Friday, January 18, 2013

Sambel Tumpang Plus Krecek


Sambal Tumpang ini menu favoritku. Sambel ndeso sich..hihi..sambel ajaib..karena terbuat dari tempe yang sudah semangit. Bener2 dech kita harus bersyukur punya kuliner khas Indonesia yaitu tempe. Tempe yang masih segar tentu saja enak banget di masak apa saja. Tapi..tempe yang sudah * setengah busuk * a.k.a semangit pun tetep enak di olah jadi berbagai masakan. Aroma dan rasanya yang khas justru membuat masakan semakin nikmat..buat yang suka lho..hihi..kayak aku. Tempe semangit ini bisa di buat campuran aneka oseng sayur..di buat sambal kelapa..dan yang spesial bisa di masak sambel tumpang ini..karena komponen utamanya ya si tempe semangit ini..rasanya..enak banget lah...pedas..gurih..sedikit manis dan aroma tempe semangit membuatnya sangat sedap. Bisa di makan dengan nasi gitu aja..atau di buat bumbu siram aneka sayuran rebus seperti bayam..kacang panjang, kenikir dll..Biar lebih enak bisa juga di tambahkan tetelan sapi, krecek ataupun tahu yang berkulit...pas masaknya. Buat yang suka masakan Jawa..yukk cobain sambel unik ini..^^

Bahan :
300 gram  tempe semangit ( tempe yang sudah terlalu matang fermentasinya, sudah mengeluarkan aroma khas, tapi belum menghitam )
50 gram krecek / rambak sapi yang khusus untuk masakan
800 ml santan
3 lbr daun jeruk
3 lbr daun salam
1 cm lengkuas

1/2 sendok teh garam
1 bungkus kecil bumbu kaldu sapi ( hilangkan jika tidak suka , ganti garam semua )
gula merah secukupnya

Bumbu :
6 siung bawang merah
4 butir bawang putih
5 buah cabai merah
10 buah cabai rawit merah
3 btr kemiri
2 cm kencur
Cara Membuat :
Didihkan air sekitar 1 L.
Masukkan  tempe semangit, krecek , bawang merah, bawang putih, dan cabai . Rebus sampai matang.
Bumbu yang telah direbus, kencur, kemiri dan terasi dihaluskan. Tumis sebentar hingga harum. Sisihkan.
Tumbuk  kasar tempe rebus , tidak perlu terlalu halus.
Taruh dalam panci: tempe halus, bumbu halus, tuangi santan, tambahkan daun salam, daun jeruk, lengkuas,  dan garam, gula . Masak sampai bumbu meresap.

Sajikan dengan nasi hangat atau aneka sayuran rebus.


10 comments :

  1. mbak didi, makasih banget ya resep sambel tumpangnya, pengen banget makan tapi ga bisa buat, dulu alm ibu yang sering buat aku taunya makan aja hahahahaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya Mba...ayukk bikin sendiri,,mudah..aku tadi juga habis bikin lagi..suka sich sambel tumpang ini..hihi

      Delete
  2. Aq penggemar sambel tumpang jg..heheheee..bumbunya ga peke terasi jg gpp..jg enak...pedas lebih top markotop..selamat mencoba bg yg blum perna..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba Lisa..sesuai selera aja ya...nggak pake juga enak ..bener...:)

      Delete
  3. wah.. kalo di desaku namanya petis tempe mbak, nanti aku coba bikin trus posting resepnya ya... :)
    tetep sama-sama pake tempe semangit... wkwkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah..petis tempe ya Mak Riski...oke..di tunggu resepnya ya..:)

      Delete
  4. Mba diah, tempe semangit untuk sambal tumpang ini , tempe yg sdh berapa hari ya mba ? Wini

    ReplyDelete
    Replies
    1. udah bbrp hari mba biar aroma semangitnya keluar ya :)

      Delete
  5. hmmmmm yamiiieee enak lg di tambah koyor sapi, ibuku handal memasak ini , sdh lama pengen nyuri resep mamakku tp selalu beda rasanya, kalah jauh, sdh saatnya kamu duel sama mamak saya mbak, hahahaha salam salatiga

    ReplyDelete
  6. wah ini sambal paling mantap, soalnya saya paling suka sama rasa tempe busuk.. mak nyuuss

    ReplyDelete