Monday, July 17, 2017

Sosis Solo Goreng, dengan resep kulit baru


Apa kabar teman-teman ? Maaf weekend kemaren blong lagi nggak bisa posting. Kemaren ada syuting di dapurku bersama produk Medina, produk baru pernak pernik dapur yang oke banget. Ntar jika udah jadi videonya, aku post di web ya. Rencananya video resepnya mau tayang di V blognya Medina.

Seneng sich bekerja sama dengan pihak luar gitu jadi bisa belajar banyak. Dulu aku pernah syuting bareng Kongbap, Primera  Panko, Gulanas dll..jadi bisa berkreasi dengan banyak resep dan lebih bisa mengasah skil untuk videography juga. Video-video nya bisa di liat di chanel You Tube aku ya..di www.diahdidi.com. Cuma memang kalau Video yang profesional gini kalau buat sendiri mahal biayanya hahah..jadi nunggu ada kerjasama dengan pihak luar biar ada sponsor...lol..!

Oke, salah satu menu yang aku masak untuk Video kemaren Sup Timlo Solo komplet, nah salah satu isi dari Sup Timlo itu adalah Sosis Solo Gorengnya. Ini wajib ya..ciri khas dari Sup Timlo Solonya. tapi karena waktunya kemaren cuma terbatas, aku udah masak 6 resep di video, jadi Sosis Solonya nggak ikut aku buat prosesnya di video, tapi aku siapin sebelumnya. 

Jadi aku share lagi aja ya di sini, walau sebenernya di webku udah banyak resep Sosis Solo, tapi aku suka trial beragam versi agar tidak bosan juga dan aku sesuaikan fungsinya. Misal kemaren karena untuk pelengkap Sup Timlo Solo, otomatis, aku butuh yang kokoh kulit luarnya agar tidak lembek. Jadi yang baru adonan kulit aku sesuaikan lagi ini ya teman-teman. Kalau adonan isi sich hampir sama...:)

Oke, langsung saja aku share ya resepnya. Oh ya bikin kulitnya jika mau cepat dan praktis pakai Wajan Kewalik ya. Belum punya Wajan Kewalik ?..Aku ada stok banyak...hihi..wa aja ya 089654712500 ya...jika minat. Ini resep kulit Sosis Solo yang kokoh, dan nggak perlu di balut telur waktu menggorengnya..tapi tetap lembut karena pakai telurnya banyak.

Sosis Solo Goreng 

Bahan Kulit :
300 gram tepung terigu protein sedang
500 ml air
4 butir telur ukuran sedang
1/2 sendok teh garam

Bahan Isi :
300 gram daging ayam bagian dada, rebus dan suwir halus.
5 siung bawang merah
2 siung  bawang putih
1/2 sendok teh merica bubuk
1 sendok teh bumbu kaldu ayam bubuk
1 - 2 sendok teh gula pasir ( sesuai selera ya manisnya )
50 ml air

Cara Membuat :
Campur semua bahan kulit, aduk rata, saring hingga adonan halus dan tidak menggerindil

Isi : Haluskan bawang merah dan bawang putih, tumis hingga harum. Masukkan ayam. Aduk rata.
Tambahkan air dan bumbu-bumbu lain. Aduk sampai bumbu meresap  dan kering. Koreksi rasa. Dinginkan.

Buat dadar kulit tipis dengan wajan kewalik.
Ambil selembar kulit Sosis, isi dengan sedikit bahan isi. Bentuk seperti lumpia...tapi lebih kecil dan panjang. Lem ujungnya dengan putih telur. Goreng hingga kuning kecoklatan.
Tips :
Sosis Solo di atas bisa di siman jadi frozen food ya teman-teman, kulitnya kokoh kok, nggak mudah pecah. Simpan dalam wadah tertutup, nanti jika mau goreng bisa sedikit-sedikit, diamkan suhu ruang dulu. Enak  banget dech..sekali makan nggak cukup satu..atau dua..atau tiga..hihi. Jika mau mengurangi minyak, Sosis Solo ini juga oke di goreng denga Air fryer lho...aku sering dan rasanya sama enaknya.



8 comments :

  1. Assalamualaikum. Bersua lagi nih bunda. Wah enak nih. Harus segera beli ayam nih hehehe. Bisa buat menu bekal suami. :-D

    ReplyDelete
  2. Mbak Diah, kalo digoreng dg air fryer, wkt dingin gak keras/alot? Mohon info.
    Terima kasih
    Sisca - Surabaya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nggak kok mba..kan kulitnya lembut :)

      Delete
    2. O gitu ya mbak. Saya lagi mikir2 beli air fryer.
      Sisca - Surabaya

      Delete
  3. Resep kulitnya bisa untuk risoles jg gak mba?

    ReplyDelete
  4. maaf, dadar dengan wajan kebalik itu bagaimana caranya....

    ReplyDelete
  5. Mbak diah salam kenal ya. Saya laila. Mbak mau nanya enak mana isian yang ada santannya dengan yg ga ada santannya ? Kalau yang ada santannya di jadikan frozen food apa cepat basi ?

    ReplyDelete