Thursday, February 23, 2017

Oblok Oblok Lompong ( Batang Talas )



Beberapa hari lalu aku makan di warung Bu Fat, warung makan yang terkenal di Semarang dengan menu khas Semarangan seperti Mangut, dll. Ada juga berbagai menu sayur rumahan khas Semarang yang gonta ganti menu sayuran tiap hari. Pas kemaren kok nemu Oblok-Oblok, tapi pakai daun broros kunci. Aku kurang suka Boros kunci sebenernya. Jadi kemaren waktu kepengen bikin Oblok-Oblok, mau aku ganti dengan daun melinjo. Eh tapi dapat Lompong dari mba Elmi, jadi aku ganti pakai Lompong aja..enak banget ternyata di buat Oblok-Oblok.

Menu Oblok-Oblok itu menu yang sehat ya teman-teman..nggak perlu di tumis, tapi cukup di cemplung-cemplung semua bahan, jadi lebih sehat. Mungkin jika tidak terbiasa akan mengira ini masakan aneh, karena ada kelapa parutnya juga, tapi percayalah enak kok teman-teman. Gurih..pedes dan ada rasa sedikit manis, itu Oblok-Oblok yang pas sesuai seleraku. Cabai bisa di ulek atau di iris, sesuai selera,..kalau aku suka aku iris saja, lebih segar rasanya.

Untuk membuat Oblok-Oblok, Kelapanya..pakai Kelapa yang agak muda ya teman-teman agar lebih sedep. Untuk kuahnya agar lebih gurih aku tambah udang segar. Sebenernya sudah pakai Teri, namun Udang lebih bisa memberi sensasi gurih di kuahnya. Untuk Terinya..pakai Teri yang tidak asin ya teman-teman agar tidak merusak rasa keseluruhan dari Oblok-Obloknya.

Tips agar Lompong atau batang daun Talas tidak gatal ketika di masak, setelah di  potong-potong, remas-remas dengan garam secukupnya, cuci kembali, lalu peras. Selain tidak gatal, maka Lompong juga kan lemes dan lebih mudah di masak. Jangan lupa, pakai Tempe Semangit ya agar makin sedep Oblok-Obloknya. Oke...aku share langsung ya resepnya teman-teman...selamat mencoba jika suka ya...:)
Oblok-Oblok Lompong

Bahan :
1 ikat Lompong ( Batang Talas )
1/2 butir kelapa agak muda, parut panjang-panjang, 50 gram Tempe Semangit, potong-potong, 1/2 papan petai, iris tipis
50 gram udang segar ukuran kecil, biarkan utuh bersihkan saja bagian kepala 
50 gram teri tawar, cuci bersih
2 lembar daun salam
2 cm lengkuas, memarkan
2 lembar daun jeruk purut
1 sendok makan gula merah
1 sendok teh garam
5 buah cabai rawit merah, iris tipis
2 buah cabai merah keriting, iris serong
2 buah cabai hijau, iris serong
1000 ml santan

Bumbu Halus :
6 butir bawang merah
2 siung bawang putih
1 cm kencur

Cara Membuat :
Didihkan santan
Masukkan semua bumbu dan bahan
Masak dengan api kecil hingga bumbu meresap dan kuah menyusut
Koreksi rasa
Sajikan hangat

3 comments :

  1. Halo mb Diah, salam kenal. Sya penggemar berat mb Diah tpi selama ni slalu jdi silent reader. So sorry:( pas liat postingan resep ini sya baru tau kalau di Jawa ada masakan yg terbuat dri batang talas yang disebut lompong. Jadi ingat dlu waktu kecil prnah dimasakin masakan santan dri batang talas sejenis msakanmu, mbak. Hnya memang kayaknya ditempat sya sana hnya satu dua orang yg tau masak batang talas :) apalagi dsni, di Flores Timur, sya blum prnah ketemu orang msak beginian :)
    Resep-resepmu selalu ok, mb Diah. Ijin share dan ijin masak pake resepmu, mbk:) #hihihi Minta Ijinnya ketelatan #Maaflagi:)
    Terus sukses dengan resep-resepnya, mbk. Dan makasih sudah share ilmu kulinernya:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi mba...salam kenal juga..iya mba di daerah Jateng ya yang banyak olahan batang Talas dan daunnya..tapi memang jenis pohon Talasnya haru skhusus ya..misal yang di masak batangnya itu pohon tertentu...untuk yang di masak daunnya juga jeni lain..jadi musti tau jenisnya gaar tidak gatal rasanya ya mba :)

      Delete
  2. mbak Diah, dapat daun lompong dari mana ya ? aku nyari di pasar nggak nemu, hiiiiks...

    ReplyDelete