Google Ad

Wednesday, May 23, 2018

Ayam Kecap Padang dan Balado Telur Ijo




Inspirasi menu Sahur nich teman-teman. Memilih menu untuk sahur, kalau aku biasanya aku tanya dulu sebelumnya ke Yodha, mau makan apa..agar puasanya semangat..hihi. Jika ada request tertentu, pasti aku buatin, tapi biasanya aku tawarkan beberapa menu. Seperti kemaren aku tawari Ayap Kecap Padang favoritnya, kok langsung meng iyakan Yodhanya.

Jadinya tadi malam aku ngungkpe ayam, aku rebus hingga mendidih saja, lalu masuk slow cooker, pagi tinggal goreng, dan di bumbuin Kecap. Oh ya Ayam Kecap ala Padang ini unik, Ayamnya di bumbuin dulu, di ungkep, lalu di goreng, baru di tumis pakai kecap. Jadi ayamnya nggak lembek seperti semur, tetap ada citarasa ayam goreng yang keset, terus di balur bumbu kecap gitu. Jadi enak sekali rasanya.

Inspirasi menu ini aku dapat ketika sering makan ke warung makan Padang deket rumah, ada menu ini dan favorit Yodha. Kalau masakan Padang yang lain nggak mau dia, maunya ke warung itu..karena ada Ayam Kecapnya..hahah. Lidah Jowo yo Kak.

Akhirnya aku sering bikin sendiri di rumah dan jadi salah satu menu favorit Yodha. Nah buat mengimbangi sedikit rasa manisnya, aku buat menu yang agak pedes, yaitu Telur bumbu Balado Ijo. Aku pakai rawit kecil yang tua gitu dan cabai hijau keriting, jadi rasanya pedes enak sedep...pas di maka sama Ayam Kecap Padangnya.

Yuk di coba, aku share resepnya ya teman-teman...



Telur Balado Ijo

Bahan :
Telur 6 butir rebus, goreng hingga berkulit
3 lembar daun jeruk
1 batang serai, memarkan
Bumbu, haluskan :
50 gram cabai keriting hijau ( pilih yang tua )
50 gram cabai rawit ijo ( pilih yang kecil-kecil tua, agar pedes dan tidak langu )
8 butir bawang merah
2 siung bawang putih
1 buah tomat ijo

Tumis bumbu hingga matang, masukkan daun jeruk, serai, 50 ml air, sedikit garam, 1/2 sdk teh kaldu jamur, 1 sdk teh gula pasir.
Masak hingga meresap, masukkan telur, koreksi rasa.

Untuk menu Yodha ada Ayam Kecap ala Padang, resep sudah pernah aku share sich, tapi karena banyak yang request resepnya, aku share ulang ya teman-teman.


Ayam Kecap Ala Padang

Bahan :
1 ekor Ayam Pejantan ukuran kecil, bagi jadi 5 atau 6 bagian
Rebus Ayam dengan 500 ml air dan bumbu halus : 6 butir bawang merah, 2 siung bawang putih, dan 2 cm kunyit, sedikit 1 sendok teh garam ( sesuai selera ), serta 1 sendok teh gula pasir. Masak hingga meresap. Koreksi rasa udah gurih pas belum. Goreng ayam hingga matang.

Siapkan bumbu tumisan Kecap, 5 buah cabai merah, iris serong, 1/2 buah bawang bombay, iris panjang, dan bumbu halus :
6 butir Bawang merah
2 siung bawang putih
1/2 sendok teh  merica butiran

Tumis bawang bombay, cabai dan bumbu halus hingga harum, masukkan air sekitar 200 ml
Tambahkan 1/2 sendok teh kaldu ayam / garam dan kecap manis sesuai selera 
Masukkan Ayam, tutup dan masak sebentar hingga kuah mengental, tapi masih ada kuahnya ya
Sajikan hangat


Kedua menu ini cocok untuk menu Sahur, karena enak, dan berbumbu, di padukan dengan nasi pulen yang hangat...hemm...yummy.



No comments :

Post a Comment

Diah Didi YouTube Channel