Tuesday, July 11, 2017

Sosis Solo Ala Warung Soto Mba Lien Semarang


Minggu kemaren kita makan Soto Kudus di Warung makan soto Kudus Mba Lien. Seperti biasa aku foto-foto aja dan aku upload di instagram...Soto dan lauk pendampingnya. Salah satu yang menarik perhatian teman-teman adalah Sosis Solo basah ala Mba Lien ini. Warung Soto Mba Lien ini aslinya Soto Kudus..tapi herannya salah satu menu pendamping Soto yang sangat terkenal adalah Sosis Solonya...hihi. Sosis Solo ala mba Lien ini versi basah, di kukus. Isinya juga beda, lebih basah, moist dan bercitarasa gurih manis. Ada campuran daun bawang yang agak banyak, jadi citarasanya khas. Kulitnya lembut dan enak sekali...telurnya banyak.

Judulnya panjang dan komplit...hihi. Biar detail dan nggak pada di protes, Misal..ada aja kadang yang komen begini : " Sosis Solo kok bentuknya begitu..atau isinya kok begitu...atau..kalau di tempat Saya nggak begitu..dll. Aku agak males berdebat soal suatu makanan. Karena menurutku ilmu makanan atau kuliner daerah itu adalah hal yang selalu berkembang seiring berkembangnya jaman. Makanya setiap resep aku kasih judul sendiri-sendiri ya teman-teman..jika membuat suatu resep..misal versi jadul, modifikasi dll. Nah..Resep Sosis Soloku kali ini rada nyleneh bentuknya memang..karena aku ikutan ala Warung Soto mba Lien di Semarang. Jika biasanya Sosis Solo di gulung rapi seperti lumpia atu risol, di Warung mba Lien ini cuma di gulung ala kadarnya saja..hihi.

Jika menemukan suatu resep berbeda, misal kulit Sosis Solo ada yang memakai Maizena, Tapioka, dll..daripada protes, lebih baik aku coba, jika suka ya..oke..bisa jadi alternatif, jika nggak ya sudah..cukup sekali itu coba. Dan setelah mencoba berbagai resep kulit Sosis Solo Basah, akhirnya aku lebih cocok pakai hasil utak atikku sendiri, pakai Tepung terigu sedikit dan telurnya banyak..jadi hasilnya lembut tapi kuat...nggak mudah sobek.  Tak jarang aku sering melihat banyaknya perselisihan atau perdebatan soal perbedaan resep-resep seperti ini, misal di grup-grup masak, di instagram..kalau aku prinsipnya saling menghargai aja. Misal resep Nasi goreng atau Ayam Goreng aja..beda-beda lho tiap penjual atau tiap rumah ya...jadi..hargailah ya pemberi resep ya teman-teman...hihi. Jika suka di coba, jika tidak..abaikan saja.

Untuk isinya Sosis Solo ala mba Lien ini masih jadi pemikiranku selama ini, langsung di kukus dari  Ayam mentah berbumbu atau di tumis dulu.  Walau mengarang indah, karena sudah sering makan di situ, akhirnya aku tadi mencoba membuatnya...ayamnya aku tumis dulu dech. Dan rasanya alhamdulillah udah mirip. Aku test rasa ke Budhe sayur udah enak katanya. Jadi, baiklah..aku cata dulu hasil uji cobaku tadi ya..yang menurutku udah mirip sama yang di mba Lien, nanti jika aku coba lagi dan ada yang aku improve, nanti aku tulis ulang dech.

Sosis Solo Basah ala Warung Soto mba Lien

Bahan Kulit :
5 butir telur
2 sendok makan terigu, larutkan dengan 50 ml air
2 sendok makan minyak goreng
1/8 sendok teh garam

Mixer sebentar semua bahan hingga rata dan halus, saring jika perlu, buat dadar kecil-kecil saja jangan terlalu lebar.

Isi Sosis Solo Basah :
300 gram Daging Ayam bagian Dada, cincang 
2 batang daun bawang, iris halus
1 sendok makan Kecap manis
1/2 sendok teh gula pasir
1/2 buah Bawang bombay, cincang
2 butir bawang merah, iris tipis
1 siung bawang putih dan 1/4 merica butiran, haluskan

Cara membuat :
Tumis Bawang bombay dan bawang merah hingga harum
Masukkan bumbu halus, aduk hingga bumbu matang
Masukkan Ayam dan daun bawang serta bumbu lain, aduk rata dan masak hingga ayam matang
Koreksi rasa, sudah pas sesuai selera belum gurih manisnya

Ambil selembar kulit Dadar, isi dengan adonan isi, Gulung asal saja sambil agak di padatkan
Kukus 15 menit hingga lembut kulitnya
Dinginkan
Sajikan dengan cabai rawit

2 comments :

  1. Matur suwun budhe didi...mau bikin sembari nungguin lairan...

    ReplyDelete
  2. Matur suwun budhe didi...mau bikin sembari nungguin lairan...

    ReplyDelete