Google Ad

Saturday, April 28, 2018

Nasi Goreng Kunyit


Malam semua...:)

Menu padu padan lagi ya teman-teman. kali ini padu padan menu bekal. Bisa untuk bekal anak, bekal suami atau bekal sendiri ke kantor. Kalau aku jarang bawa bekal, nggak pernah malah..hihi..lha nggak pernah ke mana-mana di rumah aja. Kalau Yodha udah makan di sekolah, jadi jarang bawa bekal nasi. 


Suami juga nggak mau di bawain bekal, karena suka makan hangat, makan siang di luar kantor, kalau bawa bekal nasi kan udah dingin jika di makan siang. Jadi ini edisi iseng aja masukin menu ke kotak bekal...haha. Semoga bisa menjadi inspirasi buat teman-teman yang menyiapkan bekal untuk keluarga ya.

Kebetulan koleksi kotak bekalku lumayan banyak..jadi sayang jika tidak di pakai. Nggak beli sich, dapat gratisan semua, hasilnya endorse hahaha. Ada kali 10 an kotak bekal di lemari dapurku..jadi buat properti foto aja sesekali. 

Inspirasi menu padu padan bekal kali ini, ada Nasi Goreng Kunyit, ada Udang Goreng Kipas, Acar kuning sayuran, dan Bakso Bakar. Semua resep udah pernah aku share, kecuali Nasi Goreng kunyit. Nasi goreng terinspirasi ala Thailand, tapi aku sesuikan lidah lokalku hihi. Enak gurih dan nggak mbosenin, tanpa kecap. Cocok untuk anak-anak atau dewasa. Jika untuk dewasa bisa pakai cabai rawit, pasti lebih sedap.

Oh ya tips membuat Nasi goreng yang enak, gunakan api besar ya teman-teman, jadi bumbu-bumbu akan tercampur dengan baik dan aromanya akan lebih sedap. Selamat mencoba ya teman-teman jika suka.
Nasi Goreng Kunyit

Bahan :
300 gram Nasi putih yang sudah dingin, yang mawur
1 buah wortel kecil, potong dadu
50 gram kacang polong ( bisa di ganti buncis muda jika mau lebih ekonomis...hihi )
50 gram  kacang mete, goreng
2 buah cabai merah, potong bulat
2 bawang merah, iris tipis
1/4 bawang bombay, iris tipis
1 siung bawang putih, geprek
2 ekor udang segar
1/4 sendok teh kunyit bubuk
1/8 sendok teh merica
1/2 sdk teh kaldu jamur
1/8 sendok teh gula pasir

Cara membuat :
Tumis bawang putih, bawang merah, bawang bombay, hingga matang dan harum
Masukkan wortel, kacang polong, cabai merah
Tumis hingga sayuran matang, tambahkan kunyit bubuk, aduk rata
Masukkan nasi, dan semua bumbu
Masak hingga meresap
Koreksi rasa
Terakkhir taburi kacang mete goreng
Sajikan hangat
Untuk lauknya, ada Udang Kipas, resep di SINI
Ada Acar kuning sayuran, resep di SINI
Ada Bakso Bakar, resep di SINI


1 comment :

  1. Nasi goreng kunyit memang resep masakan yang juga saya sukai. Karena itu sangat simple sekali apa lagi dengan campuran lauk yang begitu pedas tambah sedapnya. Terima kasih Bunda Diah sudah mau berbagi resep masakan nasi goreng yang enak itu.

    ReplyDelete

Google Ad

Diah Didi YouTube Channel