Google Ad

Wednesday, April 4, 2018

Soto Kemangi Khas Yogya


Soto...salah satu makanan favoritku. Tak pernah bosan aneka jenis Soto apalagi Soto ala Jawa yang seger dan enak-enak.  Aku sering masak Soto, tapi yang paling aku suka adalah Soto ala Yogya yang bening ala Soto Kadipiro atau ala Soto Kotagede.


Ada salah satu Soto unik khas Kotagede Yogya, namanya Soto Kemasan atau di kenal juga dengan nama Soto Kemangi. Sotonya bening seger dan di sajikan dnegan lalapan Kemangi. Soto pakai Kemangi, nampak aneh ya teman-teman ?

Tapi percayalah enak kok seger. Makan soto panas-panas sambil lalap kemangi, jadinya tambah seger. Aroma Kemangi yang seger dan aromatik membuat Soto ini jadi unik rasanya. Apalagi kalau makan di warung, sambalnya langsung di gerus di mangkuk, jadi makin kemepyar fresh. Kalau aku bikin Sambal rawit aja kemaren.

Oh ya yang unik lagi dari Soto Kemangi ini adalah pelengkapnya yang minimalis dan unik. pakai Tahu Bacem. Yupp...Soto di Yogya memang unik...dulu kalau di tempatku di Yogya, ada yang jualan Soto keliling gitu juga pakai Tahu Bacem di iris-iris hihi. Mungkin biar isinya banyak ya, karena Soto di jual murah tentu jika banyak ayamnya bakalan rugi yang jual, maka di tambahkan Tahu Bacem.

Tapi karena dari kecil udah biasa makan Soto pakai Tahu bacem..menurutku kok malah enak banget hahah. Ada sentuhan rasa manis Tahu Bacem di tengah kuah Soto yang gurih, makin sipp rasanya. Cobain dech teman-teman. Oke, aku share ya resepnya.

Kemaren aku pakai Kaldu ayam kampung yang aku buat bening dulu.

Soto Kemangi

Bahan :
1000 ml air kaldu ayam kampung / pejantan bening
1 cm jahe, memarkan
2 lembar daun  jeruk
1 batang serai
1 sendok teh kaldu ayam
1/2 sendok teh gula pasir
Garam secukupnya
Kecap manis secukupnya

Pelengkap :
Tahu Bacem secukupnya
Taoge pendek seduh air panas
Sambal rawit
Kemangi secukupnya
Bawang emrah goreng dan sledri cincang

Bumbu  :
3 siung bawang putih, haluskan
1/2 sendok teh merica butiran, haluskan
1 cm kunyit biarkan utuh

Cara Membuat :
Tumis bumbu halus dan kunyit hingga matang dan harum
Masukkan air kaldu dan semua bumbu kecuali kecap manis
Masak hingga meresap, koreksi rasa, masukkan sedikit Kecap manis agar warna kuah sedikit kecoklatan dan ada rasa manis sama-samar. Sedikit saja ya...karena waktu penyajian bisa di tambah lagi sesuai selera masing-masing kecapnya.
Sajikan hangat dengan pelengkap



2 comments :

Diah Didi YouTube Channel