Thursday, May 4, 2017

Oseng Kikil Mercon Pedas Normal


Hihi..judul resepnya aneh ya teman-teman. Maksudnya aku kemaren bikin Oseng Kikil Mercon, tapi kali ini pedasnya nggak cetar membahana, tapi normal aja..agar bisa di makan suami juga yang nggak suka terlalu pedas. Kebetulan ada teman mau nyicip juga, jadi biar nggak kepedesan aku buat normal pedesnya. Jika biasanya aku bikin Oseng mercon pakai cabai rawit semua hingga 250 gram..kemaren bikin normal aja..pakai 75 gram Cabai rawit merah dan  50 gram cabai merah keriting.

Selain pedasnya jadi normal dan masih bisa di nikmati, warna kuahnya juga lebih menarik jika memakai campuran cabai merah keriting ini. Banyak teman yang menanyakan tips mengolah Kikil. Baiklah aku tulis ya. Kikil ada berbagai macam ya..kalau aku suka yang bagian kaki, itu relatif keset sich apalagi bagian yang biasa di masak gulai Tunjang, itu jika di masak nggak belendir kok. Namun jika hanya ada Kikil biasa...coba tips berikut ya untuk mengolahnya.

Jika membeli Kikil dalam keadaan fresh, segera cuci bersih..rendam air mendidih sekitar 20 menit untuk menghilangkan Lendirnya. Selanjutnya presto Kikil dengan rempah, daun salam dan jahe agar tidak amis serta beri sedikit garam. Jika sudah empuk, potong-potong dan siap di masak sesuai selera.

Kikil tidak hanya enak di masak Oseng saja kok teman-teman..di buat Sate Kikil gurih manis juga enak...atau di masak santan dengan tempe, dll. Yang pasti, presto dulu hingga empuk dan tidak amis. Tapi..memang olahan Kikil yang paling familiar di kita itu di oseng ya..biasa di masak cabai hijau. Nah..biar nggak bosan aku kadang masak dengan bumbu Oseng Mercon seperti yang aku buat kemaren. rasanya tak kalah enak..lebih miroso ( terasa ) bumbunya, karena memakai Cabai rawit merah dan juga bumbunya di ulek kasar. Pokoknya..kalau yang nggak diet pasti pengen nambah terus jika makan pakai Oseng Kikil Mercon ini..hihi.

Oke, langsung aja ya ini dia resepnya..Oseng Kikil Mercon, pedasnya normal..hihi. Jika tidak suka Kikil, bisa di ganti daging tetelan atau Koyoran juga enak..pokoknya Daging yang berlemak- lemak ya teman-teman jika mau bikin Oseng Mercon seperti ini...biar lebih gurih dan mudah empuk. Untuk resep Oseng Mercon yang memakai Daging, silahkan di lihat di SINI ya....
Oseng Kikil Mercon Pedas Normal

Bahan :
500 gram Kikil, rebus dengan saun salam, jahe, dan sedikit garam dengan panci presto hingga matang dan empuk
75 - 100 gram Cabai Rawit Merah
50 gram Cabai Merah Keriting
8 buah bawang merah, potong kasar
2 siung bawang putih, potong kasar
2 lembar daun salam
2 cm lengkuas, memarkan
2 lembar daun jeruk
1 sendok makan gula merah
1 sendok teh kaldu sapi dan garam secukupnya
200 ml air

Cara  membuat :
Goreng cabai, bawang merah dan putih, haluskan kasar
Tumis kembali bumbu halus hingga harum
Masukkan Kikil, air dan semua bumbu lain
Tutup wajan, masak hingga meresap
Koreksi rasa
Sajikan hangat dengan Nasi hangat ngepul...yummy...!


4 comments :

  1. Cantik mbak Diah..bikin gregeten pingin bikin .Alhamdulillah Kikil tidak susah di dpt,murmer:D.Jzkh khr.Erna J.

    ReplyDelete
  2. mba. mau tanya... utk waktu mrestonya brp lama ya??

    ReplyDelete
  3. Mba.. Aku gak punya presto.. Kikilnya baiknya diapakan biar empuk dan gak amis tanpa presto?

    ReplyDelete