Wednesday, July 27, 2011

Risoles ragout Makaroni Keju


Risoles..cemilan favorit keluargaku..selain mengenyangkan juga bergizi ,jadi kadang kalau lagi malas makan, ya risoles ini bisa buat alternative,bisa buat sarapan atau bekal anak sekolah. Karena sudah sering buat risoles yang isi ragout , untuk variasi rasa, bisa di ganti  makaroni lho..rasanya juga tak kalah enak dengan yang isi ragout kentang . Mau coba?..Ini dia resep nya :


Risoles Ragout Makaroni Keju

Bahan Kulit :
150 gram terigu
1/4 sdk teh garam
2 butir telur
400 ml air ( Jika suka kulit risoles yang lembut, ganti air dengan susu )
2 sdk mkn minyak goreng,aduk rata

Bahan isi :
1 sdk mkn margarin
1/2 bawang bombay
 2 siung bawang putih
150 gram ayam rebus, potong atau suwir kecil
150 gram wortel, iris dadu, ( biar mudah  ngirisnya..rebus sebentar wortel...jd pas di buat ragout juga lebih empuk wortelnya.)
100 gram makaroni pipa, rebus sampai empuk
Keju secukupnya,potong kotak2 kecil
2 lbr daun bawang
susu tawar cair 150 ml ( UHT )
1/2 sdt merica bubuk
1/2 sdt garam
1/2 sdt teh bumbu kaldu ayam
1/2 sdt pala bubuk
1 sdk teh gula pasir ,atau sesuai selera..cicipin hasil hasil akhir ragout agar bisa dapet rasa yang pas..klu suka  sdkt manis bisa tambahkan gulanya..bila kurang gurih tambah bumbu kaldunya.
2 sdk makan terigu

Adonan pelapis : 50 gram terigu
                          10 sdm air, aduk rata
                          200 gram  tepung roti

Cara membuat :
Kulit : 
Taruh tepung terigu dalam mangkuk bersama garam, buat lubang di tengah, pecahkan telur, aduk.Tambahkan air sdkt demi sdkt,aduk rata.masukkan minyak goreng, aduk rata. Bila ada tepung yang msh menggerindildi adonan,saring pakai saringan kawat adonannya sampai halus dan licin. Buat dadar tipis di loyang teflon 20 cm,agar mudah..angkat teflon yang sudah di panasin, tuang adonan dr pinggir, lalu putar merat ke seluruh teflon, shg kulit bisa tipis rata, jika kelebihan nuang adonannya..tuang lembali ke baskom adonan, lalu taruh kembali teflon di atas api..sampai kulit matang..( Kalau langsung di tuang pakai sendok di atas kompor..suka ketebalan dan tdk rata.)

Isi Ragout :
Tumis bawang putih,bawang bombay, pala bubuk sampai harum, masukan terigu sedikit demi sedikit sampa menggumpal, lalu masukan susu. merica, garam, bumbu kaldu, gula pasir. Lalu masukkan ayam rebus, makaroni ,wortel dan daun bawang, , aduk hingga kental terakhir masukan keju yang udah di potong kecil2. Jgn lupa cicipin utk memastikan apakah ada bumbu yang kurang..Rasa ragout yang enak yaitu gurih dan sdkt manis.

Penyelesaian:
Ambil selembar kulit, isi dgn 1 sdk makan adonan isi ( atau sesuai selera), gulung btk amplop, masukkan ke adonan tepung pelapis, gulingkan ke panir. Goreng  sampai kuning keemasan secukupnya. Sisa risoles yang sudah di panir, bisa di simpan di wadah tertutup,,simpan di kulkas , di goreng saat di butuhkan.....bisa buat sarapan paginya atau buat bekal sekolah anak....^_^...



Saking senengnya dengan risoles..saya sering berekperimen dalam pembuatan risoles ini..misalnya isiannya..bisa di variasikan macem2, mau dengan daging atau ayam, atau cuma sayuran aja..semua enak..^^..bahkan..pernah juga bikin risoles tanpa memakai tepung panir, hasilnya enak juga lho..unik..kayak gini nich :


Atau risoles ragout biasa..juga yummmy...........kayak ini nich..pokoknya love risoles dech..awas..ingat diet tapi ya..jangan makan banyak2,..hehe



6 comments :

  1. utk bahan pelapis tertera 100 sdm air itu sama dengan brp ml ya mak?
    ato kalo dikira-kira boleh ga?
    makasih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Eh..itu 10 sendok aja Mak Irma..hihi..maaf salah tulis..atau di kira2 sdr aja..pokoknya sampai agak kental tapi nggak kental bgt ya..:)

      Delete
  2. Hai mbak diah.. 1 resep adonan kulitnya bisa jadi berapa buah risoles mbak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kayaknya 15 - 20 an dech mba..kalau nggak lupa lho..hihi..lama nggak bikin..:)

      Delete
  3. Supaya letak isi risoles pas ada tengah2 gmn yah?

    ReplyDelete
  4. Supaya letak isi risoles pas ada tengah2 gmn yah?

    ReplyDelete