Google Ad

Monday, April 16, 2018

Mie Goreng Hijau Sawi



Kemaren aku buat Mie homemade lagi. Kali ini aku buat warna hijau dari Sawi Hijau.  Salah satu pewarna alami untuk Mie yang paling mudah di dapat. Ada yang menanyakan..kenapa pakai Sawi, nggak pakai daun Suji. Ya..karena memang yang paling mudah di cari ya Sawi ini..bisa di beli di pasar. Kalau daun Suji kan agak susah carinya. Seandainya punya daun Suji sich enak juga ya lebih bagus mesti warnanya. Tapi hari gini susah cari daun Suji. Kebanyakan daun pandan aja yang banyak. Seperti di kebun kecilku di belakang juga yang banyak pandan..hihi.


Kemaren bikin Mie ini pakai acara heboh cari pemotong Mienya. Kalau penggilingnya ada..eh giliran cari pemotongnya nggak nemu hahah. Dasar akunya pelupa, atau kebanyakan barang di dapurku ntahlah. Kadang suka meletakkan barang terpisah gitu, jadinya gini dech...lupa tempatnya.  Akhirnya aku giling pakai penggiling mie, tapi motongnya aku potong pakai pisau manual aja. Jadinya lumayan dech..walau nggak sama ukurannya hahah.

Cara mudah memotong mie pakai pisau manual, setelah adonan halus di tipiskan dan licin, lumuri tepung sagu, lalu lipat hingga tebal. Selanjutnya tinggal di potong-potong kecil. Nanti tinggal di uraikan aja mienya. Selanjutnya, tinggal di rebus saja hingga matang. Agar Mie lembut, kuncinya kita harus menggiling beberapa kali ya teman-teman hingga halus adonan dan licin.

Kalau lihat di Afc itu pembuat mie tradisional ada yang pakai bambu, di pukul-pukul...hihi. Atau di tekan-tekan pakai bambu adonannya. Tujuannya agar adonan lemes ya..jadi mienya bisa lembut dan lentur. Kalau jaman now sich, tinggal di gilas aja pakai gilingan mie hingga licin berkali-kali..beres ya..hihi.

Oke, aku kasih resepnya ya teman-teman, selamat mencoba....

Mie Hijau Sawi

250 gram terigu protein tgg, 100 gram sagu / tapioka, 2 btr telur, 4 sdk makan air sari sawi hijau, dari 100 gram sawi , bisa di blender dengan sedikit air atau food processor. Jika mau lebih hijau warna, pakai food processor, jadi bener2 sari sawinya saja, saring. Aku tadi pakai blender, jd tadi kebanyakan air..jadi hijaunya soft 😅😅 Campur semua bahan, aduk hingga bergumpal, giling di gilingan mie beberapa kali hingga tipis, licin dan halus adonannya, potong2, rebus hingga matang.

Toping

250 gram ayam giling
50 gram jamur kancing, rebus, potong2
1 sdk mkn kecap asin Menjangan
1 sdk teh gula pasir
1/4 sdk teh merica
4 siung bawang putih, cincang halus

Cara memasak :

Tumis bawang putih hgg harum
Masukkan ayam, aduk hingga berubah warna
Masukkan jamur, bumbu, kecap asin Menjangan , dan sedikit air
Masak hingga mengering
Koreksi rasa

Kuah :
1000 ml air kaldu ayam bening
2 siung bawang putih, goreng, geprek
1 sdk teh kaldu jamur
1/4 sdk teh merica
1/2 sdk teh gula pasir

Masak semua bahan hingga mendidih, koreksi rasa.

Pelengkap :
Bakso
Sawi hijau rebus
Pangsit goreng
Daun bawang
Kecap manis
Saus
Sambal


2 comments :

  1. thanks for the recipes, sangat membantu sekali dalam membuat mie yang sehat :)

    ReplyDelete
  2. ini mie goreng atau mie kuah mba?

    ReplyDelete

Google Ad

Diah Didi YouTube Channel