Monday, July 25, 2011

Nostalgia..di Museum Batik Ullen Sentalu Yogya

Beberapa waktu lalu , sewaktu ke Yogya, ku sempatkan mengajak suami dan anak ku untuk mengunjungi Museum Batik Ullen Sentalu di Kaliurang Yogyakarta. Museum yang paling indah.... tempat pertama kali aku bekerja setelah lulus kuliah di Yogya…..
Pagi2..sebelum jam sembilan kami sudah sampai di sana, sayangnya jam buka sangat tertip..baru jam 09.00 teng di buka, ya udah..kami berjalan2 dulu di sekitar halaman museum….tidak banyak berubah sich suasananya….ingatanku jadi melayang  beberapa tahun yang lalu....ketika awal museum ini di buka..aku bekerja sebagai salah satu guide di sana.....rasanya bahagia banget bekerja di tempat yang sangat indah dan bisa bertemu dengan banyak orang..orang2 penting....pejabat..orang2 asing....banyak media dan para artis jaman dulu masih banyak yang berkunjung ke sana...dan di situlah aku ketemu seseorang..yang akhirnya aku dapat pekerjaan yang lebih bagus lagi..dan  mengubah perjalanan hidupku..hihi..lebay dech...
Museum Ullen Sentallu sebenarnya gak cuma batik sich isinya, tapi juga tentang seni budaya Jawa, terutama dari Dinasti Mataram, yaitu Keraton Yogya dan Solo. Tapi di situ kita bisa belajar banyak tentang batik, aneka motif, ilosofi dan penggunaannya pada zaman kerajaan dulu. Juga terdapat banyak peninggalan batik batik kuno, yang sangat unik dan sudah sangat langka motifnya.
Museum ini sangat indah, tidak seperti museum museum lain yang biasa yang membosankan..karena tata letak ruangnya yang unik, juga arsitektur bangunan yang sangat indah..ada ruangan museum yang terletak di lorong bawah tanah dengan material utama dari batu2 merapi yang di sebut ruangan Gua Selo Giri. aku unya sich foto2nya dalamnya museum..pas kerja dulu ....cuma karena gak boleh di foto2 dalemnya....gak ku upload di sini dech..^^. Ada juga ruangan2 di atas air yang di sebut Kampung kambang ( yang dalam bahasa Indonesia artinya mengambang di atas air ), dan ruangan2 unik lain yang banyak juga mengambil gaya arsitekstur Belanda…

Walaupun museum ini letaknya sedikit tersembunyi di Kawasan Kaliurang, tapi gampang kok carinya dan ada petunjuk arahnya juga jika kita sudah memasuki kawasan wisata Kaliurang..kalau dari taman bermain anak2 itu..tinggal lurus sedikit melewati warung sate kambing ..terus ada papan petunjuknya...belok kanan dech. Museum ini juga di lengkapi dengan art shop, restoran dan butik..buat pengunjung yang mau belanja batik…..komplet kan..
Jadi buat batik lovers yang ingin belajar lebih banyak tentang batik dan ingin melihat kekayaan budaya jawa, datang aja langsung ke Museum ini ya…di jamin tidak akan kecewa dech..hehe..suami ku aja terkagum2 sama arsitekturnya..sayangnya..teman2  yang bekerja dengan ku dulu sudah tidak ada lagi yang bekerja di sana..jadi nostalgia nya cuma tempatnya aja..hehe..gak ketemu sama teman2  lama..ya iyalah ..sudah lama banget gitu lho…jadi sudah ganti semua pegawainya.

Oh iya ini alamat Museumnya ya, jika tertarik untuk berkunjung ke sana :
Museum Ullen Sentalu
Jl Boyong Taman Wisata Kaliurang, telp ( 62 – 0274 ) 895161,895131
Jam Buka : Selasa – Minggu , Pkl 09.00 – 15.30 WIB
Hari libur Nasional tetap buka, tapi kalau Senin kayaknya malah libur..^^
Tiket : Rp 25.000 untuk domestic dan $ 5.00 untuk wisatawan Manca Negara

2 comments :

  1. Salam kenal mbak.... Nice pic. wisata yg menyenangkan.

    ReplyDelete
  2. Sama2...makasih udah mampir ya..^^

    ReplyDelete