Google Ad

Friday, February 9, 2018

Urap / Gudangan Mentah



Menu sarapan, sekaligus makan siang tadi..hihi. Lha jam 11 baru sempat makan. Yodha dan papinya sarapan sandwich pagi, aku kok kurang suka sandwich. Jadi ke pasar dulu belanja. Di pasar nemu kecipir, seger masih muda gitu..jadi kepengen bikin urap atau gudangan mentah. Mahalnya tapi kecipir, 1 ikat kecil 5 ribu hihi. Jadi inget jaman kecil ibu suka nanam kecipir...jadi jika mau bikin urap tinggal petik.

Seandainya punya rumah yang kebunnya luas aku pengen nanam semua jenis sayur dan bumbu dapur hahah. Sekarang di halaman belakangku udah penuh pohon, ada pohon salam, pandan yang banyak, ada pohon jeruk sambel, jeruk lemon, ada serai, lengkuas, jahe, dll. Ada tukulan cabe juga banyak haha. Apa aja yang numbuh dech pokoknya. Dulu malah ada pohon pepaya juga sama jambu, tapi karena terlalu besar jadi harus di tebang saja.

Untuk urapnya aku buat bumbu mentahan aja semua, kecuali kelapa aku kukus sebentar. Sayurannya sesuai selera sich, tadi aku kecipir, taoge, kol, dan kemangi aja. Sebenernya akan lebih sedep pakai daun pepaya yang mentah gitu di iris halus. Tapi mau metik di halaman kok tinggi pohonnya, malas akhirnya sayuran seadanya. Jika mau pakai daun kunyit, daun kunci, dll. Dulu ibuku malah daun mangga yang muda juga enak di buat gudangan mentah gini hahah.

Makan urap mentah di padu sama mangut iwak pe, sisa masak tadi malam, wah memang cocok sekali. Kalau di Yogya, malah ada satu warung mangut yang terkenal juga, tapi Mangut lele, Warung Mangut lele bu Is, yang di sajikan dengan Urap atau Gudangan mentah juga, tapi cuma kecipir mentah yang di iris kecil-kecil sayur urapnya. Untung makannya pakai Nasi merah, jadi nggak kalap pengen nambah dech..karena nasi merah kan cepat mengenyangkan hihi. Pokoknya ini menu yang klop antara mangut iwak pe yang pedes sedep, di padu dengan urap sayuran mentahan yang kres seger. "Jangan di coba ya teman-teman..! Ini berat..karena pasti nggak akan kuat..nagihnya !"...hahah...lebay ala Dilan.

Untuk resep Mangut Iwak Pe nya...sudah sering aku post ya, jadi nggak aku posting ulang. Lihat saja di sini resepnya ya teman-teman...ada beberapa versi :

Versi original  klik di SINI

Variasi lain klik di SINI

Versi Mangut Cabai hijau klik di SINI,

Video yang mangut cabai hijau di sini :


Versi Mangut Kepala Manyung  klik di SINI
Nah aku mau share aja resep urap mentah atau gudangan mentah :

Bahan :
Sayuran mentah apa aja boleh, kalau versi Yogya biasa ada kecipir, ada daun pepaya muda, taoge dll. Cuci bersih, iris halus semua sayuran, kecuali taogenya ya

Bumbu, nah ini kuncinya yang bikin sedep..kudu pas takaran bumbunya :
150 gram Kelapa parut panjang, dari kelapa yang mudah, tapi sudah bisa di parut ( Bingung ? Bilang aja ke tukang kelapa, beli kelapa yang buat urap gitu, mereka pasti tau..hihi )
3 cabai rawit merah, 5 cabai merah keriting ( agar warna sambal urapnya cantik )
1 siung bawang putih
1 sendok teh terasi bakar
20 gram gula merah
1 cm kencur
1 lembar daun jeruk 
1/4 - 1/2  sendok teh garam

Cara membuat :
Ulek bumbu cabai, bawang, kecur, terasi dan daun jeruk bersama garam, tambahkan gula merah, ulek halus, tambahkan kelapa parut, aduk rata, cicipi hingga pas rasa manis gurihnya.
Aduk sayuran iris dan sambal urapnya
Sajikan

2 comments :

  1. Kudu aku tunjukin ke emak ku nih, keluargaku doyan banget urap begini.. Cuma aku yg nggak terlalu suka, hhh
    Entahlah, menurutku rasanya gimana ya.. Gitu lah, *loh kok jd curhat sih😂

    ReplyDelete
  2. Kalau aku suka tambahin asem jawa di bumbunya, rasanya jadi makin seger dehh..

    ReplyDelete

Google Ad

Diah Didi YouTube Channel