Google Ad

Tuesday, March 20, 2018

Jangan Bobor dan Sambal Jenggot



Ini menu kemaren..Jangan  Bobor. Jangan itu sayur dalam bahasa Jawa. Bisa Jangan Pedes, Jangan Anyep, Jangan bening, dan ada Jangan Bobor seperti ini.


Jangan Bobor ada berbagai macam juga. Salah satunya bobor gurih yang tidak pedas seperti ini. Buat teman-teman yang tinggal di Jawa, pastilah jaman kecil sering merasakan menu ini. Maklum, menu ini adalah menu yang biasa di masak untuk anak-anak juga. ..karena rasanya gurih dan tidak pedas, serta memakai sayuran bayam yang notabene adalah sayuran anak-anak..hihi.

Dulu jaman kecil kadang suka sebel jika di masakin bayam sama ibu kita, sekarang pasti malah sering di rindukan sayur seperti ini ya teman-teman.

Resep sayurnya sich standar aja, tapi yang harus di perhatikan kompoisisi garam gula harus pas...jadi ketemu dech gurihnya Jangan Bobor ini.  Bumbunya biasa,  seperti sayur gurih, bawang merah, putih, ketumbar. Boleh pakai kemiri, boleh tidak. Aku lebih suka pakai kemiri, lebih gurih. Salam lengkuas juga jangan lupa ya.

Oke, aku tulis resepnya ya teman-teman :

Jangan Bobor

Bahan :
1/2 ikat Bayam, petiki
1 buah labu siam, potong kotak ( bisa di ganti pepaya muda )
2 cm lengkuas, memarkan
2 lembar daun salam
1 sendok makan gula pasir
1 sendok teh kaldu jamur dan garam sesuai selera
1000 ml santan

Bumbu halus :
6 butir bawang merah
2 siung bawang putih
3 butir kemiri
1 sendok teh ketumbar

Cara membuat :
Didihkan santan
Masukkan semua bumbu
Masukkan labu, masak hingga hampir matang
Masukkan bayam
Koreksi rasa

Untuk teman makan Jangan Bobor ini biasanya Sambal Jenggot. Atau sambal kelapa dan tempe yang semangit tapi udah empuk...jadi aroma dan rasa sambalnya itu khas banget hihi.

Bahan :
1/4 buah kelapa muda ( yang buat bothok ) parut-
5 buah cabai rawit
5 buah cabai merah
1 siung bawang putih
50 gram tempe semangit yang sudah agak empuk
Garam dan gula sedikit

Kukus semua bahan, haluskan bumbu bersama garam dan gula, kecuali tempe dan kelapa
Tempe di haluskan kasar, campur kelapa dan tempe semangit
Koreksi rasa



11 comments :

  1. hmmm...menginspirasi banget buuu..( telur dadar isi daun so )

    ReplyDelete
  2. Mbak... kalo di kulonprogo Jangan bobor sepertinya semi wajub pake kencur....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh mba kalau suka..kalau ini versi ibuku kalau yang pakai santan ini ndak pakai, kalau yang Bobor bening baru pakai :)

      Delete
  3. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  4. Mba tempe semangit yg udah empuk itu diapain dulu ya biar empukkan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Diamkan suhu ruang 2 - 3 harian mba..:)

      Delete
  5. Wow, jangan bobornya bikin menggugah selerah dan ingat ndeso.
    Apakah jangan bobornya untuk bahannya tidak bisa yang lain Mbak?

    salam kenal Mbak

    ReplyDelete
  6. Mbak, untuk bumbu halus jangan bobor nya ditumis dulu apa langsung di masukin ke santan

    ReplyDelete
  7. mbak Didi.....aku jadi ngiler nih. udah berpuluh tahun nggak makan pake sambel jenggot

    ReplyDelete
  8. Kalau baca-baca resep di mbak Diah Didi ini jadi inget masakan waktu kecil di Jogja dulu. Dulu kalau mau masak selalu tanya bumbu dulu dengan ibuk lewat telepon. Karena sekarang ibuk udah nggak ada (hiks jadi sediiih), sekarang tinggal buka blog mbak aja. Makasih mbak udah share ilmunya. :)

    ReplyDelete

Diah Didi YouTube Channel