Google Ad

Wednesday, April 11, 2018

Gudeg Basah pakai Slow Cooker


Akhirnya kembali bisa masak pakai Slow cooker lagi, dulu punya udah pecah, mau beli lagi lupa terus, dan keseringan pakai panci Presto juga jadi malas pakai slow cooker haha. Tapi karena ini dapat gratis ya harus di pakai ya tho.

Dan kebetulan beberapa waktu lalu banyak teman yang menanyakan resep Gudeg pakai Slow cooker bisa atau tidak. Nah ini kemaren aku uji cobakan nich teman-teman. Bisa kok. Tapi hasilnya nggak bisa kering ya Gudenya. Tetap berkuah, karena tingkat penyusutan air waktu memasak Slow cooker itu sangat rendah. Sementara, waktu memasak Gudegnya, Nangka mudanya harus terendam santan. Jadilah Gudeg berkuah atau di Yogya di kenal dengan nama Gudeg basah.

Sering ada yang nanya, beda Gudeg basah sama sayur Nangka apa..ya beda lah..dari segi rasa juga beda. Kalau sayur nangka itu di masak cepat, rasanya cenderung gurih ringan, seperti lodeh tapi nggak pedes. Kalau Gudeh basah ini, walau berkuah tapi proses masaknya tetap seperti Gudeg , yaitu minimal 7 jam. Bumbu juga lebih cenderung manis gurih legit kalau Gudeg.

Tapi Gudeg Basah ini enak juga kok teman-teman..hihi. Paling cocok di makan sama sambal tomat yang pedas atau sambal bawang.Lauknya paling cocok pindang goreng, ikan asin layur, rempeyek teri atau rebon, tempe goreng garit..hemm...sedep dan enak semua itu hahah.

Cara memasak Gudeg di slow cooker itu mudah, tinggal masukin semua bahan ke dalam slow cooker, tekan tombol slow, biarkan semalaman, kita tinggal tidur, matang dech. Pagi hari udah matang bisa buat sarapan..praktis kan. Jika mau Gudeg versi kering, tinggal kita panaskan di kompor biasa hingga kuah habis.

Kalau di rumahku biasanya dua versi cara makannya. Pertama itu di makan jadi Gudeh basah, jika udah bosan di  panasin  jadi Gudeg kering terus di makan bersama Sambal goreng krecek dll. Enak semua. Oke, resep masih sama kok...cuma aku sesuaikan besar kecilnya nangka biasanya bumbunya. Mudah kok di koreksi rasa aja rasanya waktu di tengah-tenagh proses masak.

Bahan :
1 nangka muda ukuran sedang
300 gram koyor sapi ( urat sapi yang alot , tapi jika di masak bersama gudeg akan empuk lembut dan membuat Gudeg makin sedep rasanya )
8 bawang merah
6 kemiri
4 bawang putih
1 sdk mkn ketumbar
1000 ml air kelapa
1000 ml santan kental
100 gram - 150 gram gula merah
1/2 sdk makan garam dulu, nanti di tambah di akhir jika sudah di cicipi
6 lbr daun salam, 4 cm lengkuas, 3 serai, 4 lembar daun jeruk
Masukkan semua bahan, masak api kecil atau slow cooker tombol low semalaman.

2 comments :

Google Ad

Diah Didi YouTube Channel