Monday, July 3, 2017

Lepet Khas Bodo Kupatan


Libur telah usai ya teman-teman..buat yang kerja..hihi. Kalau anak-anak sekolah sich masih libur ya. makanya habis Lebaran kemaren Yodha minta Khitan..alhamdulillah udah lega jika punya anak cowok udah di khitan. Tunai sudah satu kewajiban sebagai orang tua. Pas Khitan sich senyum-senyum..tapi setelah perawatannya yang agak repot Yodha masih suka manja..hihi. Jadinya agak terlambat lagi dech posting-posting di web...plus banyak tamu terus ke rumah nengokin Yodha yang Khitan. Alhamdulillah sekarang udah hampir pulih.

Seminggu sudah Lebaran berlalu ya teman-teman. Eh..tapi kalau di Semarang kemaren Lebaran lagi lho..hihi. Namanya Bodo kecil atau Bodo Kupatan. Menurut sejarah sich ini adalah tradisi dari para wali agar umat Islam di Jawa Tengah sini mau berpuasa sunah setelah Lebaran jadi ada Lebaran lagi. Pokoknya kalau di Jawa Tengah itu makan Ketupatnya ya waktu Bodo Kupatan..lebih meriah masaknya. Makanya harga-harga di pasar belum beranjak turun..hihi..lha kemaren masih Lebaran.

Tapi..kalau aku nggak pernah masak Opor dll lagi sich...udah mblenger. Salah satu yang aku tunggu kalau Bodo Kupatan adalah Lepet. Tapi nggak buat sendiri, biasa di kasih mertua aja. Mertuaku termasuk rajin bikin Kupat dan Lepet, terus di bagi-bagi ke anak-anaknya. Enak dech anak-anaknya tinggal makan..hahah.
Kalau aku males membungkusnya..agak ribet...hihi.

Tapi memang Lepet ini enak, rasanya gurih dan legit. Padahal cara pembuatannya ya sederhana saja sich, seperti membuat Kupat tapi dari Beras Ketan dan Kelapa, serta garam..udah gitu aja bahannya. Cuma membungkusnya yang perlu telaten, pakai di ikat-ikat segala agar tidak bocor. Kalau di daerah lain mungkn pakai campuran Kacang Tholo ya..tapi kalau ala Semarang nggak pakai. Lepet ini rasanya gurih sekali...legit, enak lah pokoknya.

Yang belum pernah makan dan mau coba, ini aku tanyakan resepnya ke Ibu mertuaku ya :
Lepet

Bahan :
Beras Ketan 1 kg
Kelapa 1 butir kecil, parut panjang
Garam 1 1/2 sendok teh atau sesuai selera

Cara membuat :
Rendam Beras Ketan, minimal 1 jam, tiriskan
Campur dengan Kelapa dan garam
Aduk rata
Bungkus dengan janur
Ikat dengan tali
Rebus 2 jam atau hingga matang
Anging-anginkan agar Lepet lebih awet ya...sajikan jika udah dingin


No comments :

Post a Comment