Google Ad

Monday, February 5, 2018

Kue Ku Kentang Bentuk Strawberry


Beberapa hari lalu aku buat kue Ku, nama lainnya kue Thok, kue Moto Kebo, dll. sebagain akau cetak biasa..sebagian iseng aku bentuk Strawberry. Ternyata hasilnya cantik. Waktu aku upload di instagram aku @bunda_didi banyak yang menanyakan resep dan cara membentuknya.

Aku membentuknya memakai tangan aja sich, iseng pakai perasaan aja..nggak pakai cetakan hihi. Yang pakai cetakan hanya bentuk daunnya aja biar . Tips membentuk kue Ku bentuk strawberry ini, bentuk kecil aja jangan terlalu besar agar manis penampilannya. Bentuk segera ya setelah adonan jadi, jika kelamaan adonan akan mengering susah di bentuk.

Waktu mengukusnya juga harus diperhatikan, harus sering di buka tutupnya agar kue tidak melebar. Jika tutup tidak di buka, kue akan melebar dan bentuknya kurang cantik. Alasi tutup dengan kain serbet ya agar air tidak menetes teman-teman.

Pemilihan pewarna makanannya juga memperngaruhi hasil kuenya. Pilih pewarna yang merah tua, jadi sedikit saja sudah cukup membuat adonan merah cantik. Setelah di bentuk dan di beri daun, tusuk permukaan kuenya dengan tusuk gigi atau tusukan sate, agar berlubang-lubang seperti kulit buah Strawberry. 

Untuk adonan agar empuk aku tambah tepung kentang. Penambahan tepung kentang ini membuat kue Ku jadi empuk dan lebih tahan lama.  Jika biasanya kue Ku alot ketika dingin, dengan penambahan Tepung Kentang ini kuenya tetap empuk. Enaaak...!

Teman-teman jika kesulitan mencari Tepung Kentang Flakesnya, aku ready ya banyak, silahkan wa aja ke 098654712500 ya.Tepung kentang flakes ini selain bisa untuk campuran kue, juga sangat enak untuk membuat donat, campuran roti, perkedel, kentang panggang, dll ya teman-teman. Bisa untuk makanan manis atau gurih, karena rasanya masih tawar. Kemasan 1 kg, praktis dan hemat di banding pakai kentang segar biasa karena cara pemakaiannya tinggal di seduh air panas saja.



Kue Ku Kentang Bentuk Strawberry
Bahan isi : 
125 gram kacang hijau kupas, rendam 15 menit, kukus sampai matang
250 ml santan
1/4 sendok teh garam
50 gram gula pasir ( sesuai selera manisnya )
1 sachet vanili
Blender semua bahan isi dan masak hingga kalis 
Bahan kulit  : 
150 hingga 200 gram Tepung ketan putih
50 gram TEPUNG KENTANG FLAKES
25 gram gula pasir halus
1 sendok teh garam
200 hingga 250 ml air panas / santan panas ( secukupnya hingga kalis, jika sudah kalis hentikan pemberian air )

Cara membuat :
Campur semua bahan, tuangi air panas sedikit demi sedikit, aduk dan uleni rata. Usahakan air panas membasahi Tepung kentangnya agar lembut dan mudah menyatu dengan Tepung Ketannya. Adonan kalis tapi mudah di bentuk,  jika masih lengket tambah tepung ketan sedikit demi sedikit hingga kalis. 
ambil 50 gram adonan, beri pewarna hijau
Beri ewarna merah tua satu tetes atau secukupnya pada sisa adonan, aduk rata
Ambil adonan hijau, bentuk bukat kecil, pipihkan, cetak dengan cetakan cookies bentuk bunga, sisihkan
Ambil adonan merah secukupya, pipihkan, beri isi kumbu kacang hijau
Bentuk seperti buah strawberry, letakkan di sepotong kecil daun pisang, kukus selama 20 menit sambil sesekali di buka tutupnya.
Olesi minyak agar permukaan tidak kering ketika dingin.


2 comments :

  1. Maa syaa Allaah! Cantik mbk.Alhamdulillah tepung kentang flakesnya betul2 praktis dan enak.Bnyk menolong dapurku sehari-hari.Alhandulillah ga nyesal bw jauh2 wkt pulkam..dan expnya lama.Tksh mbk Didi.Bismillah,keep sharing.Jzkh khr.(Ibu Erna J/NL).

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih bun....:)

      Alhamdulilah jika berguna ya tepung kentangnya :0

      Salam buat keluarga

      DD

      Delete