Thursday, January 10, 2013

Bongko Kacang Tholo


Tadi malem periksa ke dokter kandungan buat check up rutin buat si kecil di perut...eh dapet teguran lagi dari dokter. Supaya mengontrol pola makan dan diet dikit biar si baby dan ibu gak terlalu ndut..hahaha. Mentang2 lagi hamil dan nggak diet2 an..dan udah doyan makan.....jadinya makan terus dech..maaf ya Pak Dokter..oke dech..mulai masuk 7 bulan ini mau makan yang sehat2 aja..nasi merah dan lauk yang di kukus2 atau sayur2 an yang byk. Tapi...masih boleh bikin kue atau cake gak ya..boleh aja ya..yang penting praktek..ntar di bagi2 aja..tapi kalau enak..ya nyicip dikit..hihi..*dasar bandel..*
Back to menu sehat..jadi ingat sama makanan jadul2 yang sebenernya sehat dan tentu saja enak..emoh juga kalau makan makanan sehat   , tapi tidak enak di makan..hihi..bisa2 malah kalap ntar kalau buat makanan enak. Nah salah satu menu jadul khas Jawa yang sehat dan murah meriah adalah bongko kacang tholo ini. Rasanya enak sekali...apalagi buat aku yang memang suka kacang tholo. Di gado sambil nyeplus cabe rawitnya saja udah enak..bisa juga buat lauk. Jadi mau coba masakan enak dan sehat..cobain dech..

Bahan :
  • 250 gr Kacang tolo
  • 1/2 btr Kelapa yang muda, parut
  • Daun pisang secukupnya
  • Areh santan kental secukupnya, dari santan kelapa yang di rebus sampai kental dan di ambil bagian kepala santannya ( aku pakai santan kentalinstan *Bumas* ukuran kecil, di rebus sebentar terus di campur sama 1  buah putih telur dan sedikit garam ) , tapi ini optional..nggak pake juga tetep enak.
Bumbu:
  • 3 siung Bawang putih
  • 1/2 sdt Ketumbar
  • 1 ptg Lengkuas, memarkan
  • 1 ruas jari Kencur
  • 2 lb Daun salam, potong2
  • 1 sdm Gula merah
  • 1/2 sdm Garam
  • Cabe Rawit secukupnya
Cara Membuat :
  • Rendam kacang selama 3 jam, sampai lunak, rebus  lalu tumbuk kasar. Haluskan bumbu kecuali daun salam dan lengkuas.
  • Campur kacang tumbuk, kelapa parut, lengkuas, daun salam dan bumbu halus hingga rata.
  • Bungkus adonan dengan daun pisang , beri 1 sendok adonan areh santan dan 1  buah cabe rawit, kukus hingga matang, kurang lebih 20 menit. angkat, sajikan.

No comments :

Post a Comment