Wednesday, July 27, 2011

Resep Lidah Kucing Keju

Dulu..waktu pertama belajar bikin lidah kucing, pasti error dech, adonannya gak nyampur sempurna , pas di panggang gosong dan patah2. Setelah berulang kali trial and error dan coba berbagai resep..aku paling sreg dengan resep ini.., karena lidah kucingnya pakai kuning telur juga, gak cuma putih telur, jadi texturenya lebih kokoh dan lebih renyah, rasanya juga tambah gurih, karena pakai kuning telur juga. Rasanya juga spesial, beda sama lidah kucing biasa. Dari satu adonan resep ini..bisa jadi dua rasa lidah kucing lho..yaitu rasa coklat dan keju....praktis kan..

Ini dia resepnya :

Lidah Kucing Keju

Bahan :
Mentega 100 gram
margarin 150 gram
Gula halus 175 gram (klu aku 150 gram saja..)
Garam 1/2 sendok teh
Kuning telur 2 butir

Bahan B :
Tepung terigu protein sedang 250 gram
Tepung Maizena 25 gram
susu bubuk 25 gram

Bahan C :putih telur 100 ml , kocok kaku

Keju parut secukupnya

Cara :
Kocok bahan A hingga mengembang & putih, lalu masukkan bahan B yang sudah di aduk rata. Tambahkan bahan C yang telah di kocok kaku sdkt demi sdkt hgg tercampur rata.Oh ya, untuk variasi rasa ,bisa di tambahkan pasta perasa lain lho, misal rasa coklat atau moka, caranya bagi adonan mjd dua, satu adonan tambahkan pasta sesuai selera, maka jadilah lidah kucing moka atau coklat,  separuh adonan  biarkan warna kuning, nanti taburi keju saja diatasnya, jadilah lidah kucing keju. Masukkan msg2 adonan ke piping bag segitiga, semprot melintang di loyang LK sampai penuh....Utk adonan kuning tabur keju di atasnya..Panggang dioven suhu 150 C slm 15 menit, lalu kecilkan suhu oven jd 100C...panggang lagi 15 menit..dinginkan dan kemas di toples.

3 comments :

  1. mak, takeran ketebalan si lidah kucing gimana dan seberapa?
    aku beli lidah kucing, tipis banget kaya tepung dioles sekenanya, trus di panggang.
    kaya garnish coklat hiasan doang, tipis.
    sebelll

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..iya Mak Quinie..kalau beli itu biasanya pakai resep yang dari putih telur doang..jadi adonannya memang kayak kapas..kayak adonan chiffon cake..nah..kalau di oven..otomatis mimpes, jadi tipis...nah..kalau resep di atas kan pakai kuning telur ..hasilnya lebih tebal..kalau masalah ketebalan sich..sesuai selera aja ya Mak..^^

      Delete
  2. Assalamu'alaikum..
    Mba didi.. Ini untuk adonannya gmn? Sewaktu dipanggang nanti apa dia bakal meleber atau engga? Biar bs kira2 nanti nyemprotnya hee..

    ReplyDelete