Google Ad

Wednesday, February 21, 2018

Ikan Pindang Salem Masak Santan


Menu masakan Ndeso lagi nich teman-teman. Ikan Pindang Keranjang masak Santan pedas. Menu seperti ini adalah menu penggagal diet no 1 hahah. Jika lagi diet jangan di coba ya..karena mesti baklan bikin nambah nasi waktu makan..lol..!

Menu simpel dan sederhana saja sich, tapi memang enak dan nglawuhi ( sangat menghabiskan nasi ). Kuahnya sedep gurih enak, di padu ikan pindang yang dari sononya juga udah ada gurihnya..paduan yang pas. Yang belum tau ikan pindang, itu ikan rebus yang di taruh keranjang bambu kecil-kecil, biasa di rebus udah di bumbuin jadi ada gurih-gurihnya. Ikannya jadi udah empuk.

Ikan Pindang ini banyak di jual di pasar, di tukang sayur juga banyak setiap hari ada jika di sini. Sudah jadi menu keseharian orang jawa..hihi. Di masak apa aja enak...dan tak pernah bosan. Makan dengan ikan Pindang itu berasa makan yang sesungguhnya..hahah..lebay dech. Iya..kadang makan makanan enak di restoran tapi hanya berasa makan dan kenyang tidak ketemu nikmat yang haqiqi...hahah..karena rasa kurang sesuai selera, eh giliran makan menu ikan pindang di rumah gitu kok ya merasakan enaknya makanan..hahah.

Sebelum di masa Ikan di goreng dulu agar tidak mudah hancur. Ada berbagai jenis ikan pindang. Ada ikan banyak tongkol, Salem, dll. Salah satu favorit di rumah yang dari ikan salem. Yang suka aku dan suami sich..kalau Yodha belum mau ikan Pindang haha..bau aneh katanya. Padahal bau enak ya teman-teman..ya dasar anak-anak.

Biasa Ikan pindang ini di masak Oseng cabai hijau di sambal tomat, balado dll, di goreng tepung, dll. Nah jika lagi bosan di oseng, bisa kok di masak santan teman-teman. Kuahnya speerti kuah mangut, tapi tanpa aroma asap ya. Kalau mangut kan pakai ikan asap, jadi rasanya dan aroma juga beda. Jika di tempat teman-teman nggak ada ikan pindang, karena memang banyaknya di Jawa, bisa di ganti ikan segar yang di goreng, misal ikan lele, ikan mujair, dan ikan lain.

Menu pendamping yang cocok untuk masakan ikan Pindang pedes gini, bisa urap sayuran, bothok kelapa muda dan teri, buntil, dll.  Aku kemaren makan paka buntil daun lumbu...bener-bener kombinasi dan klop bersatu padu membentuk harmoni rasa yang indah dalam satu suapan..*hahah...lebay lagi..udah ah..ayuk masak lagi menu lain...ke pasar dulu ya teman-teman.

Oke langsung aja aku share ya resepnya, selamat mencoba.....
Ikan Pindang Salem Masak Santan

Bahan :
6 ekor ikan keranjang, aku pakai yang Salem
600 ml santan
6 buah bawang merah, iris tipis
3 siung bawang putih, iris tipis
5 cabai merah, iris
5 buah cabai hijau, iris tipis
3 cabai merah, haluskan
1 cm kencur, haluskan
1 sendok teh gula merah / sesuai selera
1/2 sendok teh kaldu bubuk
Garam secukupnya
2 lembar daun salam
2 cm lengkuas, memarkan
4 buah cabai hijau

Cara membuat :
Goreng ikan keranjang hingga agak kering, supaya tidak hancur ketika di masak santan
Tumis bawang merah dan bawang putih hingga matang dan harum, masukkan cabai ulek dan cabai merah, hijau iris, dan kencur, daun salam dan legkuas, aduk rata. Masukkan santan dan bumbu lain. Tunggu hingga mendidih, masukkan ikan keranjang goreng dan masak dengan api sedang hingga bumbu meresap. Koreksi rasa. Terakhir masukkan tomat hijau.
 

5 comments :

  1. Mba mau tanya .itu cabe hijau yg 4 buah lgi di apakan mba..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin maksud bunda itu bukan cabe mbak tapi tomat hijau

      Delete
  2. Mba mau tanya .itu cabe hijau yg 4 buah lgi di apakan mba..

    ReplyDelete
  3. Klo gk pkek lengkuas rs nya gmn ya? Ssh cari lengkuas nya

    ReplyDelete

Google Ad

Diah Didi YouTube Channel