Google Ad

Wednesday, April 18, 2018

Set Menu Komplet untuk Makan Malam


Beberapa hari ini lagi rajin bikin set menu, jadi menu lengkap untuk makan malam atau makan siang..yaitu lauk dan pelengkap yang cocok. Karena banyak teman yang sering wa  minta saran, kalau lauk ini cocoknya pendampingnya apa...dll. Ya oke lah..aku share aja sekalian ya teman-teman...apa yang aku masak sehari-hari untuk keluarga kecilku. Walau menu sederhana aja sich.


Tapi memang ciri khas aku menu ndeso gini kali ya..menu Indonesah banget ya hahah. Kalau bikin menu aneh-aneh kok malah pada kurang minat jika aku post di ig ya..hahah. Tapi memang menu-menu begini yang nggak bikin bosan ya jika tersaji di meja makan di rumah kita teman-teman.

Padahal ya menunya itu paling di bolak balik saja ya, misal hari ini aku rencana bikin Ayam bakar, tapi pas ngungkep ayam, itu waktu nyicipin terakhir waktu kuah udah habis dan mengental kok...malah enak rasanya bumbunya meresap..jadinya nggak jadi aku bakar haha. Lha terus jadinya apa itu ayamnya..? Tau ya..hahah. Semur kering mungkin ? Pokoknya ini enak...jadi bumbu gurih manis seperti semur tapi pakai rempah lebih lengkap, terus di masak hingga kuah habis dan bumbu mengental.

Jika mau bisa di teruskan jadi Ayam bakar sich. Tapi tadi aku nggak gitu aja enak. Untuk bumbunya, mudah saja kok..yuk simak resepnya. Kalau untuk Urap sudah pernah aku share ya di sini resepnya teman-teman.Tapi aku sahre lagi ya ngga apa-apa ya :


Urap Sayur sederhana
Bahan :
Bayam, kacang panjang, kol, wortel dan taoge. Rebus sayuran secukupnya ya.
Resep sambal urapnya : 
100 gram kelapa parut yang agak muda, 3 cabai merah, 2 cabai rawit merah, 1 siung bawang putih, 1/2 – 1 sendok makan gula merah ( sesuai selera ) , 1/2 sendok teh garam, 1 cm kencur, 1/4 sendok teh terasi bakar. Haluskan cabai, bawang, kencur, terasi dan garam. Masukkan gula merah, ulek rata dengan bumbu. Campur dengan kelapa parut. Koreksi rasa hingga pas rasanya. Bungkus daun pisang, kukus sebentar hingga matang.

Kalau Rollade singkongnya...benta tak cek dulu, udah pernah aku share belum ya yang versi ini...hihi..saking banyaknya versi rollade Singkong ya pernah aku sahre. Ini versi yang praktis, langsung campur tahu dan daun singkongnya, terus di celup adonan tepung. Oke dech, resep Ayamnya dulu ya..ini teman-teman. Ini aku namakan Ayam ungkep bumbu rempah aja ya..hahah.


Ayam Ungkep Bumbu Rempah

Bahan :
1 ekor ayam pejantan, potong-potong sesuai selera
2 lembar daun salam
1 batang sereh, memarkan
3 cm lengkuas, memarkan
1/2 sendok makan gula merah 
4 sendok makan kecap manis
1 sendok teh kaldu ayam dan garam secukupnya, atau garam aja jika suka
Air kelapa 600 ml

Bumbu halus :
6 siung bawang merah
3 siung bawang putih
4 butir kemiri
2 cm kunyit
2 cm jahe
1 snedok teh ketumbar
1/4 sendok teh merica butiran
1/8 sendok teh jintan 

Cara Membuat :
Tumis bumbu halus hingga harum dan matang.
Masukkan air kelapa dan semua bumbu lain, serta ayam
Tutup panci dan ungkep dengan api kecil hingga kuah habis dan mengental menyelimuti ayam ( Jangan lupa di tengah2 memasak di cicipi dulu sudah pas belum rasanya, sebelum kuah mengering )


Noted :
Jika mau di bakar, tinggal bakar aja atau panggang sebentar di teflon ya.

No comments :

Post a Comment

Google Ad

Diah Didi YouTube Channel