dengan tepung tapioka. Masak hingga meletup2 dan kental
Campur semua bahan daging, aduk rata, bentuk bulat pipih, isi dengan telur rebus
Bentuk bulat kembali
Goreng di minyak panas banyak hingga terendam
Sajikan dengan saus dan aneka sayuran rebus

2 comments :

  1. Tiap baca postingannya mbak diah, selalu ngiler. :9

    ReplyDelete
  2. Simple. Tapi tetap bikin ngiler kek biasa. Sayang di sini gak ada yang jual daging cincang Mbak Di. Huhuuu. Kalo diganti daging ayam, kira-kira rasanya gimana ya?

    ReplyDelete