Google Ad

Thursday, March 29, 2018

Nasi Ayam Khas Semarang


Pagi semua,

Ini aku posting lagi menu Nasi Ayam Semarang ya teman-teman, walau dulu udah pernah posting, tapi ini ada beberapa pelengkap yang baru. Memang kalau bikin menu resep itu aku selalu berkembang mesti aku improve lagi, nggak akan cuma bikin satu resep terus pakai itu terus, biasa seiring waktu sering mencoba berbagai Nasi Ayam di Semarang sini, belajar juga, oh di warung bu Wido pakai ini, di warung Bu Nyoto khasnya ini, jadinya resepku ini akan selalu berkembang..hihi.


Karena aku buat resep biasa berdasarkan pengalaman mencicipi langsung berbagai tempat penjual Nasi Ayam di sini, hampir semu ayang terkenal sudah aku cobain sekarang. Jadi sudah tau sekarang citarasa yang aku suka yang mana, jadi bisa aku tuangkan dalam resep ini.

Nasi Ayam ini versi komplet, pakai sate jerohan juga, jadi enak sekali seperti yang di jual di penjual Nasi Ayam. Kalau jajan Nasi Ayam Semarang, salah satu godaan yang tidak bisa di tolak itu adalah aneka Sate Jerohannya..haha. Nasinya bisa separo cukup, tapi lauknya bisa bertusuk-tusuk nggak terasa. Apalagi jika makan di tempat di warungnya, ngadepin yang jual, dengan aneka lauk di depan kita, sungguh bakalan lupa diet hahah.

Tapi nggak perlu ke Semarang sich jika teman-teman mau mencoba Nasi Ayam, yuk bikin sendiri, aku share langsung resepnya ya. Selamat mencoba.

Opor Ayam Suwir dan Tahu
 
Bahan :
1/2 ekor ayam kampung dan jerohannya jika suka
3 buah tahu kulit, potong segitiga
2 lembar daun salam
2 cm lengkuas
400 ml santan kental dari 1 butir kelapa
500 ml santan encer ( dari sisa perasan santan kental )
1 batang serai, di ambil putihnya
3 lembar daun jeruk, sobek buang tulangnya

Bumbu halus :
3 siung bawang putih
6 siung bawang merah
4 butir kemiri
1/2 cm kunyit, di bakar
1/ 4 sendok teh merica butiran
1 sendok teh ketumbar
1/8 sendok teh jintan
1 sendok teh garam / kaldu ayam bubuk secukupnya
1 sendok teh gula merah

Cara membuat :
Tumis bumbu halus hingga matang dan harum, masukkan santan encer , tunggu sampai mendidih, lalu masukan ayam dan tahu dan bumbu2 lain. Masak hingga meresap dengan api kecil hingga santan cair menyusut, lalu tambahkan santan kental.
Note : Jika pakai jerohan ati, usus dll, di rebus terpisah dulu dengan salam dan lengkuas dan sedikit garam, agar tidak amis ketika di campur ke Opornya.
Sambel Goreng Labu Siam & Krecek
Bahan :
300 gram labu siam, 100 gram krecek, cuci bersih
3 siung bawang putih, di iris tipis
6 buah bawang merah , di iris tipis
5 buah cabai merah, rebus sebntar ,lalu di haluskan
2 lembar daun salam
1 sendok teh gula merah
1/2 sendok teh gula pasir
600 ml santan dari 1/ 2 butir kelapa

Cara Membuat :
Cuci bersih labu siam dengan sedikit garam supaya getahnya hilang. rendam Krecek jika pakai jenis yang liat. Jika pakai yang mudah empuk, cuci saja.
Tumis bawang merah dan bawang putih hingga harum, masukan daun salam, tambahkan labu siam, aduk sampai labu layu. Masukkan bumbu2 lain dan santan serta Krecek. Masak hingga bumbu meresap dan matang.

 
Pelengkap :
Telur Pindang dan aneka Sate jerohan bumbu Opor



3 comments :

Google Ad

Diah Didi YouTube Channel