Google Ad

Wednesday, May 16, 2018

Sego Wiwitan Komplet


Ini menu beberapa hari lalu nich teman-teman...lagi kangen bernostalgia dengan Nasi Wiwit khas Yogya. Nasi yang aslinya di masak dengan beras pertama yang baru di panen, lauknya ada Urap Megono, ada Telur rebus, ada Gereh Pethek dan Tahu Tempe Goreng. Yang khas itu adalah Sambalnya, Sambal Gepeng, yang terbuat dari Kedelai atau Kacang Tholo. Jika lebih lengkap lagi di sajikan dengan Ingkung Ayam Kampung.

Nasi ini kemudian akan di bagi-bagi ketika masa panen padi tiba. Walau sekarang tradisi ini mungkin sudah berkurang, tapi masih bisa menikmati Nasi ini kok. Ada beberapa resto di Yogya yang menjadikan Nasi Wiwit menu khasnya..search aja di google Resto Sego Wiwit Yogya gitu ada beberapa.

Oh ya, aku masak nasinya dengan Magic Cooker terbaru dari Maspion, MRJ - 1892..yang di buat secara khusus, di lengkapi Technology Black Diamond yang membuat lapisan panci kuat, anti gores walau di pakai hingga 100.000 kali.
Yang aku suka dari Magic cooker ini, panci dalamnya di lapisi pegangan, jadi ketika di angkat nggak panas, terus di buat masak Nasi itu awet nggak mudah basi Nasinya. Kadang jengkel ya, jika kita masak Nasi mudah basi, misal baru sehari, esok pagi sudah tidak enak di makan.

Kalau pengalamanku pakai Maspion MRJ - 1892 ini, Nasi jadi lebih awet lho, nggak mudah berair...misal masak hari ini, hingga besok masih enak nasinya.

Selain itu aku juga suka designnya yang lucu dan cantik. Dan paling aku suka itu lapisan dalam pancinya..tahan gores...jadi sangat cocok buatku yang kadang suka kerja *brak bruk pengen cepat selesai hihi, misal cuci piring, eh kadang-kadang kalau mencuci panci rice cooker yang terbuat dari teflon, nyucinya cepat-cepat, jadi kadang mudah tergores dech....huhu.

Nah dengan Maspion MRJ - 1892 ini...tidak terjadi lagi, lapisan dala pancinya tetap aman..jadi tenang dech memakainya. Dan yang pasti juga Maspion ini produk lokal Indonesia yang sudah seharusnya kita pakai dan kita banggakan ya teman-teman.
Info lebih lanjut tentang produk Maspion MRJ - 1892 bisa di cek langsung ya teman-teman, karena memang produ ini produk baru sekali, tapi sekarang sudah beredar di pasaran...aku lihat di tokopedia sudah ada. Info lengkap lainnya tentang produk ini ada di  @maspionelectronics 


 
Terimakasih untuk Maspion yang sudah memberi kesempatan kepadaku untuk mencoba produk baru ini, dan aku suka sekali.
Sego Wiwitan

Bahan :
Nasi putih pulen secukupnya
100 gram kedelai kering
Ikan asin Pethek goreng ( Gereh pethek ) secukupnya
Telur rebus secukupnya

Bumbu Halus :
5 buah cabai merah keriting
5 buah cabai rawit merah
1 cm kencur
2 siung bawang putih ukuran kecil atau jika besar satu aja
1/4 sendok teh garam ( sesuai selera )

Cara membuat :
Rendam kedelai dengan sedikit garam hingga agak mekar
Goreng hingga kering
Haluskan semua bumbu
Tambahkan kedelai
Ulek kasar saja ( masih terasa krenyes-kreyesnya )
Siapkan daun pisang
Beri nasi secukupnya
Beri lauk telur rebus separo, Gereh Pethek goreng dan taburi sambel Gepeng
Sajikan segera ya..enak..!
Untuk resep Urap megono ala Yogya yang biasa untuk Nasi Wiwit ini, silahkan lihat di SINI ya resepnya teman-teman.


No comments :

Post a Comment

Diah Didi YouTube Channel