Wednesday, January 16, 2013

Bolu Kukus Zebra


Buat bolu kukus ini udah kemaren2 sich..cuma baru sempat posting di sini..^^
Bolu kukus..gampang2 susah ya buatnya..ayo siapa  yang pernah kena *kutukan* bolu kukus..hihi..kutukan bolu kukusnya gak mau mekar maksudnya..alias mingkem semua..^^. Aku juga pernah..entah udah berapa resep bolu kukus yang udah ku coba..kadang mekar kadang mingkem. Ada yang udah mekar..tapi rasanya gak cocok..ada yang rasanya cocok..tapi gak pernah mau mekar di coba berkali2. Akhirnya...pencarian resep bolu kukus yang bisa mekar dan ketawa ngakak..berakhir sudah....yaitu pakai resep Ny Liem. Resep aslinya sich dari bolu kukus rasa brownies yang udah pernah ku posting di sini ternyata resepnya oke banget lho..ku variasikan rasa lain pun tetep bisa mekrok dengan mudahnya. Hasilnya juga lembut..enak dan tidak terlalu manis. Next time mau coba ku ganti dengan gula merah..pengen tau hasilnya mekrok juga gak ya..

Jempol  dech buat Ny Liem..resep2 oke2. Bolu kukus ini memang tehnik pembuatannya unik..beda sama bolu kukus yang lain..tapi menurutku malah lebih gampang kok...tapi hasilnya liat aja sendiri..bisa ketawa ngakak..saking mekroknya..padahal ngukusnya cuma 16 menit lho..praktis kan..ayukk di coba..kali ini aku variasikan rasa dan bentuknya jadi bolu kukus zebra..yukk..gak usah trauma dan takut lagi kena kutukan bolu kukus teman2..cobain resep ini....

Bahan:
A.
200 gr gula tepung
100 gr telur
160 cc air
1/2 sdt vanilla

B.
200 gr tepung terigu cap segitiga biru
1/2 sdt garam
1 sdt baking powder

C.
10 gr cake emulsifier ( Sp) ( 1/2 sendok makan kira2 ya..)

D.
pasta coklat secukupnya

Cara Membuat:
  1. Kocok bahan A  dengan kecepatan tinggi hingga kental
  2. Masukkan bahan B, kocok selamat 1 menit, kecepatan mixer rendah.
  3. Masukkan bahan C, kocok lagi dengan kecepatan tinggi hingga adonan kental.
  4. Bagi jadi dua adonan. Satu adonan tambahkan bahan D, aduk hingga rata. Satu adonan biarkan putih.
  5. Siapkan cetakan bol kus , alasi dengan cup kertas. Masukan dua adonan ke kantong plastik segitiga, lalu semprotkan bergantian di tengah cetakan.
  6. Kukus selama kurang lebih 16 menit dengan api besar. 

38 comments :

  1. mbak diah, aku baru pingin coba bikin bolu kukus.. tapi aku takut gak merekah :( hiks.. resep bolu kukus mana yg paling cocok untuk pemula seperti sy mbak..?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memang banyak factor sich mba..yang bikin bolu kukus bisa merekah..apalagi kalau udah takut duluan nggak merekah..suka jadi sugesti lho..jadi kuncinya berlatih aja terus..nggak pa2..nggak merekah awal2 coba..atau kalau sayang..bikin separo resep dulu..aku sering gagal dulu bikin kue..pas awal2 belajar..buang2 bahan..nggak pa2 dech..yang penting dapat ilmunya ya Mba..tapi coba yang ini..resepnya mudah2 an bisa gampang merekah..ayukk..semangat ya..^^

      Delete
    2. Mba,telur nya brpa biji?mksd 100gr tu pa,ga ngerti.hEe

      Delete
  2. Mba.. saya bikin kok pas di dandang merekah.. tapi setelah diangkat menciut ya? Kenapa kalau pakai soda nda boleh digabung dengan baking powder ya ?
    Thx*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di resep kan nggak pake soda mba..udah ngembang bagus kok..sampai dingin ya kayak di foto atas bentuknya..:)
      Mbanya pakai soda ya?

      Delete
    2. This comment has been removed by the author.

      Delete
  3. Iya saya pakai air soda..
    Kalau pakai gula cair sebagai pengganti gula tepung dan air boleh nda ya? Tetap bisa kental ya saat dikocok dengan telur?
    Kalau pake hand mixer biasa kira2 brp menit ya bisa kental ?
    saya pernah kocok telur+gula nda sekental kalo kita tambahi emulsifier..
    Maaf ya banyak tanya.. hehehhehehh.
    Thx mba Didi =)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kayaknya kurang kental Mba..kalau gula cair di kocok sama telur..kenapa harus pakai gula cair..dan sesuai resep aja gt Mba..hihi..biar hasilnya maksimal..:)..kalau nggak ada gula tepung bisa dari gula biasa di blender kering..
      Tergantung mixernya ya Mba...pokoknya sampai kental itu tandanya kayak muncul jambul gt mba..jika mixernya di angkat..:)

      Delete
  4. Mbak, apa benar adonan A telur dan air dikocok hingga kental ? Saya coba kok ga kental2 ya pdhl udah lama mixer nya..
    Akhirnya saya kocok telur dan gula saja. Lalu saat masukkan terigu baru saya masukkan air.. wkkwkwkkw
    Kalo adonannya disendok in ke cetakan (nda pakai pipping bag) gt ngaruh kah ke hasil akhirnya ?
    makasih ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gimana hasilnay Mba kalau begitu?..Oke kah..kalau oke ya nggakmasalah..hihi.

      memang kalau resep dari Ny Liem itu tehniknya suka unik2 Mba..tapi setelah aku coba ya nggak masalah tuch..malah seru..ada tantangan baru..itu kan bahan emulsifiernya di masukkan di tengah2 proses..jadi nanti mambantu juga mengembangkan adonan.
      Lebih mudah pakai piping bag..kalau mau bikin motif zebranya bagus..tapi kalau nggak di buat motif ya pakai sendok aja bisa.

      Delete
    2. Aku pakai 2 cetakan tinggi n pendek.. yg pendek kertasnya mengkeret gt.. nda bisa mekrok bagus kyk pnya mbak..hiksss..
      kalo cetakan tinggi ya nda bisa mekrok bagus jg..
      kalo pake hand mixer kocok brp menit ya air+gula+telur?
      aku udah kocok 20menit an kok tetap encer.. wkwkkwkwkkw
      aku kukusnya di dandang nasi yg tutupnya kerucut itu.. hrsnya nda masalah kan ya?
      makasih^^

      Delete
    3. Harusnya bisa kental..tapi nggak n gembang memang Mba..kocokan telurnya..taoi aku lupa berapa menit ya..udah lama sich bikinnya..jadi di kira2 aja sampai kental gitu. Pastikan telurnya masih bagus kondisinya dan suhu ruang ya..alat2 bersih dr minyak..dll lemak lain. Nanti as di tambah SP adonan akan kental dan mengambang :)

      Delete
  5. Mba Diah, thanks atas share recipe nya.... sy lagi cari resep bolkus tanpa sprite/air berkarbonasi (biasanya saya pakai) dan waktu mengukus hanya 5 menit, dengan teknik campur semua bahan jadi satu, dikocok hand mixer 10 menit. Tapi di resep Mba Diah waktu nya sampai 16 menit? apakah karena baking powder dan sp yg dimasukkan belakangan ya? makasih jawabannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hemm...ini resep dari Ny Liem Mba Leon..jadi aku ikut aja di aturan resepnya..dan hasilnya berhasil mekrok kayak di foto itu..jadi..intinya..kalau aku pakai resep dari orang lain..aku coba aja ikutin intruksi resepnya..:)..karena masing2 resep beda ya penanganannya..:)

      Delete
  6. Mba Didi...sy dah pernah bikin bolkus tp gak merekah spt ini...sy copy resepnya ya mba... Tks - emy raya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ok Mba Emy..met coba..dan semoga sukses..:)

      Delete
  7. Mba Diah, salam kenal ya... Saya baru belajar2 bikin kue nih, dan biasanya selalu pakai resep mba Diah, kayak cheesestick, kue bawang, enak2 hasilnya, anak dan suami suka semua :) dan termasuk resep bolkus ini jg saya ikutin persis and thx God hasilnya ketawa ngakak juga sama persis, Padahal baru pertama kali buat, mekar merekah bagus banget... Makasi lho mba utk resep2nya, jd semangat blj bikin kue nya... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba Lisa, salam kenal juga Mba..:)

      Seneng dech denger Mba berhasil coba2 resep dari blog ini..semangat ya mba..belajar masak atau bikin kue2..:) Seneng bisa sedikit berbagi..:)


      Delete
    2. Iya mba Diah,,, btw mw tanya donk, ada resep bakso sapi homemade ga? Gmn c tips nya buat permukaan bakso nya halus? Trus gmn caranya buat baksonya bs kenyal dan garing tanpa baking powder ataupun baking soda? Makasi sebelumnya :)

      Delete
    3. Aku beberapa kali coba ya belum kenyal Mba Lsia..karena nggak pke poly powder ya..yang buat pegenyal bakso..:)

      Delete
    4. Oh gtu ya mba... Ok d klo gtu, aq br dgr poly powder jg, heheeee... Maklum br pemula... Tq ya utk sharingnya ;)

      Delete
  8. halo mba salam kenal yaa..:) aku suka banget deh sama resepnya, simpeeel..sukaa, jadi semangat pengen praktek :D btw mba, itu telur 100 gr kira2 berapa butir ya ? hehehe....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba July..salam kenal juga..mksh ya..:)
      Kira2 2 butir telur ukuran sedang Mba..:)

      Delete
  9. Maaf mb Diah, semprotkan secara bergantian di tengah cetakan itu piye maksudnya y? Apa semprot putih trus coklat trus putih lagi, gt dikit2? Atau ckp sekali semprot coklat dan sekali semprot putih? Makasih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bergantian nyemprotnya di tengah2 di satu titik mba biar tercipta motif zebranya..:)

      Delete
  10. dari 5 cups bolkus, yg merekah cuma 2 :D, tp sayangnya gak mekar banget kayak mba didi. hehe... entah apa yg salah. tapi seneng, rasanya mirip bolkus sungguhan, biasa bikin resepnya selalu bantat, tp yg ini berhasil.

    Adonan A memang gak bisa sekental kl gak pake air x ya, :D awalnya ragu apkh bisa kental apa nggak, mungkin harus lama bingit biar bisa kental. tapi sy kira2 aja kekentalannya meskipun adonannya msh disebut encer. sy pakenya terigu banyu biru, nyoba2 bagaimana hasilnya. ternyata lumayan juga. nanti mau nyoba pakai segitiga biru, semekar yg di foto mba didi apa tetep sama ky yg sy buat :D. thx mba didi atas share resepnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba..sama2..coba lagi ya..adonan awal memang nggak kental banget..barus etelah di tambah sp di tengah baru kental..:)

      Delete
  11. Mbak, saya kemarin coba 1/2 resep, jadi 4, krn khawatir gak mau mekrok. Ternyata mekrok semua, walaupun gak secantik punya mbak. Punya saya mekrok 'semau gue', ada yg belah 2 spt bentuk telunjuk dan ibu jari, ada yg belah 2 di tengah, sisanya belah 3 spt biasanya. Motif zebranya kurang cantik, mungkin krn saya naruh adonannya kurang rapi. Tekstur kuenya halus dan empuk. Terima kasih.
    Sisca - Surabaya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba Sisca,..sama2..maaf baru bales..next time pakai piping bag untuk buang bergantian adonannya..:)

      Delete
  12. trimaksih mba diah ,,bagus banget hasilnya bisa mekrok cantik banget mba,,selama ini kalo bkin bolu jenis ini selalu pake air soda,,seakan air soda harga mati untuk mekrok e,,e trnyata pake resep mb lebih oke,,ukuran pas direbus sama pas kue dah dingin tetap bagus,,tadi untuk airnya aku inisiatip mengganti nya dg santan mba,,hasilnya lbih gurih kuenya,,pokoe top dah ,,
    untuk reep cake zebra panggangnya aku dah pernah nyoba berkali2,,pas ujui coba bagus mba,,empuk dan moisty,,na pas hari h mau dipake acara,,waduhhh,,seb sukses tapi seb amblas plus bantat,,hehehe
    cuma ya ga kapok aja ni mba,,nnti bgtu ada dana buat beli bahan mau coba lagi sambil belajar tahu dimana salahnya,,ok trimaksih ya mba,,sukses slalu untuk mba

    ReplyDelete
  13. Sipp mba..Siti..betul mba..guru yang paling baik itu dari pengalaman langsung dan pelajari di mana langkah yang salah..:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. mbak maksudnya vanilla itu apa ? pasta vanilla atau apa?

      Delete
  14. Halo mbak diah.
    Semalem saya nyoba bikin bolu kukus, ada yang rekah ada yang nggak.
    Cara buatnya sedikit beda dengan mbak. Resep yang saya coba kemarin telur, gula, sama sp dicampur dulu baru dimasukkan tepung dan air secara bergantian.
    Kemarin saya pakai tepung protein tinggi mbak, bukan protein sedang. Apa gara-gara itu ya mbak?

    ReplyDelete
  15. Hallo mb Diah..
    Mksh resepnya..
    Aq bbrp kali bikin tdk pernah berhasil alias gundul atau bantet.
    Naah setelah liat resep dan tips dr mb Diah..aq memberanikan diri lagi utk mencoba.
    Kmrn aq cb alhamdulillah berhasiiil.
    Lgs nambah bikin sekali lagi. Bagus jg.
    Tapiiiii....hr ini dan kmrn aq bikin waaah aq lgs lemes..gundul mba..
    Dalam satu kukusan ada yg mekar 1 atau 2 aja..tp ga bantet dan rasanya enak.
    Kira2 knp ya mba???...help dooonk..
    Hehe..
    Mksh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin kena air mba. Air kukusan kebanyakan. Saya jg pernah kyk gtu pke resep ini. Bbrp ngakak yg lain mesem. Goodluck

      Delete
  16. Kalo pakai kunc* bir* bisa diresep ini gak mbak? Mamaku berhasil pake tepung itu tapi pake soda. Aku emg lg nyari yg non soda.

    ReplyDelete
  17. Mba Diah...makasiy banyak resep nya, sekali coba, berhasil... saya pakai terigu pro rendah
    Alhamdulillah langsung ada pesanan :)
    Berkah ilmu nya mba..

    ReplyDelete