Google Ad

Tuesday, May 8, 2018

Lezatnya Tahu Gimbal Khas Semarang



Semarang itu..banyak makanan enak. banya variasi kuliner khasnya yang aku suka, sejak tahun 2004 pindah ke kota ini...ikut mantan pacar..hihi. Tak terasa udah belasan tahun tinggal di sini dan sudah akrab dengan aneka menu keseharian khas Semarang atau kuliner khasnya. Sering makan, sering coba di warung-warung terkenal dan yang paling sering itu masak sendiri.

Salah satu menu khas Semarang yang jadi favorit aku adalah Tahu Gimbal. Yaitu menu khas sejenis Tahu campur ya kalau dari daerah lain. Tapi yang khasnya itu, Tahu Gimbal memakai Gimbal Udang sebagai pelengkapnya. Jadi kebayang kan, makin enak dan gurih rasanya.

Kalau pelengkap lain Tahu Gimbal ini seperti halnya Tahu campur lain, ada Lontong, Tahu goreng, Taoge panjang rebus, kol mentah iris, dan sledri serta bawang goreng yang di taburkan di atasnya. Jangan lupa tambahan keruuk kanji kecil-kecil, serta Gimbal Udangnya yang wajib ada.

Gimbal Udang ini sejenis gorengan Udang, tekture antara peyek dan bakwan udang kering sich hahah. Jadi nggak renyah banget tapi juga nggak empuk banget, bentuk biasanya bulat lebar tipis. Adonan tepung terbuat dari tepung beras dan tepung terigu. Di goreng melebar sehingga kelihatan udangnya di permukaan gimbalnya yang berjejer rapi menggoda selera...hihi. Tahu Gimbal ini banyak di jual di Semarang,dari gerobak dorongan hingga warung-warung atau lesehan Tahu Gimbal banyak di jual di sini.

Penyajiannya di Tahu Gimbal, Gimbal Udang ini di potong-potong kecil. Nanti ketika terkena saus kacangnya, akan terasa enak sekali. Kalau beli mah cuma dapat satu biji Gimbal Udangnya, jadi lebih baik bikin sendiri teman-teman...lebih puas makannya hahah.

Kalau untuk bumbu kacangnya, lebih kental dari Tahu campur Magelang, pemakaian kacang lebih banyak. Kuah Tahu Gimbal juga lebih pekat, karena memakai Petis juga. Aku pakai Petis hitam kemaren yang biasa buat Tahu isi Petis di sini, eternyata enak juga nggak mblenger, karena Petis ini rasanya Ringan. Jika memakai petis bumbu yang untuk masakan, lebih baik sedikit dulu, baru di cicpi agar rasanya tidak terlalu kuat petisnya ya teman-teman.

Aku kasih resep yang pakai Petis biasa yang buat Tahu isi ya ini, karena kemaren aku pakai itu..rasanya jadi sedep dan ringan, nggak mblengeri. Rasa saus yang pas itu pedes sedikit manis, legit dan khas karena ada bumbu Petisnya. Sesuaikan selera masing-masing ya takaran bumbunya teman-teman.

Bahan :
Untuk 2 porsi

2 buah Lontong
4 buah Tahu goreng
2 lembar kol, iris halus
50 gram taoge seduh air panas hingga matang
Sledri cincang dan bawang goreng secukupnya
Kerupuk kanji secukupnya
Gimbal Udang secukupnya.

Bumbu ulek ini per porsi ini ya, karena selera pedas aku dan suami beda, hihi..jadi jika bikin Tahu Gimbal aku ulek bumbu sendiri-sendiri setiap porsi  :
3 cabai rawit merah ( ini sesuai selera mau pedes atau tidak ya )
1 siung bawang putih
50 gram kacang tanah
1 sendok makan Petis yang biasa buat isian Tahu petis atau petis lain sesuai selera. Jika memakai petis untuk masak rasanya kuat sedikit saja dulu, baru di koreksi rasa
1/2 sendok makan gula merah
Kecap sesuai selera
1/4 sendok teh garam dulu, nanti di koreksi rasa, boleh di tambah jika suka
1/2 sendok teh air asam dan air panas secukupnya ( 100 hingga 150 ml per porsi kira-kira )

Cara membuat :
Haluskan Bawang putih, cabai dan kacang tanah, masukkan bumbu lain
Aduk rata
Tuangi air panas secukupnya sedikit demi sedikit hinggal tingkat kental yang di inginkan
Cicipi rasanya hingga pas sesuai selera
Terakhir masukkan kecap secukupnya
Penyajian :
Tata bahan Tahu Gimbal, tuangi saus secukupnya
Sajikan segera

Untuk resep Gimbal Udangnya sudah sering aku share ya teman-teman, salah satunya di SINI. Gunakan Udang yang kecil-kecil dan masih segar, jadi Gimbal Udangnya terasa manis dan gurih. Gimbal Udang ini awet beberapa hari ok jika di goreng agak kering, tapi nggak kriuk banget ya, tekturenya. Pinggirnya kriuk dalamnya tetap empuk itu khasnya.

5 comments :

  1. Mbak diah didi...aq penggemar beratmu mbak..blog e njennengan menjadi blog wajib yg hrus dibuka tiap hari. Buat variasi menu masakan. Top buat mb didi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih mba..yuk semangat di dapur 😘

      Delete
  2. mbak nya pinter masak deh
    rajin banget di dapur hhe , semangat trs ya mba

    ReplyDelete
  3. Coba ya bun..
    Kalau isiannya mirip kayak tahu kupat cuma kuahnya yg bedain ya bun

    ReplyDelete
  4. Ya ampuuun bun iki ngangenin bgt tahu gimbal semarang 😭😭
    Aku lahir di semarang sampe lulus SMA, pas bgt sekolahku di smansa..kan gudang e tahu gimbal di taman KB itu..
    Sejak taun 2010 pindah ke bogor ndak pernah nemu tahu gimbal, terakhir makan taun 2014 pas ke semarang 😭
    Matur nuwun nggih bun mbagi resep nya, bisa dicoba di rumah..tombo kangen 😆😘 hihihii

    ReplyDelete

Diah Didi YouTube Channel