Wednesday, July 19, 2017

Ayam Panggang Madu


Help me.........teman2...:D

Sudah ngebut menyelesaikan kerjaan satu demi satu, masih aja belum selesai semua....hihi. Akhirnya pasrah pada waktu dech..mana dulu yang bisa aku kerjakan aku kerjakan dulu. Dan beneran..mau posting di web aja tertunda terus....huhu. Ayuk semangat ...semangat....! Memang aku nggak mau maksain diri lembur, terus tidur larut malam seperti dulu, soalnya resikonya lebih besar..bisa masuk angin..dan bakalan nggak bakal selesai semua kerjaan malahan jika sakit..hihi. 

Oke..sekarang share resep praktis dulu ya...menu makan malam Yodha tadi. Buatnya juga praktis, pakai air fryer aja. Jika nggak ada air fryer, bisa di panggang di oven ya teman-teman. Nggak punya oven, panggang di teflon, tapi tentu lebih lama ya jika di panggang di teflon matengnya. Kalau pakai air fryer atau oven kan sirkulasi panas merata atas bawah kena panas, jadi lebih cepat matangnya. Tadi aja aku tinggal mandi aja manggangnya..udah mateng sendiri. Yang mau tau tentang Air Fryer, silahkan lihat ulasanku di SINI ya...teman-teman.

Ayam Panggang Madu ini super duper praktis, nggak perlu repot, tinggal campur semua bahan dan bumbu, diamkan hingga meresap, panggang dech. Cocok juga buat menu bekal  anak-anak nich teman-teman. Campur Ayam dan bumbu dari malam, diamkan di kulkas semalaman, udah dech..pagi tinggal panggang aja..nggak repot dan cepat. Agar lebih cepat matang dan gurih, pakai bagian sayap Ayam ya...dan juga lebih gurih hasilnya.

Oke....langsung aja ya..aku share resepnya. Tips lainnya...gunakan ayam yang fresh ya teman-teman..agar lebih gurih dan tidak amis, jika langsung di panggang seperti ini. Beli aja di pasar tuch...murah meriah..dan pastinya fresh. Tapi pilih juga Ayamnya yang masih nampak segar ya teman-teman..tandanya kulitnya masih segar, belum layu. Karena banyak juga pedagang di pasar yang nakal..jualan kemaren yang nggak laku, di taruh kulkas dan di jual lagi. Jika begitu..sama aja dapat ayam yang nggak fresh juga dan sudah pasti amis rasanya...hihi.
Ayam Panggang Madu

Bahan :
1/2 kg Ayam bagian sayap, potong jadi dua bagian
1/2 buah bawang bombay, cincang halus
2 siung bawang putih, cincang halus
2 sendok makan Madu ( aku pakai Madur*** yang murah dan praktis nggak terlalu neg..hihi..nggak tau aku kurang suka madu asli, tapi kalau merk ini..oke buat masak...)
1 sendok makna saus sambal
1 sendok makan saus tomat
1 sendok makan kecap
1 sendok teh kaldu jamur / ayam, atau garam sedikit aja  / sesuai selera
1/2 sendok teh gula pasir 
1sendok teh merica hitam

Cara membuat :
Campur semua bahan, remas-remas agar bumbu menyelimuti ayam
Masukkan wadah tertutup atau kantong plastik, simpan di kulkas minimal 2 jam
Letakkan di loyang, oven hingga matang. Karena aku pakai Air fryer, aku alasi dengan daun pisang
Panggang sekitar 20 menit jika di Air fryer, atau tekan tombol ayam. Jika oven ya sekitar segitu juga suhu 170 c ya. Selamat mencoba.


2 comments :

  1. Makasih banyak mak di resep-resepnya menginspirasi sekali...selamat ini cuma JD silent reader,. Elly-manado

    ReplyDelete
  2. Hai Mbak Diah.. makasih banyak ya Mbak atas resep-resep yg sudah dishare.. Oiya saya mau tanya Mbak, ayam yang sudah dibumbui cukup disimpan di kulkas saja atau harus di freezer? kalau disimpan di kulkas semalaman, apa ayamnya masih cukup segar untuk dipanggang besok paginya? terimakasih sebelumnya ya Mbak..

    ReplyDelete