Sunday, July 30, 2017

Hotteok Isi Kacang Hijau


Beberapa waktu lalu, nonton afc ada chef Judy Joo lagi bikin Hotteok. Uniknya adonannya ngga di uleni, tapi cukup di campur2 aja, terus di diamkan hingga mengembang. Di isi, lalu di goreng. Jadi Hotteok ini adalah jajanan pinggir jalan di Korea yang di goreng dengan cara yang unik...di wajan datar....dan sewaktu menggoreng itu sambil di pipihkan. Jadi bentuk kuenya memang bulat pipih, dan harus di makan panas-panas...waktu isiannya masih meleleh. Isinya yang original itu gula merah dan kacang. Jadi ketika di nikmati panas, kuenya renyah, lembut, dan isinya meleleh..enak sekali.

Walau belum pernah menikmati di Korea langsung, tapi aku sering bikin sendiri di rumah beragam versi..baik yang isi original atau yang isi modifikasi modern. Nah kebetulan kemaren punya stok kumbu kacang hijau, aku bikin aja untuk isian Hotteok, ternyata enak banget juga. Cocok kok kumbu kacang hijau jadi isian Hotteok ini...😊😊

Kembali lagi ke masalah adonan Hotteoknya. Tehnik mba Judy Joo ini mudah sich...hasilnya juga renyah dam empuk...tapi pas anget.  Jika udah dingin kok agak gowey..Agak liat gitu. Tapi mungkin karena ciri khas Hotteok nya memang harus di makan dalam kondisi panas. Tapi dari segi praktisnya..ini rekomended untuk teman-teman yang ngga mau ribet nguleni adonan ya 😊😊

Ok..langsung saja ya aku share resepnya. Tips dari aku...timbang bahan dengan benar ya, agar hasil adonan pas, jika tepung kurang, adonan bisa lengket susah di bentuk. Jika agak lengket, setelah adonan terfermentasi, taburi tepung sedikit ya tangan kita, waktu membentuk nya. Waktu fermentasi juga di perhatikan ya...tergantung cuaca sich...yang penting hingga adonan jadi dua kali lipat aja..cukup. Waktu menggoreng, gunakan pan anti lengket, k minyak tidak perlu terlalu banyak, api sedang agak kecil aja agar matang sempurna ya. Dan yang penting...sajikan hangat agar lebih enak. Untuk isian bebas sich..aslinya gula merah plus kacang sangrai cincang. Tapi bisa di isi selai coklat...Nuttela, dll. Aku aja isi kumbu kacang hijau...enak kok...
Selamat mencoba ya...

HOTTEOK TANPA DI ULENI

Bahan :
360 susu cair, hangatkan hingga suam kuku, masukkan 7 gram ragi Instan dan 2 sendok makan gula. Aduk rata, diamkan 5 menit hingga berbuih. ( waktu menghangatkan susu jangan terlalu panas / mendidih ya agar ragi tidak mati )
Ayak 225 tepung terigu protein tinggi, 150 gram tepung ketan, 20 gram maizena, dan 1/4 sendok garam halus.
Tuangin adonan susu dan ragi yang sudah berbuih tadi. Aduk rata dengan spatula.
Diamkan hingga mengembang dua kali lipat.
Kempiskan adonan untuk membuang gas di adonan, diamkan kembali hingga mengembang kembali
Uleni adonan sebentar. Taburi tepung jika agak lengket.
Bentuk adonan memanjang, potong-potong sesuai selera ukurannya.
Ambil satu buat adonan, bentuk bulat pipih, beri isian, dapatkan bagian bawah , lakukan hingga adonan habis.
Goreng di minyak yang sudah di panaskan hingga matang bolak balik, sambil di tekan dengan spatula hingga pipih ya.
Sajikan hangat.

No comments :

Post a Comment