Google Ad

Wednesday, February 28, 2018

Mangut Iwak Manyung Asap plus Tahu Cabai Hijau


Menu sarapan pagi ini. Aku cek di freezer masih menyimpan Iwak asap jenis Manyung yang aku beli di pasar Gang Baru hari Minggu kemaren. Kalau ke pasar Gang Baru selalu kalap beli bahan makanan karena kualitasnya sangat bagus. Sayangnya pasarnya jauh..huhu...musti turun ke kota Semarang bawah. Aku yo tinggal di kota..hahah..tapi kota Semarang atas. Tapi suka sekali belanja ke kota Semarang bawah kalau hari libur, sekalian jalan-jalan, terutama di pasar Gang Baru ini, karena produk berkualitas ngumpul di sana. Sayuran aja serasa di supermarket, yang aneh-aneh macam Petterseli, kol ungu dll, ada lho di pasar dan lebih murah daripada beli di supermarket..hihi. Seafood juga kmplet dan seger-seger di sana.


Nah salah satu yang mesti aku beli jika ke pasar Gang Baru itu adalah ikan asap. Ntah itu Iwak Pe atau Manyung, semua fresh. Tapi kemaren nggak ada Iwak Pe atau Pari adanya Manyung yang banyak. Jadi aku beli itu aja. Aku simpan di freezer awet kok.

Sebelum di masak Iwak asap seperti ini, rebus dulu sebentar ya teman-teman, agar steril, kan di pegang-pegang banyak orang tuch di pasar..hihi. Dan juga untuk mengurangi amisnya, rebusnya di kasih sedikit jahe geprek. Di jamin nggak amis dech. Wangi aroma iwak asapnya..sedep aromanya membuat kuah olahan Iwak asap ini jadi makin sedep dan menggugah selera.

Untuk Bumbunya kali ini aku pakai bumbu cabai hijau yang iris aja, lebih seger rasanya. Jika mau lebih pedas, bisa di campur cabai rawiat hijau ya yang kecil-kecil itu. Tapi karena suamiku sekarang kurang suka pedes banget, aku pakai cabai hijau keriting aja. Jika di iris gini, walau memakai cabai banyak, tidak kan pedes sekali rasanya. Apalagi paling-paling kalau suamiku cabainya di siihin...hahah. Padahal enak banget lho cabai hijau keriting itu krenyes-krenyes sedep khas aromanya. Kalau aku sich tak makan semua cabainya..hahah. Dasar aku pemakan cabe...! Lol

Oke, langsung aja ya ini dia resepnya teman-teman...jika mau makin meresep, masak sore hari, pagi hari di panasi untuk sarapan, makin sip kuahnya dan rasanya. Selain Tahu bisa di campur Tempe juga ya, atau  Telur rebus, Terong juga enak, semua udah pernah aku masak, enak semua..hahah.
Mangut Iwak Manyung Asap plus Tahu Cabai Hijau

Bahan :
5 potong daging iwak Manyung Asap ( bisa di ganti ikan asap lain )
200 gram  Tahu, potong serong
20 buah cabai hijau, iris tipis serong
10 butir bawang merah, iris tipis
5 siung bawang putih, iris tipis
2 cm kencur, haluskan
1 cm kunyit, haluskan
2 lembar daun salam
2 cm lengkuas
1 papan petai, kupas belah jadi dua
Garam / bumbu kaldu secukupnya
Gula merah 1/2 sendok makan ( sesuai selera )
1000 ml santan cair / sedang
 
Cara Membuat :
Tumis bawang putih dan bawang merah sampai harum, masukkan kencur dan kunyit halus serta cabai iris, tumis sampai harum. Masukkan santan , dan semua bumbu-bumbu lain, didihkan. Setelah mendidih masukan iwak Manyung asap dan tahu. Masak hingga meresap api kecil. Cicipi rasanya. Setelah hampir masak masukkan potongan pete. Masak sampai kuah menyusut dan bumbu meresap. Sajikan.
Note :
menu seperti ini cocok di sajikan dengan Urap Sayur, Bothok Kelapa Teri, dan aneka gorengan.

Selamat mencoba.


5 comments :

  1. Jadi kangen semarang,paling sering masak mangut krn penghasil ikan asap di daerah barutikung deket tanahmas,2 taun di tangerang belum pernah masak mangut lagi. Jadi pingin hunting ikan pe asap ni��. Trims bunda buat inspirasi menunya.

    ReplyDelete
  2. Hi Mbak ...
    Sayah tadi udah eksekusi ....aromanya khas bgt ...sedap plus auran pete walaupun alakadarnya ..sing penting tambah nikmat. Utk bumbunya sayah mah di gerus ajah.
    Masakan ini dibawa utk maksi di Proyek ..suedaaaapp nyahhh ..
    Makasih ya Mbak, sll sering sesuatu yg sedap, simpel dan mudah.

    ReplyDelete

Diah Didi YouTube Channel