Google Ad

Sunday, February 4, 2018

Tips Mengolah Krecek / Rambak Sayur


Salah satu bahan makanan yang sering aku masak adalah Krecek, atau Rambak sayur. Menu masakan Jawa sudah pasti sering memakai Krecek, misal untuk aneka sambal goreng, untuk Sambal Tumpang, dll. Krecek ini juga fleksibel di padu bahan lain apa aja.  Bisa kentang, telur, tahu, tempe, bahkan bisa di masak bersama sayur seperti buncis juga enak.

Krecek ini terbuat dari kulit sapi, ada juga yang dari kulit kerbau. Krecek ini ada berbagai macam juga. Jika di Yogya Kreceknya bentuk lonjong panjang agak besar, tekture lembut. Ada juga versi Solo yang jika di masak lembut, tapi lebih kuat tekturenya kenyil-kenyil nggak mudah hancur. Ada juga Krecek atau Rambak Semarang yang bentuknya lebar-lebar, ini juga empuk.

Kalau aku suka semua jenis Krecek sich..hihi. Cuma kalau Krecek Semarang aku biasa pilih yang agak mbeling ( keras ) jadi nggak mudah hancur ketika di masak..hihi. Kalau Krecek Yogya lembut, asal bisa masaknya juga nggak akan hancur. Kalau Krecek Yogya ini nggak perlu di rendam dulu waktu di masak, di cuci aja langsung masuk bersama santan.

Jadi sebaiknya masak Krecek itu di rendam dulu atau tidak ?..Tergantung jenisnya sich. Kalau yang mudah lembek seperti Krecek Semarang ya nggak usah di rendam, nanti malah hancur ketika di masak. Jika tekturenya kenyil-kenyil seperti Krecek Solo, boleh di rendam dulu, baru masuk, itu membantu agar Kreceknya lebih mudah matang.
Ada satu lagi Krecek yang aku suka, yang versi Salatiga, tapi belum sempat hunting ke sana. Ini enak juga tekturenya lembut, tapi tidak hancur ketika di masak.

Nah, ini salah satu sayur Krecek favoritku nich, yaitu di padu sama Tempe, apalagi tempenya yang sudah agak semangit..hemm...sedep. Oke, aku share resepnya ya teman-teman. Selamat mencoba ya jika suka.
Sambal Goreng Krecek & Tempe


Bahan :

50 gram Krecek ( aku pakai versi yang Solo, karena lagi nggak punya stok yang Yogya )

½ papan Tempe, potong kotak ( aku pakai yang agak semangit, udah umur dua hari dari Tempe yang udah  jadi )

2 lembar daun salam

2 cm lengkuas


1 sendok makan gula merah ( sesuai selera )

1 sendok teh kaldu sapi / dan atau garam secukupnya

8 buah bawang merah, iris tipis

4 siung bawang putih, iris tipis

10 buah cabai merah keriting, haluskan, 800 ml santan / creamer nabati penggati santan
Cara membuat :

Tumis bawang merah dan bawang putih hingga matang dan harum

Masukkan cabai halus

Masak hingga matang cabainya dan harum aromanya

Masukkan santan, lengkuas , salam

Didihkan

Masukkan tempe dan krecek, dan bumbu lain

Masak hingga tempe hampir matang


Koreksi rasa

Sajikan hangat


1 comment :

Diah Didi YouTube Channel