Wednesday, January 9, 2013

Cilok..aci di colok...




Hihi..iseng banget..bikin cilok..itu lho jajanan ala Bandung yang suka di jajakan abang2 di sekolah2 atau di gerobak pinggir jalan..di Semarang sini juga banyak sich yang jual cilok. Kebetulan pas beres2 dapur tadi kok nemu tepung tapioka masih ada dikit....eh langsung dech teringat request Mba Ela..buat bikin cilok...tengok bahan2 lain ada semua..ya udah..langsung bikin..cuma masalahnya aku gak tau aslinya cilok Bandung itu gimana..jadi sesuai dengan cilok ala abang2 yang jual di sini aja Mba..hihi..taunya sich rada kenyal2 gitu..jadi aku coba bikin yang pakai perbandingan tepung tapioka dan terigu 100 : 50. Kalau mau lebih empuk..mungkin pakai perbandingan sama kali ya...antara terigu dan tapiokanya. Ini yang versi original ya..ala abang2 ..tanpa isian..kalau mau isi tinggal di isi daging..abon..ayam..keju..dll. So far asal bumbu kacangnya enak..ya udah enak sich si cilok yang ku bikin ini..lebih enak dan bersih lah daripada beli di abang2..^^

Ini resep uji coba ku..hasilnya kenyal..tapi masih bisa di kunyah lah..drpd ciloknya abang2..^^..silahkan di modif sesuai selera ya..klu mau lebih empuk...( setelah ku share di grup banyak yang coba..tepungnya di ganti 50: 50 atau lebih banyak terigunya dikit jadinya lebih empuk..dan juga kalau mau gurih bisa di tambahin ebi halus di adonannya , tapi kalau lebih suka yang original kenyal2 ya ikutin sesuai resepku ini..)

Cilok

Bahan:

150 gram tepung tapioka / kanji
75 gram tepung teriguprotein sedang / rendah
1 siung bawang putih, haluskan
1/4 sdt garam / secukupnya
1 sdt kaldu bubuk
1/4 sdt merica bubuk
¼ sdk the gula pasir
2 batang daun bawang, iris halus bagian daun hijaunya saja
200 - 300 ml air
Sambal kacang bisa buat sendiri atau pakai sambal pecel yang udah jadi, tambah kecap dan saus sambal secukupnya.

Cara membuat:
  1. Panaskan air, tuang ke tepung terigu yang sudah di campur bumbu2, aduk hingga bergumpal dan basah ..secukupnya saja airnya.
  2. Setelah hangat masukan ke tepung tapioka, lalu uleni hingga dapat di bentuk. tambahkan air hangat jika masih kering adonannya. Kemudian bentuk bulat2 ukuran sesuai selera.
  3. Rebus cilok dalam air mendidih hingga mengapung. Angkat, kemudian masukkan ke dalam panci kukusan, kukus cilok sampai saat akan di sajikan..biar tetep panas.
  4. Sajikan panas dengan pelengkap saus kacang, saus sambal botolan dan kecap manis atau sesuai selera. 

13 comments :

  1. Sip deh...makasih ya mbak diah :))))))

    ReplyDelete
  2. resep pembuatan cilokyang cukup unik. pasti lezat

    ReplyDelete
  3. salam kenal mbak diah.. oh.. ternyata nunggu hangat dulu toh waktu dimasukin ke tepung kanjinya.. kemarin nyoba buat cireng bahannya kurang lebih sama takarannya yang beda.. gagal total :( terlalu kenyal kata suamiku.. rencananya besok pengen bikin cilok juga neh.. soalnya bumbu kacang buat cireng kemarin masih ada... tengkyu ya mbak resepnya...
    monggo mampir ke blog ku mbak...ada resep pukis maknyus loh...hehehe
    *maaf numpang promo* hehehe :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya Mba Fitri..salam kenal juga ya..Iya Mba..kalau masih panas kan kanjinya jadi mateng..tambah kenyal dech..jadinya..perbandingan terigu dan kanji coba di buat sama Mba...kalau nggak mau kenyal banget..link blognya apa ya Mba..yukk bisa tukeran link ..biar saling update resep terbaru...^^

      Delete
    2. maaf,mbak.. saya masih baru dalam dunia per-blog-an... saya pikir dari id saya udah bisa langsung ke blog saya hehehe.. jadi malu.. mohon bimbingannya.. blog saya di: http://macavendish.blogspot.com/
      iya, mbak.. neh mo coba bikin dengan perbandingan yang sama.. tapi si adek masih belum bobok.. hehehe.. makasih mbak..

      Delete
    3. Sippp..coba aku mampir blognya ya..^^..semangat Mba Fitri...ayukk..sama2 belajar..^^

      Delete
  4. ngakak aku mak mbaca kalimat "Ini resep uji coba ku..hasilnya kenyal..tapi masih bisa di kunyah lah..drpd ciloknya abang2..^^" hahaha :D
    emang sih kalau beli tuh kenyalnya bikin gemes jadi kadang langsung telan aja deh mak hehehe
    dan tetap bikin ngiler nih koleksi resepnya mamak diah didi :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..di telan bulat2 ya Mak..habisnya suka melawan dan berontak ciloknya kalau di telan punyanya abang2 itu..^_^

      Delete
  5. mbak Diah....,aku request dong. lagi ngiler pingin cilung abon nih...,mungkin mbak Di punya resepnya. cari2 yang pas, ga nemu juga.
    kalo sudah diposting ya mbak...,makasih

    ReplyDelete
  6. Mbak ada trik biar ciloknya enggak lengket2 pas sblm direbus enggak?
    Kan pas ngebulat bulatin ciloknya d taruh d wadah dlu, klo sudah semua d bulat bulatin bt direbus semua, nah pas d wadah itu coloknya nempel nempel, alhasil pas masukin ke panci mesti dibulatin lg biar bntuknya tetap bulat.
    klo bikinnya 1 resep sih masih gpp bulatin ulang tp klo lg bikin banyak ya lumayan jugaa ya mbaa...
    help me ya mbaa...

    ReplyDelete