Friday, February 3, 2017

Sambel Goreng Tahu & Krecek



Kemaren ada acara Nyadran di lingkungan tempat tinggal Eyang Yodha. Walau tinggal terpisah dan di tempatku nggak ada acara-acara begitu, tetep selalu ikut masak-masak untuk di bawa ke makam. Menunya itu Ingkung Ayam, Sambel Goreng, Mie Goreng dll. Masak Ingkungnya tadi malam, pagi-pagi subuh udah di bawa ke rumah mertua, jadi nggak sempat kefoto.


Aku cuma nyisain sedikit Sambel Goreng aja tadi untuk sarapan. Sambel Goreng di Semarang ini jadi menu wajib jika ada acara-acara. Ada dua versi, versi kentang atau tahu atau ada yang cuma Krecek saja. yang penting Sambel Gorengnya versi merah yang cabainya banyak, namun tidak terlalu pedas. Maka yang di pakai adalah cabai teropong atau cabai yang besa-besar itu lho teman-teman. Walau banyak di pakai salam masakan, namun tidak akan terlalu pedas.

Cabai teropong juga memberi warna cantik pada sambel gorengnya, jadi merah merona. Biasanya, kalau di sini..cabai teropong di iris tipis memanjang kemudian di ulek kasar, jadi warna merah orang cantik sambel gorengnya. Untuk isian, biasanya..Krecek itu wajib, terus tambahannya itu bisa Kentang yang di goreng kecil-kecil atau Tahu yang di goreng juga.

Karena di kulkas adanya Tahu, kemaren aku pakai Tahu Goreng. Ada Telur puyuh sedikit, sekalian aku masukkan. Karena untuk acara Nyadran yang lauk  pauk langsung di letakkan di atas Nasi, maka Sambel Goreng aku buat versi kering atau kuah nyemek aja. Jika mau berkuah..santan bisa sedikit di tambah ya teman-teman. Jika versi kuah sedikit ini, bumbu lebih meresap. Santan dan bumbu banyak terserap ke pori-pori Kreceknya, jadi enak banget. Yodha suka juga Krecek yang di masak Sambel Goreng begini, karena lembut dan berbumbu.

Untuk resepnya, sama seperti Resep Sambel Goreng yang aku buat biasanya, namun ini lebih banyak pemakaian cabainya ya jika untuk acara-acara khusus, jadi lebih menarik sambel Gorengnya. Tips agar Sambal Goreng warnanya cantik, tumis bumbu hingga benar-benar matang ya teman-teman, selain warna jadi cantik merona merahnya, rasa kuahnya juga makin sedep jika bumbu di tumis dengan benar. Oke..langsung saja ini dia resepnya ya teman-teman..selamat mencoba jika suka..:)

Sambel Goreng Tahu & Krecek

Bahan :
5 buah Tahu, potong kotak kecil-kecil, goreng
50 gram Krecek, cuci bersih
10 buah Telur Puyuh kupas
2 lembar daun salam
2 cm lengkuas
1 sendok makan gula merah
1 sendok teh kaldu sapi dan garam sesuai selera
1 sendok makan ebi, rendam air panas, biarkan utuh
8 buah bawang merah, iris tipis
3 siung bawang putih, iris tipis
1 ons cabai teropong, iris tipis, lalu ulek kasar
800 ml santan

Cara Membuat :
Tumis bawang merah dan bawang putih hingga matang dan harum
Masukkan cabai ulek dan ebi, tumis hingga benar-benar matang
Masukkan santan dan semua bumbu
Didihkan
Masukkan Tahu, Krecek dan Telur Puyuh
Masak dengan api kecil sambil sesekali di aduk agar santan tidak pecah
Masak hingga santan menyusut dan bumbu meresap, serta Krecek lunak
Koreksi rasa
Sajikan hangat

3 comments :

  1. Salam jeng Diah,... saya senangn sekali liat blognya sampeyan... selama ini klo saya coba, resepnya Alhamdulillah selalu enak dan disenangi keluarga. Sekarang saya coba cari pengganti kerecek. Karena produk yg satu itu agak susah dicari ditempat tinggal saya. Thanks for sharing... .. Wiwik Suyadi.

    ReplyDelete
  2. Mbak diah krecek ini yang krecek rambah kulit sapi yang biasa digoreng buat krupuk kah?? Atau ada produk krecek lain yang khusus untuk dimasak?
    Sy sudah lama pingin bikin resep ini tp bingung beli kreceknya, belanja online hanya ada krecek buat digoreng.
    Trims resep dan responnya yah..
    Tati, kendari

    ReplyDelete
  3. Mb..mau nanya..knp kok bikin narasi selalu..tentang kesukaan yodha..yodha suka sekali ini..dll...ga pernah masakin buat suami ya mb??

    ReplyDelete