Google Ad

Wednesday, May 2, 2018

Tempe Kemul


Tempe Kemul...Tempe mendoan ala Wonosobo...yang unik, karena tempenya tipis kecil, tapi tepungnya di buat melebar bersayap 😅😅 
Rasanya itu kriuk garing lapisan tepungnya, tapi bagian dalam yang ada tempenya tetep empuk. 


Pertama makan Mendoan seperti ini di Dieng, ada pasar kecil di atas puncak Dieng, banyak penjual gorengan tempe seperti ini, anget - anget di goreng dadakan, wah nggak mau berhenti makan...pas sama cuaca dieng yang dingin sekali. Apalagi dulu pas ke sana musim hujan, wah duduk di Mushola itu serasa duduk di bongkahan es batu..benar-benar dingin...hihi. makanya ketika di pasar dekat kawah ada yang jual aneka gorengan seperti Tempe Kemul ini, sangat pas dan rasanya enak sekali...hihi.

Jika tidak mau repot naik ke atas puncak Dieng, di warung-warung penjual Mie Ongklok di kota Wonosobo, biasa ada Tempe kemul seperti ini. Dulu pernah makan di Warung Mie Ongklok yang terkenal di Wonosobo, karena antri sampai lama sekali nunggu sejam nggak dapat-dapat pesanan Mie Ongkloknya. Akhirnya malah kekenyangan duluan makan Tempe Kemul yang ada di meja...hahah. jadinya nggak jadi makan Mie Ongkloknya. Setelah sore baru coba Mie Ongklok, tapi di pinggir jalan, bukan di warung yang terkenal itu. Kenangan seru waktu ke Wonosobo...jika di minta lagi naik ke Dieng, aku nggak mau ah...seremmm..pas naiknya tinggi banget hihi..tapi kalau cuma kulineran ke kota Wonosobo..itu mau banget..hihi.

Ngga mau repot ke Wonosobo..yuk bikin sendiri di rumah teman-teman 😂😂 Bedanya dengan mendoan biasanya, tempe kemul ini adonan lebih encer dan lebih kriuk lapisan tepungnya..😊 

Tempe Kemul

Bahan :
1 papan tempe, lbh bagus yg bentuk bulat, potong tipis
150 gram terigu, 100 gram tapioka, 50 gram tepung beras, 350 ml air, 1 genggam kucai iris, 1 sdk teh kaldu ayam / jamur dan secukupnya garam.

Bumbu : 2 bawang putih, 1 sdk teh ketumbar, 1 cm kunyit

Campur semua bahan kecuali tempe, aduk rata

Celup tempe ke adonan, goreng sambil di lebarkan agar adonan tepung melebar. Goreng hingga agak garing renyah lapisan tepungnya.

No comments :

Post a Comment

Google Ad

Diah Didi YouTube Channel