Google Ad

Friday, May 4, 2018

Sate Telur Gulung



Sate telur gulung, jajanan ngehits di kalangan anak-anak sekolah..hihi. Bahkan sekarang jadi jajanan bergengsi juga, yang di sajikan lebih modern. Contohnya di sentra kuliner Semawis Semarang, ada yang jual Telur gulung aneka rasa. Penyajiannya di buat menarik juga, dalam wadah mangkuk kertas modern dan di beri bumbu taburan aneka rasa.

Harganya pun ikut naik..padahal bahannya hanya telur saja dan sedikit air serta sedikit bumbu. Oh ya, karena ini jenis cemilan, bumbu jangan terlalu banyak ya teman-teman, jadi nggak neg. Yang menonjol adalah gurih telurnya.

Sebenernya Telur gulung ini samakah dengan telur yang di dadar rasanya ?..Menurutku beda aja...hihi. Telur gulung ini lebih lembut dan khas, karena di goreng di minyak banyak. Sementara dadar kan di goreng di sedikit minyak dan cenderung langsung kering. Kalau telur gulung ini lebih lembut rasanya...dan tekturenya juga unik, berserabut dan lebih mengembang. Kalau telur dadar kan nggak bisa berserabut. Cobain aja, nanti akan tau bedanya kok teman-teman.

Tips agar mudah menggulungnya, pertama pakai wajan cekung, minyak sudah harus panas sebelum adonan masuk. Selain itu kita juga harus gerak cepat ya, dalam menggulung adonannya. Agar begitu telur matang, sebelum kering, langsung gulung dengan tusukan sate, padatkan di pinggir wajan sambil meniriskan minyaknya.

Sajikan Telur gulung hangat - hangat dengan saus atau dengan bumbu taburan sesuai selera. Jika buat lauk, telur gulung ini cocok di sajikan dengan sup atau nasi goreng, dll. 
Oke, langsung saja, aku share resepnya ya teman-teman. Selamat mencoba.

Sate Telur Gulung

Bahan :
3 butir telur
50 ml air
1/8 - 1/4  sendok teh kaldu jamur, 1/8 sendok teh merica ( sesuai selera aja )

Cara membuat :
Aduk rata semua bahan
Panaskan minyak di wajan cekung
Jika sudah benar-benar panas, masukkan sesendok adonan
Biarkan mengembang
Gulung dengan tusukan sate
Sajikan hangat dengan saus sesuai selera


5 comments :

  1. asiiik, telur jg bisa disate yaaa

    ReplyDelete
  2. Saya lihat di youtube teknik gulung telurnya sepertiny sih gampNg ya...

    ReplyDelete
  3. Replies
    1. Hahaha bukan udara lah... air (water)

      Delete

Google Ad

Diah Didi YouTube Channel